Halaman

Modul 9.2.2 - Ekonomi Kreatif

MODUL 2
EKONOMI KREATIF

Beberapa tahun belakangan ini banyak sekali ide-ide kreatif muncul dalam pembuatan produk bisnis. Seperti kedai kopi kekinian yang sejak akhir tahun 2019 menjadi tren. Keberadaan bisnis kreatif semacam ini bukan hanya tentang tuntutan zaman tetapi juga evolusi perekonomian. Karena bagaimanapun sebuah negara membutuhkan inovasi-inovasi segar untuk meningkatkan pendapatan perekonomian nasional.
Sumber: https://pixabay.com/id/photos/kopi-kafe-mug-dekoratif-minum-983955/
Gambar 2.1 Kopi kekinian
Pada modul ini Ananda akan mempelajari tentang pentingnya ekonomi kreatif, jenis-jenis ekonomi kreatif dan keunggulan mutlak dan komparatif.
Apakah Ananda kelak ingin bekerja di bidang periklanan? Desain? atau bidang lainnya yang terkait dengan seni? Jika ya, berarti ini adalah saat yang tepat untuk mengenali apa itu ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi baru yang mengedepankan informasi dan kreativitas. Ekonomi kreatif berkembang seiring dengan gelombang revolusi industri 4.0 yang telah membawa perubahan fundamental pada berbagai tatanan kehidupan global, ditandai dengan semakin berkembangnya kreativitas dan inovasi dengan pemanfaatan teknologi informasi artificial intelligence (AI), internet of things, human-machine interface, dan merebaknya fenomena sharing economy. Pada modul 2 ini Ananda akan mempelajari tentang pentingnya ekonomi kreatif, jenis-jenis ekonomi kreatif dan keunggulan mutlak dan komparatif.

PEMBELAJARAN : 1
KONSEP EKONOMI KREATIF

Ekonomi kreatif saat ini menjadi pilar ekonomi negara. Pengembangan ekonomi kreatif dilakukan oleh negara dengan cara memfasilitasi para pengusaha. Apakah yang dimaksud ekonomi kreatif? Ekonomi kreatif menurut Howkins (Mega utami et all, 2015: 3) adalah kegiatan ekonomi dalam masyarakat yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghasilkan ide, tidak hanya melakukan hal-hal yang rutin dan berulang. Jadi inti dari ekonomi kreatif adalah gagasan atau ide. Gagasan aatau ide dalam ekonomi kreatif dalah kreativitas yang orisinil dan dapat dimiliki sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Kemampuan untuk mewujudkan kreativitas atau gagasan dengan nilai seni, teknologi dan budaya ini dapat memunculkan ekonomi kreatif yang berpotensi sebagai alternatif pembangunan ekonomi dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Kreativitas merupakan kemampuan seseorang dalam menghasilkan sesuatu hal yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang ada sebelumnya. Jadi kegiatan ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi dengan input dan output berupa gagasan. Pengusaha-pengusaha Indonesia saat ini mulai melihat peluang di industri kreatif. Industri kreatif diharapkan dapat meningkatkan nilai daya saing. Industri ini memicu tumbuhnya ekonomi kreatif yang dapat memunculkan inovasi dan kreativitas pengusaha dan hasil akhirnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ekonomi kreatif akan menggeser produk-produk hasil industri konvensional dan memberikan solusi baru yang lebih tepat untuk kebutuhan pasar. Nah pada bagian ini Ananda akan mempelajari tentang pentingnya ekonomi kreatif, manfaat ekonomi kreatif, dan hambatan ekonomi kreatif.

AKTIVITAS : 1
Menganalisis pentingnya ekonomi kreatif

Setelah Ananda memahami tentang konsep ekonomi kreatif tentunya Ananda memahami betapa pentingnya ekonomi kreatif pada era revolusi industri 4.0 dan perdagangan bebas. Dalam situasi persaingan yang ketat menuntut seseorang memiliki ide-ide kreatif. Ide-ide kreatif akan menghasilkan keunggulan dan keistimewaan yang lebih dari negara lain. Disamping itu agar produk-produk dalam negeri tidak tergerus oleh produk-produk dari luar. Indonesia memiliki keunggulan dalam bidang ekonomi kreatif seperti kuliner dan pariwisata. Oleh karena itu bidang-bidang ini perlu ditingkatkan kualitasnya agar menghasilkan devisa bagi negara. Untuk memahami tentang pentingnya ekonomi kreatif, lakukan aktivitas berikut ini.
  1. Bukalah buku siswa tentang ekonomi kreatif
  2. Carilah buku referensi lainnya yang relevan dan informasi lainnya dari internet
  3. Bacalah wacana berikut ini!
  4. Pentingnya Ekonomi Kreatif Bagi Kreativitas Anak Muda
    Di era keterbatasan lapangan pekerjaan seperti saat ini, anak muda membutuhkan bekal berupa soft skill (keterampilan) agar mampu berdaya saing, salah satunya memiliki keterampilan berwirausaha atau entrepreneurship. Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya. Pada tahun 2013 ekonomi kreatif kita berkontribusi 7,05% pada Gross Domestic Product dan itu sekitar Rp 641.815 M. Sudah sangat jelas potensi industri kreatif ini sangat membantu perekonomian negara. Lalu bagaimana membuat industri kreatif ini tetap berjalan dan bahkan bisa berkontribusi lebih besar lagi terhadap perekonomian. Disinilah peran aktif pemuda terhadap industri ekonomi kreatif tersebut. Mengapa harus pemuda? Karena pemuda, mereka masih muda dimana pemikiran atau ide mereka biasanya fresh baru inovatif karena kita disini berbicara tentanag kreatiftas yang mana sangat identik dengan kaum muda. Dan disinilah tantangan untuk para pemuda mengembangkan industri kreatif. Industri kreatif membutuhkan mereka yang tahan banting dan pantang menyerah sangat cocok untuk jiwa pemuda yang sedang mencari-cari passionnya. Banyak para pemuda Indonesia yang berahasil disorot dunia mengenai kekreatifitasannya, salah satunya adalah Bayu Santoso, pemuda yang satu ini berkat ke kreatititasannya dia berhasil memenangkan kontes design untuk cover album band terkenal asal Amerika Maroon 5.
    Lihatlah sebenarnya betapa berkualitasnya sumber daya manusia kaum muda Indonesia yang berbakat memiliki kreatifitas tinggi, ini baru salah satu contohnya masih banyak pemuda-pemuda yang mana mereka sudah terjun didunia industri kreatif ini, sekitar 6 juta pemuda sudah masuk kedalam industri kreatif ini, jumlah ini setengah pemuda indonesia saja belum. Jika dibayangkan bila pemuda Indonesia setengahnya atau ¾ terjun ke industri kreatif, membuat sebuah inovasi dengan ide-ide fresh mereka, bisa dibayangkan berapa banyak pengangguran yang terselamatkan, selain meningkatkan nilai ekonomi dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terdapat empat prinsip yang diperlukan dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia, sebagai berikut : Pertama, Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kedua, Peningkatan literasi mengenai pola pikir desain (design thinking). Ketiga, Pelestarian seni dan budaya sebagai inspirasi. Keempat, Pengembangan dan pemanfaatan media sebagai saluran distribusi dan presentasi karya dan konten kreatif. Contoh Produk Kreatif Anak Muda Indonesia yang Mendunia antara lain, Keripik Maicih, kopi Luwak Lanang, Pisang Ijo “Justmine” dan tas Evrawood. Produk-produk tersebut telah sukses di pasaran baik dalam maupun luar negeri.
    (Sumber: http://bisnissurabaya.com/2017/12/04/pentingnya-ekonomi-kreatif-bagi-kreativitas-anak-muda/)
  5. Berdasarkan wacana di atas jawablah pertanyaan berikut ini!
    • Mengapa pemuda atau generasi muda memiliki peranan penting dalam pengembangan ekonomi kreatif?
    • Sebutkan 4 prinsip yang diperlukan dalam pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia!
    • Berilah contoh ekonomi kreatif yang ada di sekitar tempat tinggal Ananda!
  6. Berilah sedikitnya 5 alasan mengapa ekonomi kreatif penting di bangun di Indoensia!

AKTIVITAS : 2
Menjelaskan manfaat ekonomi kreatif

Ekonomi kreatif telah membawa perubahan yang cukup signifikan bagi perekonomian Indonesia karena dengan adanya perubahan tersebut, tumbuhlah industri ekonomi yang dapat memenuhi tuntutan pasar. Perubahan ekonomi ini bermanfaat untuk memunculkan inovasi baru yang tentunya dapat memenuhi permintaan pasar. Manfaat ekonomi kreatif telah dirasakan oleh negara Indonesia saat ini karena negara Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai nilai kreatifitas tinggi. Manfaat ekonomi kreatif di Indonesia mayoritas berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada industri seni ekonomi kreatif seperti seni, musik, fashion, dan periklanan. Salah satu contoh ekonomi kreatif yang dewasa ini berkembang pesat adalah e-comerce. Perhatikan gambar berikut!
Sumber : https://pixy.org/src/345/thumbs350/3453638.jpg
Gambar 2.3 E-Commerce
E-Commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Gojek, Grab dan lain-lain merupakan contoh ekonomi kreatif yang memberi kemudahan pada manusia sehingga menjadi sangat digemari masyarakat Indonesia. Untuk memperdalam wawasan Ananda tentang ekonomi kreatif, lakukan aktivitas-aktivitas berikut ini!
  1. Bukalah buku siswa tentang manfaat ekonomi kreatif
  2. Carilah sumber lain seperti buku referensi lainnya dan sumber internet!
  3. Bacalah wacana berikut.
  4. Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia 2019
    Dunia startup sedang menjadi suatu tren di Indonesia akhir-akhir ini. Berbagai kisah sukses dari startup lokal seperti Gojek, BukaLapak, atau Traveloka, menjadi pemicu semangat munculnya startup-startup baru.
    Setiap tahun bahkan setiap bulan banyak startup baru bermunculan. Sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 startup lokal yang ada di Indonesia, dikutip dari Daily Social. Potensi pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat dari tahun ke tahun juga menjadi katalis mendirikan sebuah startup. Sebenarnya apa itu startup? Banyak definisi yang agak berbeda dalam menjelaskan arti startup. Terutama dari cara mengategorikan mana yang masih dianggap sebuah startup dan mana yang bukan. Banyak juga yang menghubungan startup dengan sisi teknologi.
    (Sumber: https://rintisanstartup.com/perkembangan-bisnis-startup-di-indonesia-2019/)
  5. Berdasarkan wacana di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini!
    • Mengapa bisnis startup saat ini berkembang pesat?
    • Berilah penjelasan apakah yang dimaksud startup!
    • Identifikasikan keuntungan dan kerugian dengan berkembangnya bisnis startup!
    • Carilah informasi di internet startup-startup yang saat ini terdapat di Indonesia dan berilah penjelasan seperti tabel di bawah ini!
    • No Startup Kegunaan Kebermanfaatan untuk masyarakat
      1 Gojek Transportasi Mempermudah layanan transportasi
      2
      dst
    • Jelaskan manfaat ekonomi kreatif dengan mengisi tabel berikut ini!
    • No Manfaat Ekonomi Kreatif Penjelasan
      1 Munculnya bisnis startup
      2 Percepatan inovasi
      3 Bisnis menjadi lebih kompetitif
      4 Menciptakan manusia kreatif
      5 Meningkatkan kualitas produk
      6 Membuka lapangan kerja
      7 Pertumbuhan ekonomi

AKTIVITAS : 3
Mengidentifikasi hambatan ekonomi kreatif

Pertumbuhan industri kreatif seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia kian meningkat setiap tahunnya. Industri kreatif di Indonesia turut berperan dalam meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia, Namun hingga saat ini pengembangan ekonomi kreatif masih menghadapi kendala atau hambatan yang belum terselesaikan. Apa saja kendala atau hambatan yang dihadapi? Pada bagian ini Ananda akan mempelajari tentang hambatan dalam pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia melalui aktivitas-aktivitas berikut ini.
  1. Bukalah buku siswa tentang perdagangan internasional
  2. Carilah sumber lainnya seperti buku referensi lainnya dan sumber internet
  3. Bacalah wacana berikut ini.
  4. Wishnutama Ungkap 4 Alasan Industri Kreatif Sulit Berkembang di Tengah Pandemi
    Liputan6.com, Jakarta - Usaha Mikro, kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor ekonomi kreatif memiliki empat masalah yang sangat serius di masa pandemi Covid-19 ini. Maka tak heran jika UMKM sektor kreatif sulit go digital. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menjelaskan, masalah pertama adalah kesulitan memperoleh bahan baku. Masalah ini timbul diyakini imbas dari kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSBB) yang beberapa waktu lalu marak di berlakukan oleh pemerintah daerah.
    "Pemasokan bahan baku untuk beberapa produk yang tinggi demand menjadi turun. Ini pengaruh kurangnya penyediaan produk akibat PSBB," jelas dia dalam webinar yang digagas oleh BI, Minggu (30/8/2020). Kedua, kemampuan tenaga kerja dan mesin produksi yang belum memadai. Imbasnya pelaku UMKM kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan internasional yang kian meningkat. "Memang kemampuan produksi tenaga kerja dan mesin UMKM sektor ekonomi kreatif kita masih kecil. Ini berdampak pada ketidakmampuan dalam memenuhi permintaan pasar kita dan global yang besar," jelasnya. Ketiga, kesadaran UMKM akan pengembangan penelitian atau Research and Development (R&D) masih rendah. Padahal pengembangan penelitian penting untuk pemetaan pasar. "R&D ini justru penting untuk pemetaan pasar kita. Sehingga kita dapat mengetahui produk apa yang dibutuhkan oleh pasar saat ini," imbuh dia. Terakhir, regulasi untuk ekspor dianggap masih sulit. Akibatnya produk UMKM domestik sulit menembus pasar global. "Regulasi yang sulit ini membuat pelaku UMKM kesulitan untuk melakukan ekspor. Kita perlu sederhanakan lagi izin ekspornya," papar dia.
    Oleh karna itu, Wishnutama mengklaim telah melakukan sejumlah terobosan demi mendorong UMKM Go Digital. Diantaranya pelatihan prosedur ekspor, pengusulan kemudahan regulasi ekspor bagi UMKM domestik, pembuatan kalalog e-digital untuk promosi ke pasar global. Lalu, usulan penurunan biaya bea masuk bea masuk ke negara tujuan mitra gadang, pembuatan website khusus bagi produk UMKM yang sudah terkurasi. "Nah kita juga punya inkubasi online pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), poin utamanya tetap untuk peningkatan daya saing UMKM kita," tutupnya.
    Sumber : https://www.liputan6.com/bisnis/read/4343309/wishnutama-ungkap-4-alasan-industri-kreatif-sulit-berkembang-di-tengah-pandemi
  5. Berdasarkan wacana di atas, identifikasikan hambatan atau kendala ekonomi kreatif di masa pandemi covid 19.
  6. Tuliskan hasil identifikasi kalian pada tabel di bawah ini
  7. Tabel Hasil identifikasi hambatan ekonomi kreatif pada masa pandemi Covid-19
    No Hambatan Kendala
    1
    2
    3
    4
    5
  8. Berilah usulan solusi untuk mengatasi kendala-kendala pada tabel di atas menurut pemikiran kalian menggunakan format berikut.
  9. No Hambatan atau Permasalah Solusi
    1
    2
    3
    4
    5
Setelah Ananda menyelesaikan aktivitas 1 sampai 3 di atas, presentasikan hasil kerja Ananda dengan menggunakan perangkat daring yang disediakan guru. Apabila guru tidak meminta presentasi secara daring, serahkan pekerjaan Ananda kepada guru untuk diperiksa dan memperoleh umpan balik.

LATIHAN

Setelah Ananda melaksanakan aktivitas-aktivitas di atas, kerjakan latihan di bawah ini.
  1. Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berilah 4 alasan!
  2. Jelaskan 4 manfaat ekonomi kreatif!
  3. Mengapa bisnis startup lebih cepat berkembang dibandingkan perusahaan besar yang sudah lama eksis? Berilah 4 alasan!
  4. Sebutkan 4 karateristik ekonomi kreatif!
  5. Jelaskan 4 kendala yang dihadapi pengembangan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19!

RANGKUMAN

  1. Indonesia memiliki keunggulan dalam bidang ekonomi kreatif seperti kuliner dan pariwisata. Oleh karena itu bidang-bidang ini perlu ditingkatkan kualitas nya agar menghasilkan devisa bagi negara. Beberapa arti penting pengembangan ekonomi kreatif, antara: memberikan peluang kontribusi ekonomi yang signifikan, dapat menciptakan iklim bisnis yang positif, berpotensi menciptakan inovasi dan kreativitas bangsa dan lain-lain.
  2. Ekonomi kreatif bermanfaat untuk memunculkan inovasi baru yang tentunya dapat memenuhi permintaan pasar. Selain itu, masih ada banyak manfaat dari ekonomi kreatif antara lain: memunculkan bisnis startup, bisnis menjadi lebih kompetitif, meningkatkan kualitas produk, menciptakan manusia kreatif, membuka lapangan kerja, dan pertumbuhan ekonomi.
  3. Pengembangan ekonomi kreatif banyak mengalami hambatan. Begitu pula pada masa pandemi Covid-19, ekonomi kreatif mengalami beberapa kendala antara lain: berkurangnya pemasokan bahan baku untuk beberapa produk akibat PSBB, kemampuan tenaga kerja dan mesin produksi yang belum memadai, kesadaran UMKM akan pengembangan penelitian atau Research and Development (R&D) masih rendah, dan regulasi untuk ekspor dianggap masih sulit.

REFLEKSI

  1. Setelah Ananda mengikuti semua aktivitas, isilah tabel dibawah ini dengan memberikan tanda checklist () sesuai kondisi sebenarnya.
  2. No Materi Sudah Paham Belum Paham
    1 Pentingnya ekonomi kreatif
    2 Manfaat ekonomi kreatif
    3 Hambatan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid 19
  3. Tuliskan kesan Ananda setelah mengikuti pembelajaran 1 pada tabel berikut ini. Jika Ananda merasa senang tuliskan alasan Ananda pada nomor 1, namun jika Ananda merasa kurang senang tuliskan alasan Ananda pada nomor 2!
  4. No Kesan Alasan
    1 Saya merasa senang mengikuti pembelajaran 1
    2 Saya merasa kurang senang mengikuti pembelajaran 1
  5. Menurut Ananda sikap apa yang harus dikembangkan berdasarkan aktivitas pada pembelajaran 1?

PEMBELAJARAN : 2
JENIS EKONOMI KREATIF DAN UPAYA PENINGKATANNYA

Pada pembelajaran 1 Ananda telah mempelajari tentang pentingnya ekonomi kreatif, manfaat dan hambatan ekonomi kreatif. Pada pembelajaran 2 ini Ananda akan mempelajari tentang jenis-jenis ekonomi kreatif dan berbagai upaya untuk peningkatannya.
Ekonomi kreatif di Indonesia telah berkembang pesat dan berkembang menjadi beragam jenis, seperti periklanan, desain, kerajinan, arsitektur dan lain-lain. Perhatikan gambar berikut ini.
Sumber : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Kerajinan_Perak_Minang.jpg
Gambar 2.4 Kerajinan perak Minang
Gambar di atas merupakan salah satu contoh jenis ekonomi kreatif berupa kerajinan. Mengapa kerajinan ini menjadi ekonomi kreatif? Kerajinan merupakan karya seni yang memerlukan keterampilan tangan manusia dan ide-ide untuk menciptakan karya seni. Pada dasarnya ekonomi atau induetri kreatif tercipta dari pemanfaatan serta keterampilan yang dimiliki oleh setiap individu. Industri kreatif merupakan hasil dari kreatifitas dan daya cipta setiap individu. Industri kreatif ini memberikan peranan penting terhadap perekonomian suatu negara. Peran industri kreatif bisa meningkatkan ekonomi secara global. Karena pentingnya peranan ekonomi kreatif ini maka pelu dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkannya. Nah pada bagian ini Ananda akan mempelajari tentang jenis-jenis ekonomi kreatif dan upaya peningkatannya.

AKTIVITAS : 1
Mengamati jenis-jenis ekonomi kreatif di sekitar tempat tinggal siswa

Menurut Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2009, industri kreatif terdiri dari 14 subsektor industri, yaitu sebagai berikut:
  1. Periklanan, merupakan bentuk komunikasi tidak langsung, yang didasari pada informasi tentang keungulan, atau keunggulan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian.
  2. Arsitektur, merupakan ilmu dan seni perencanaan dan perancangan lingkungan binaan (artefak).
  3. Pasar barang seni, merupakan kegiatan perdagangan barang-barang seni produk masa lalu maupun masa kini yang bersifat asli, unik, langka, dan legal (bukan barang palsu atau curian).
  4. Kerajinan (craft), suatu karya seni yang proses pembuatannya menggunakan keterampilan tangan manusia dimulai dari proses awal sampai dengan proses penyelesaian produk. Produk kerajinan dapat berasal dari serat alam maupun buatan, batu berharga, kulit, rotan, bambu, kayu, logam (emas, perak, tembaga, perunggu, dan lainnya).
  5. Desain, adalah suatu hasil apresiasi dan kreasi yang tertuang dari diri manusia yang pada hakikatnya merupakan upaya manusia memberdayakan diri melalui benda ciptaannya untuk menjalani kehidupan yang lebih aman dan sejahtera. Desain berkaitan dengan desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran, serta produksi kemasan dan jasa pengepakan.
  6. Fashion, adalah kombinasi atau perpaduan dari gaya atau style dengan desain yang cenderung dipilih, diterima, digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat yang akan bisa memberi kenyamanan dan membuat lebih baik pada satu waktu tertentu.
  7. Video, film dan fotografi. Industri ini berkaitan dengan kreasi produksi video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film. Termasuk di dalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron, dan eksibisi atau festival film.
  8. Permainan interaktif, adalah permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi.
  9. Musik. Industri musik berkaitan dengan kreasi atau komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara.
  10. Seni pertunjukkan (showbiz), dapat berupa pertunjukkan wayang, balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk musik etnik, desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung, serta tata pencahayaan.
  11. Penerbitan dan percetakan, merupakan industri kreatif yang bergerak dalam bidang penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita dan pencari berita.
  12. Layanan komputer dan peranti lunak (software). Kegiatan ini berkaitan dengan pengembangan teknologi informasi, termasuk layanan jasa komputer, pengolahan data, pengembangan database, pengembangan peranti lunak, integrasi sistem, desain dan lainnya.
  13. Televisi dan radio (broadcasting), berhubungan dengan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan acara televisi (seperti games, kuis, reality show, dan infotainment), penyiaran, dan transmisi konten acara televisi dan radio, termasuk kegiatan station relay (pemancar) siaran radio dan televisi.
  14. Riset dan pengembangan, merupakan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi, serta mengambil manfaat terapan dari ilmu dan teknologi tersebut guna perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.
Nah itu tadi adalah jenis-jenis indutri kreatif yang ada di Indonesia. Untuk lebih memahami jenis-jenis industri kreatif, lakukan aktivitas berikut!
  1. Bacalah buku siswa tentang jenis-jenis industri kreatif
  2. Bacalah artikel lainnya di internet maupun surat kabar!
  3. Lakukan pengamatan atau observasi di sekitar kalian dan temukan jenis-jenis industri kreatif apa saja yang terdapat di sekitar tempat tinggal kalian!
  4. Tulislah jenis industri kreatif yang Ananda temukan dalam tabel di bawah ini!
  5. No Jenis Industri Kreatif Nama Pemilik Barang yg Diproduksi Lingkup Penjualan
    1
    2
    3
    4
    5
    dst
  6. Buatlah kesimpulan tentang jenis industri kreatif yang terdapat di sekitar tempat tinggal Ananda!

AKTIVITAS : 2
Mengidentifikasi upaya pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kreatif

Pada bagian sebelumnya Ananda telah mempelajari tentang berbagai hambatan tentang ekonomi kreatif. Bagaimanakah solusi yang telah dilakukan pemerintah? Apa sajakah strategi untuk pengembangan ekonomi kreatif guna mengatasi hambatan-hambatan? Berdasarkan permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan ekonomi kreatif di atas, kerja keras pemerintah pusat dan daerah sebagai koordinator, regulator dan fasilitator mutlak diperlukan. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah perlu bersinergi untuk mencapai kesepakatan melakukan terobosan sebagai solusi yang bermakna bagi para pelaku ekonomi kreatif. Hal ini sejalan dengan sistem ekonomi Indonesia yang mengacu pada UUD 1945 yaitu sistem ekonomi Pancasila, yang didalamnya terkandung demokrasi ekonomi. Dalam demokrasi ekonomi ini, melibatkan pemerintah, pengusaha swasta, dan seluruh rakyat, sehingga dalam pelaksanaannya harus ada kerja sama antara pemerintah, rakyat, dan swasta. Sistem ekonomi Indonesia di atur dalam UUD 1945 pasal 33, yang berbunyi :
  1. Ayat 1: Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan;
  2. Ayat 2: Cabang - cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara; dan
  3. Ayat 3: Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya utuk kemakmuran rakyat.
Sistem ekonomi demokrasi Pancasila telah dijadikan acuan dalam mengembangkan dan meningkatkan ekonomi kreatif. Coba Ananda perhatikan gambar berikut!
Sumber: https://www.kompasiana.com/
Gambar 2.5 Sistem ekonomi demokrasi Pancasila
Berdasarkan sistem ekonomi demokrasi Pancasila di atas, bagaimanakah bentuk upaya meningkatkan ekonomi kreatif yang dilakukan pemerintah? Ada dua upaya besar yang dilakukan pemerintah dalam rangka meningkatkan ekonomi kreatif, yaitu:
  1. Pemerintah menggunakan strategi dengan melaksanakan pembangunan secara terintegrasi antara masyarakat, swasta, dan pemerintah/li>
  2. Kementerian Perdagangan melakukan upaya pengembangan ekonomi kreatif untuk mewujudkan strategi pemerintah dengan menerapkan 10 langkah strategis.
  3. Langkah-langkah strategis apakah yang dilakukan pemerintah dan Kmentrian perdagangan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut lakukan aktivitas berikut ini!
    1. Bacalah buku siswa tentang materi upaya meningkatkan ekonomi kreatif!
    2. Carilah sumber lain untuk memperluas pengetahuan Ananda! Jika Ananda memiliki koneksi internet bukalah laman https://www.pembelajaranmu.com/2018/11/upaya-pemerintah-meningkatkan-ekonomi.html
    3. Identifikasikan upaya pemerintah meningkatkan ekonomi kreatif melalui 2 upaya besar di atas dengan menggunakan peta konsep di bawah ini!
  4. Setelah Ananda mengisi peta konsep di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat 15 upaya pemerintah dan Kementrian perdagangan untuk meningkatkan ekonomi kreatif. Buatlah skala prioritas berdasarkan tingkat “keurgenan” yaitu Ananda membuat urutan dari yang paling penting atau paling mendesak dilakukan sampai yang kurang mendesak. Isikan pada tabel berikut ini!
Tabel Skala Prioritas Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif
Tingkat Keurgenan Upaya Meningkatan Ekonomi Kreatif
1
2
3
4
5

AKTIVITAS : 3
Melakukan wawancara tentang upaya meningkatkan industry kreatif yang dilakukan pengusaha industri kreatif di sekitar tempat tinggal siswa

Saat ini kita sudah memasuki MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang mulai berlaku sejak akhir tahun 2015. Salah satu tujuan MEA adalah mempermudah peredaran barang dan jasa di seluruh kawasan ASEAN tanpa adanya sistem bea masuk dan barrier yang selama ini menjadi halangan dalam bekerja sama. Dengan adanya MEA ini maka antar negara ASEAN sudah sepakat adanya satu pasar tunggal ASEAN, termasuk Indonesia sebagai salah satu anggota ASEAN. Hal tersebut menjadi tantangan baru dalam perekonomian negara-negara berkembang salah satunya adalah Indonesia. Kondisi ini juga menuntut para pelaku usaha (UMKM) untuk terus memajukan usahanya dan bersaing dengan pengusaha lain tidak hanya pengusaha dari negara sendiri tetapi dari negara asing.
Apakah upaya yang telah dilakukan para pengusaha industri kreatif agar dapat bersaing dalam MEA? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut lakukan aktivitas berikut ini!
  1. Bacalah buku siswa tentang materi upaya meningkatkan ekonomi kreatif!
  2. Carilah sumber lain untuk memperluas pengetahuan Ananda!
  3. Lakukan wawancara dengan pengusaha-pengusaha industri kreatif di sekitar tempat tinggal Ananda tentang upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan industri kreatifnya, dengan menggunakan pedoman wawancara berikut!
  4. PEDOMAN WAWANCARA Nama Responden : ………………
    Alamat : ……………………
    Berilah jawaban setiap pertanyaan berikut sesuai kondisi sebenarnya!
    1. Jenis industri kreatif apakah yang bapak/ibu kembangkan?
    2. Mengapa bapak/ibu memilih industri kreatif tersebut?
    3. Modal awal apa sajakah yang bapak/ibu gunakan untuk mengembangkan industri kreatif tersebut?
    4. Sudah berapa lamakah bapak/ibu mengembangkan usaha industri kreatif tersebut?
    5. Apakah upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan industri kreatif bapak/ibu? Mohon bapak/ibu kelompokkan upaya yang telah bapak/ibu lakukan untuk meningkatkan industri kreatif saat kondisi normal dan saat kondisi Pandemi Covid 19
    tabel
    Tabel Rangkuman Hasil Wawancara
  5. Rangkumlah hasil wawancara dengan menggunakan tabel berikut ini!

Tabel Hasil Wawancara

No Nama Penguasa Jenis Usaaha Industri Kreatif Alasan memilih industri kreatif Lama usaha Upaya meningkatkan usaha
Ketika masa normal Ketika masa Pandemi Covid-19
1
2
3
4
5
dst

Setelah Ananda menyelesaikan aktivitas 1 sampai 3 di atas, presentasikan hasil kerja Ananda dengan menggunakan perangkat daring yang disediakan guru. Apabila guru tidak meminta presentasi secara daring, serahkan pekerjaan Ananda kepada guru untuk diperiksa dan memperoleh umpan balik.

LATIHAN

Setelah Ananda melaksanakan aktivitas-aktivitas di atas, kerjakan latihan di bawah ini.
  1. Berilah 4 contoh bentuk periklanan yang dikembangkan dalam industri kreatif periklanan di Indonesia!
  2. Jelaskan yang dimaksud sistem ekonomi demokrasi pancasila?
  3. Sebutkan 4 langkah strategis pemerintah yang terintegrasi antara masyarakat, swasta dan pemerintah untuk mengembangkan ekonomi kreatif!
  4. Mana yang lebih dibutuhkan oleh seorang yang akan membuka usaha antara modal dan kreativitas?
  5. Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat? Berilah 4 contoh!

RANGKUMAN

Setelah mengikuti aktivitas 1, 2, dan 3 pada pembelajaran 2 di atas, tentunya Ananda telah memiliki pemahaman yang komprehensif tentang jenis-jenis ekonomi kreatis dan upaya meningkatkan ekonomi kreatif. Untuk itu silahkan Ananda membuat kesimpulan dengan menggunakan acuan pertanyaan-pertanyaan berikut:
  1. Apa sajakah jenis-jenis ekonomi kreatif yang terdapat di Indonesia?
  2. Apakah yang dimaksud dengan sistem ekonomi demokrasi Pancasila?
  3. Apakah upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk mengembangkan ekonomi kreatif dengan cara pembangunan secara terintegrasi antara masyarakat, swasta, dan pemerintah
  4. Apakah langkah strategis yang dilakukan Kementrian Perdagangan untuk meningkatkan ekonomi kreatif?

REFLEKSI

Setelah Ananda melaksanakan aktivitas pembelajaran di atas, tuliskan hal-hal sebagai berikut.
  1. Bagaimana perasaan Ananda mempelajari modul pada pembelajaran 2 ini? Apakah senang atau kurang senang? Berilah alasannya!
  2. Apakah Ananda sudah memahami materi dalam pembelajaran 2 ini? Isikan jawaban Ananda dalam tabel berikut dengan cara memberi tanda check list () pada kolom ya jika Ananda telah memahami materi, atau tanda check list () pada kolom tidak bila Ananda belum memahami materi.
  3. No Materi Ya Tidak
    1 Saya telah memahami jenis-jenis industri kreatif yang ada di Indonesia
    2 Saya telah memahami materi upaya meningkatkan ekonomi kreatif
  4. Sikap apa saja yang dapat Ananda kembangkan setelah mengikuti aktivitas-aktivitas di atas?

PEMBELAJARAN : 3
MERAIH KEUNGGULAN EKONOMI BANGSA

Pada bagian sebelumnya Ananda telah mempelajari tentang perdagangan internasional. Faktor yang mempengaruhi terjadinya perdagangan internasional antara lain keunggulan mutlak (absolute advantage) dan keunggulan komparatif (comparative advantage) dari masing-masing negara. Teori keunggulan mutlak dan keunggulan komparatif merupakan teori klasik perdagangan yang sampai saat ini masih digunakan sebagai dasar dan menjelaskan tentang kelangsungan jalannya perdagangan dunia. Penerapan kedua teori ini dapat kita lihat dari usaha setiap negara untuk melakukan spesialisasi dan berusaha mengekspor barang atau produk yang paling sesuai atau menguntungkan bagi mereka. Sebagai contoh negara-negara di daerah beriklim tropis memiliki spesialisasi produk dari sektor pertanian, perkebunan, dan pertambangan, sedangkan negara-negara di daerah iklim sedang seperti Jepang, Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara di Benua Eropa yang relatif kaya akan modal memiliki spesialisasi dalam produksi barang-barang hasil industri seperti motor, pesawat terbang, mesin-mesin pabrik, dan lain-lain.
Setelah Ananda memiliki gambaran tentang keunggulan mutlak dan keunggulan komparatif, pada pembelajaran 3 ini Ananda akan mempelajari tentang keunggulan komparatif dan keunggulan mutlak.

AKTIVITAS : 1
Menganalisis spesialisasi produk berdasarkan teori keunggulan mutlak

Keunggulan mutlak merupakan suatu teori tentang perdagangan internasional yang dikemukakan oleh Adam Smith. Teori ini menjelaskan bahwa suatu negara dikatakan memiliki keunggulan mutlak apabila negara tersebut mampu memproduksi suatu barang dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan negara lain.
Negara akan melakukan perdagangan dengan mengekspor barang-barang produksi sesuai keunggulan mutlak, sebaliknya negara akan mengimpor barang-barang produksi yang tidak memiliki keunggulam mutlak. Keunggulan mutlak bisa dimaknai juga sebagai keunggulan yang dimiliki suatu negara karena memiliki keistimewan. Sebagai contoh suatu negara memiliki kekayaan alam dan keahlian penduduk sehingga dapat memproduksi barang tertentu, dengan biaya lebih murah dibandingkan negara lain. Namun teori Adam Smith ini memiliki kelemahan, yaitu apabila antara dua negara hanya satu negara saja yang mempunyai keunggulan absolute atas semua barang. Maka, perdagangan tidak akan terjadi karena bila dilakukan hanya akan menguntungkan salah satu negara saja.
Sumber : https://commons.wikimedia.org/
Gambar 2.6 Adam Smith
Perhatikan contoh analisis berikut.

Tabel 2.2 Keuntungan Mutlak
Produksi 1 orang dalam 1 hari

Negara Hasil Kerja Per satuan output Dasar Tukar Dalam negeri
Beras Elektronik
Vietnam 40 kg/hari 40 unit/hari 1 kg beras = 1 unit elektronik
Korea Selatan 20 kg/hari 80 unit/hari 1 kg beras = 4 unit elektronik
Berdasarkan tabel di atas, Vietnam memiliki keunggulan dalam memproduksi beras, sedangkan Korea Selatan memiliki keunggulan untuk memproduksi elektronik. Untuk mengadakan perdagangan internasional sebaiknya negara Vietnam berspesialisasi untuk produk beras dan negara Korea Selatan berspesialisasi untuk produk elektronik. Dengan demikian, dalam perdagangan internasional Vietnam mengekspor beras ke Korea Selatan, dan sebaliknya Korea Selatan mengekspor elektronika ke Vietnam, sehingga keduanya akan memperoleh keuntungan. Besarnya keuntungan kedua negara dapat dihitung sebagai berikut:
Keuntungan Vietnam Untuk negara Vietnam,
Untuk negara Vietnam, Dasar Tukar Dalam Negerinya (DTD) 1 kg beras akan mendapatkan 1 unit elektronik, sedangkan Korea Selatan 1 kg beras akan mendapatkan 4 unit elektronik. Dengan demikian, jika Vietnam menukarkan beras dengan elektronik Korea Selatan akan memperoleh keuntungan sebesar 3 unit elektronik, yang diperoleh dari (4 elektronik - 1 elektronik).
Keuntungan Korea Selatan Untuk negara Korea Selatan Dasar Tukar Dalam Negerinya (DTD) 1 unit elektronik akan mendapatkan 0,25 beras, sedangkan di Vietnam 1 unit elektronik akan mendapatkan 1 kg beras. Dengan demikian, jika negara Korea Selatan mengadakan perdagangan internasional atau menukarkan elektroniknya dengan Vietnam, akan memperoleh keuntungan sebesar 0,75 kg beras, yang diperoleh dari (1 kg beras - 0,25 beras).
Untuk lebih memahami tentang keunggulan mutlak, lakukan aktivitas-aktivitas berikut.
  1. Bukalah buku siswa tentang memanfaatkan persaingan guna meraih keunggulan bangsa
  2. Carilah sumber lain misalnya dari internet dan buku-buku referensi lainnya untuk memperkaya wawasan Ananda!
  3. Perhatikan tabel keunggulan mutlak di bawah ini!
  4. Negara Jenis Produk Dasar Tukar
    Baju Benang
    Perancis 60 Kg 20 Kg 3 Baju = 1 Benang
    Indonesia 40 Kg 80 Kg 1 Baju = 2 Benang
  5. Tentukan keunggulan mutlak untuk negara Indonesia dan negara Perancis untuk spesialisasi barang ekspor!
  6. Hitunglah keuntungan negara Indonesia dan Perancis berdasarkan keunggulan mutlak pada tabel di atas!
  7. Tentukan kemungkinan barang ekspor Indonesia ke perancis maupun ekspor Perancis ke Indonesia berdasarkan teori keunggulan mutlak!

AKTIVITAS : 2
Menganalisis spesialisasi produk berdasarkan keunggulan komparatif

Teori keunggulan komparatif merupakan teori untuk melengkapi teori keunggulan mutlak. Teori ini dikemukakan oleh David Ricardo.
Menurut David Ricardo, perdagangan internasional terjadi apabila ada perbedaan keunggulan komparatif. Keunggulan komparatif menyatakan bahwa suatu negara mampu menghasilkan barang dan jasa lebih banyak dengan biaya murah daripada negara lain. Sebagai contoh Indonesia mampu memproduksi kopi atau sawit secara secara murah, tetapi tidak mampu memproduksi timah seperti halnya Malaysia yang bisa memproduksi timah dengan murah. Ini artinya Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi kopi atau sawit dan Malaysia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi timah. Keuntungan keunggulan komparatif yaitu dapat meningkatkan standar kehidupan dan pendapatannya jika negara tersebut melakukan spesialisasi produksi barang atau jasa yang memiliki produktivitas dan efisiensi tinggi. Perhatikan contoh berikut ini!

Tabel Keuntungan Komparatif

Negara Hasil Kerja Per satuan output Dasar Tukar Dalam negeri
Beras Elektronik
Vietnam 40 kg/hari 40 unit/hari 1 unit elektronik = 1 Kg beras
Korea Selatan 50 kg/hari 80 unit/hari 1 unit elektronik = 0,625 Kg beras
(Jam Kerja Per Satuan Output)
Berdasarkan tabel diatas, negara Korea Selatan unggul terhadap produk beras dan elektronik, tetapi keunggulan tertingginya pada produksi elektronik. Sebaliknya, negara Vietnam lemah terhadap produk beras dan elektronik. Namun kelemahan terkecil Vietnam adalah pada produksi beras.
Berdasarkan tabel di atas, sebaiknya negara Korea Selatan berspesialisasi pada produk elektronik dan negara Vietnam berspesialisasi pada produk beras. Jika kedua negara tersebut melakukan perdagangan, maka keduanya akan memperoleh keuntungan.
Besarnya keuntungan yang diperoleh dapat dihitung sebagai berikut.
Keuntungan Vietnam
Di Vietnam 1 kg beras = 1 unit elektronik, sedang di Korea Selatan 1 kg beras = 1,6 unit elektronik. Jika negara Vietnam menukarkan berasnya dengan elektronik di Korea Selatan, maka Vietnam akan mendapatkan keuntungan sebesar 0,6, yang diperoleh dari (1,6 elektronik - 1 elektronik).
Keuntungan Korea Selatan
Di Korea Selatan 1 unit elektronik = 0,625 kg beras, sedangkan di Vietnam 1 unit elektronik = 1 kg beras. Jika negara Korea Selatam menukarkan elektronik dengan beras di Vietnam, maka Korea Selatan akan mendapatkan keuntungan sebesar 0,375, yang diperoleh dari (1 beras - 0,625 beras).
Tentunya Ananda sudah memahami keunggulan komparatif, bukan? Untuk lebih memahami tentang keunggulan komparatif, lakukan aktivitas berikut ini!
  1. Bukalah buku siswa tentang memanfaatkan persaingan guna meraih keunggulan bangsa
  2. Carilah sumber lain misalnya dari internet dan buku-buku referensi lainnya untuk memperkaya wawasan Ananda!
  3. Perhatikan tabel keunggulan komparatif di bawah ini!
  4. Negara Minyak Tekstil Dasar Tukar
    Arab Saudi 50 25 1 minyak = 0,5 tekstil (di Arab Saudi)
    Jepang 25 20 1 miyak = 0,8 tekstil (dijepang)
  5. Tentukan keunggulan komparatif untuk negara Indonesia dan negara Perancis dalam spesialisasi barang ekspor!
  6. Hitunglah keuntungan negara Indonesia dan Perancis berdasarkan keunggulan komparatif pada tabel di atas!
  7. Tentukan kemungkinan barang ekspor Indonesia ke perancis maupun ekspor Perancis ke Indonesia berdasarkan teori keunggulan komparatif!

AKTIVITAS : 3
Membuat iklan (ekonomi kreatif) untuk mempromosikan sekolah kepada masyarakat

Sebagaimana Ananda ketahui bahwa salah ekonomi kreatif memiliki ragam jenisnya, salah satu diantaranya adalah periklanan. Periklanan merupakan bentuk komunikasi tidak langsung, yang didasari pada informasi tentang keungulan, atau keunggulan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian. Periklanan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling banyak digunakan perusahaan dalam mempromosika produknya. Bentuk periklanan juga dapat berupa tampilan periklanan di media cetak (surat kabar dan majalah) dan elektronik (televisi dan radio), pemasangan berbagai poster dan gambar, penyebaran selebaran, pamflet, edaran, brosur dan media reklame sejenis lainnya, distribusi dan delivery advertising materials or samples, serta penyewaan kolom untuk iklan. Sebelum Ananda membuat iklan, pahami dulu tentang pengertian, tujuan, ciri-ciri, dan syarat iklan agar Ananda dapat membuat iklan dengan baik.
  1. Pengertian iklan
    Iklan merupakan kegiatan memberitahukan atau mempromosikan suatu produk baik berupa barang maupun jasa melalui media massa agar publik dapat mengetahui dan membeli/menggunakan produk tersebut.
  2. Tujuan iklan
    Tujuan iklan adalah:
    • untuk memperkenalkan kepada calon konsumen tentang suatu produk, barang atau jasa. Umumnya mengandung bahasa persuasif dengan menyertakan kelebihan atau keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan, dan
    • mempengaruhi calon konsumen untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan
  3. Ciri-ciri iklan
    Agar iklan menarik perhatian, maka iklan memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut:
    • Pilihan kata (diksi) yang digunakan haruslah menarik, logis, tepat, dan sopan
    • Pilihan kata (diksi) yang digunakan wajib mengandung sugesti bagi masyarakat banyak
    • Pilihan kata (diksi) yang digunakan sebaiknya menonjolkan informasi/ide/keunggulan/keunikan produk atau jasa yang ditawarkan
    • Pilihan kata (diksi) yang digunakan merujuk ke sasaran yaitu produk atau jasa yang dimaksud
  4. Syarat iklan
    • Obyektif, proporsional dan jujur
    • Jelas, padat, dan mudah dipahami
    • Tidak menyinggung, menyakiti, merendahkan pihak/produk lain
    • Menarik perhatian/minat orang banyak
Setelah Ananda memahami tentang iklan, lakukan aktivitas berikut ini!
  1. Buka buku siswa tentang jenis-jenis ekonomi kreatif
  2. Carilan buku referensi lainnya yang relevan dan juga sumber-sumber dari internet
  3. Buatlah identifikasi profil sekolah Ananda dengan mengisi pada tabel berikut ini.
  4. No Profil Sekolah Penjelasan
    1
    2 Nama Sekolah
    3 Alamat Sekolah
    4 Nama Kepala Sekolah
    5 Jumlah Guru Dan Karyawan
    6 Jumlah Rombongan Belajar
    7 Prestasi Sekolah
    8 Program-Program Unggulan Sekolah
  5. Berdasarkan profil sekolah tersebut buatlah iklan untuk mempromosikan sekolah Ananda kepada masyarakat luas agar tertarik sekolah atau menyekolahkan keluarganya di sekolah Ananda. Ananda dapat menambahkan data profil sekolah selain tabel diatas untuk membuat iklan yang lebih lengkap.
  6. Ananda dapat membuat iklan berdasarkan beberapa pilihan jenis iklan berikut ini:
    • Iklan cetak berupa: poster, selebaran, pamflet, dan brosur
    • Iklan digital berupa video berdurasi maksimal 5 menit, bisa dalam bentuk video belum tayang maupun video yang ditayangkan di Youtube.

LATIHAN

Setelah Ananda melaksanakan aktivitas-aktivitas di atas, kerjakan latihan di bawah ini.
  1. Jelaskan perbedaan keunggulan mutlak dan komparatif!
  2. Mengapa teori keunggulan komparatif David Ricardo dianggap sebagai pelengkap teori keunggulan mutlak? Berilah penjelasan!
  3. Sebutkan 5 cara atau upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai keunggulan komparatif!
  4. Perhatikan tabel di bawah ini!
  5. Negara Teh Sutra DTDN (Dasar Tukar Dalam Negeri)
    Indonesia 12 Kg 3 Meter 4 kg = 1 m
    1 kg = ¼ m
    Cina 4 Kg 8 Meter ½ kg = 1m
    1 kg= 2m
    Berdasarkan ilustrasi di atas jawablah pertanyaan di bawah ini!
    1. Keunggulan absolute Indonesia adalah ……
    2. Keunggulan absolute China adalah ……
    3. Perhitungan keuntungan Indonesia ……
  6. Perhatikan tabel di bawah ini!

  7. Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini!
    1. Tentukan keuntungan negara Indonesia!
    2. Tentuka keuntungan negara Jepang!

RANGKUMAN

Setelah mengikuti pembelajaran 3 ini, silahkan Ananda membuat rangkuman dengan mengacu pada pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Apakah yang dimaksud dengan keunggulan absolut/mutlak?
  2. Bagaimana cara menentukan spesialisasi produksi berdasarkan keunggulan mutlak?
  3. Apakah yang dimaksud dengan keunggulan komparatif?
  4. Bagaimana cara menentukan spesialisasi produksi berdasarkan keunggulan komparatif?

REFLEKSI

Setelah Ananda melaksanakan aktivitas-aktivitas pembelajaran di atas, tuliskan hal-hal sebagai berikut.\
  1. Tuliskan kesan Ananda selama mengikuti pembelajaran 3 ini dengan mengisi tabel di bawah ini!
  2. No Kesan Alasan
    1 Saya merasa senang mengikuti pembelajaran 3 ini Karena ....
    2 Saya merasa kurang senang mengikuti pembelajaran 3 ini Karena ....
  3. Apakah Ananda sudah memahami mater pada pembelajaran 3 ini? Isikan jawaban Ananda pada tabel berikut ini dengan cara memberi tanda checklist () sesuai kondisi Ananda!
  4. No Materi Ya Tidak
    1 Saya sudah memahami materi tentang keunggulan Absolut
    2 Saya sudah memahami materi tentang keunggulan komparatif
    2 Saya sudah memahami cara membuat iklan
  5. Sikap apa saja yang dapat Ananda kembangkan setelah belajar materi di atas?

Sumber: Buku Modul PJJ Kelas 9 Semester Genap