Halaman

Tema : 2
KEMAJEMUKAN MASYARAKAT INDONESIA


DAFTAR ISI
  1. Keragaman Aktivitas Ekonomi Masyarakat
    1. Bagaimana Proses Geografis Memengaruhi Aktivitas Ekonomi?
    2. Bagaimana Pemanfaatan Lingkungan Sekitar dalam Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi?
    3. Bagaimana Perdagangan Antarpulau dapat Terjadi di Indonesia?
  2. Mobilitas Sosial
    1. Bagaimana Dinamika Kependudukan di Indonesia?
    2. Bagaimana Bentuk Keragaman Masyarakat Indonesia?
    3. Bagaimana Proses Mobilitas Sosial di Indonesia?
  3. Interaksi Budaya pada Masa Kerajaan Islam
    1. Bagaimana Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia?
    2. Bagaimana Cara Penyebaran Agama Islam di Indonesia?
    3. Bagaimana Bentuk Interaksi Budaya Pengaruh Islam di Indonesia?

Gambaran Tema

Kalian akan mempelajari, memahami, dan menemukan berbagai keragaman dalam masyarakat Indonesia. Tema diawali dengan menganalisis pengaruh cuaca dan iklim terhadap kehidupan manusia dalam berbagai bidang. Selanjutnya kalian akan menemukan pengaruh proses geografis dalam perut bumi terhadap perubahan dan bentuk relief permukaan bumi. Bentuk muka bumi memengaruhi keragaman aktivitas masyarakat, salah satunya aktivitas ekonomi masyarakat. Kalian akan menganalisis berbagai aktivitas ekonomi yang dipengaruhi keragaman bentuk muka bumi. Keragaman bentuk muka bumi juga berpengaruh terhadap keragaman budaya di Indonesia. Kalian akan menemukan mobilitas sosial dalam masyarakat, dinamika penduduk, dan keragaman budaya. Pada bagian terakhir, kalian akan menemukan dan menganalisis berbagai bentuk interaksi budaya Islam di Indonesia, termasuk perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.

Tujuan dan Indikator Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu
  1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi terhadap keragaman aktivitas ekonomi masyarakat.
  2. Mendeskripsikan keragaman dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia.
  3. Menganalisis proses interaksi masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia.
  4. MMerencanakan ide pengembangan sebuah usaha perdagangan dalam mendukung perdagangan antarpulau.

Pertanyaan Kunci

  1. Bagaimana pengaruh cuaca dan iklim terhadap kehidupan manusia dalam berbagai bidang?
  2. Bagaimana pengaruh proses georafis terhadap keragaman bentuk muka bumi di Indonesia?
  3. Bagaimana bentuk pemanfaatan lingkungan sekitar terhadap aktivitas keberagaman ekonomi masyarakat terhadap kondisi wilayah tertentu?
  4. Bagaimana pengaruh perdagangan antarpulau dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat di pulau tertentu?
  5. Bagaimana kondisi mobilitas sosial masyarakat di Indonesia?
  6. Bagaimana pengaruh dinamika kependudukan terhadap kondisi sosial penduduk di Indonesia?
  7. Bagaimana interaksi kebudayaan Islam terhadap tumbuh dan berkembangnya kerajaan Islam di Indonesia?

Apersepsi

Gambar tersebut merupakan salah satu gunung yang ada di Indonesia yaitu Gunung Bromo. Gunung Bromo merupakan gunung yang terletak di Jawa Timur. Di kawasan Gunung Bromo terdapat masyarakat Tengger. Bagaimana bentuk wilayah di tempat tinggalmu? Adakah gunung, sungai, pantai atau lembah? Tentunya dari masing-masing wilayah tersebut dapat menghasilkan potensi alam yang beraneka ragam. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitar tempat tinggal tersebut untuk mengambil hasil alam sebagai sumber ekonomi, entah sebagai bahan produksi, di konsumsi sendiri ataupun di kirim ke wilayah lain. Hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap perbedaan mata pencaharian yang ada di masing-masing wilayah sesuai dengan keunikannya. Setiap wilayah akan diduduki oleh masyarakat dengan berbagai jenis dan usia yang dapat bertambah ataupun berkurang setiap harinya. Masyarakat di wilayah tersebut juga memiliki perbedaan yang menyebabkan keragaman dalam berbagai bidang seperti budaya, mata pencaharian, dan agama. Hal ini tidak le pas dari peran interaksi dan perkembangan masyarakat Indonesia di masa lalu dengan masuk dan berkembangnya kebudayaan dari luar seperti Hindu-Buddha sampai masuknya Islam ke Indonesia.
  1. Keragaman Aktivitas Ekonomi Masyarakat
    1. Bagaimana Proses Geografis Memengaruhi Aktivitas Ekonomi?
      1. Pengaruh Cuaca dan Iklim bagi Kehidupan
      2. Tahukah Kalian Apa itu La Nina?

        Pemantauan terhadap anomali iklim global di Samudra Pasifik Ekuator menunjukkan anomali iklim La-Nina sedang berkembang. Indeks ENSO (El Nino- Southern Oscillation) menunjukkan bahwa suhu permukaan laut di wilayah Pasifik tengah dan timur dalam kondisi dingin selama enal dasarian terakhir dengan nilai anomali telah melewati angka -0.5ºC, yang menjadi ambang batas kategori La Nina. Perkembangan nilai anomali suhu muka laut di wilayah tersebut masing-masing adalah -0.6ºC pada bulan Agustus, dan -0.9ºC pada bulan September.
        Catatan historis menunjukkan bahwa La Nina dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi jumlah curah hujan bulanan di Indonesia hingga 40% diatas normalnya. Dampak La Nina tidak sama di seluruh Indonesia. Pada Bulan Oktober- November, peningkatan curah hujan bulanan akibat La Nina dapat terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia kecuali Sumatra. Pada bulan Desember dan Februari 2021 akan terjadi peningkatan curah hujan akibat La Nina dapat terjadi di Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, dan Papua. Pada Bulan Oktober ini beberapa zona musim di wilayah Indonesia diperkirakan akan memasuki musim hujan, di antaranya: Pesisir timur Aceh, sebagian Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Pulau Bangka, Lampung, Banten, sebagian Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, sebagian kecil Jawa Timur, sebagian Kalimantan Barat, sebagian Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Timur, sebagian Kalimantan Utara, sebagian kecil Sulawesi, Maluku Utara, dan sebagian kecil Nusa Tenggara Barat. Peningkatan curah hujan seiring dengan awal musim hujan disertai peningkatan akumulasi curah hujan akibat La Nina berpotensi menjadi pemicu terjadinya bencana hidro-meteorologis seperti banjir dan tanah longsor.

        Sumber: Herizal, Deputi Bidang Klimatologi BMKG. “La Nina sedang Berkembang di Samudra Pasifik, Waspadai Dampaknya di Indonesia”. https://www.bmkg.go.id/pressrelease/? p=la-nina-sedang-berkembang-di-samudra-pasifik-waspadai-dampaknya-diindonesia& tag=press-release&lang=ID

        La nina merupakan salah satu pengaruh dari perubahan cuaca dan iklim. Fenomena tersebut dapat terjadi dengan ditandai penurunan suhu 3º–5º C. Pada akhir 2020, Indonesia mengalami dampak La Nina yang dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi jumlah curah hujan bulanan di Indonesia hingga 40% di atas normal. Dampak La Nina tidak sama di seluruh Indonesia. Pada bulan Oktober- November, peningkatan curah hujan bulanan akibat La Nina dapat terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia kecuali Sumatra. Pada bulan Desember dan Februari 2021 akan terjadi peningkatan curah hujan akibat La Nina dapat terjadi di Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Maluku-Maluku Utara, dan Papua. Peningkatan curah hujan akan berdampak pada bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan sebagainya. Fenomena tersebut merupakan salah satu contoh dari pengaruh cuaca dan iklim yang terjadi dalam kehidupan terkait dengan materi yang akan kita bahas.
        Masih ingatkah kalian dengan materi sebelumnya tentang cuaca dan iklim yang sudah dipelajari di Tema 1? Apa yang kalian ketahui tentang cuaca dan iklim? Apakah keduanya sama atau ada perbedaan? Lalu bagaimana pengaruh cuaca dan iklim dalam kehidupan manusia?

        Lembar Aktivitas 1 Aktivitas Individu
        Untuk mengingat materi tentang cuaca dan iklim, jawablah pertanyaan berikut ini!
        1. Bacalah kembali materi tentang cuaca dan iklim di buku, internet dan sumber lainnya yang sudah di bahas pada bab sebelumnya!
        2. Tuliskan di buku catatanmu tentang informasi di bawah ini!
          1. Pengertian cuaca
          2. Pengertian iklim
          3. Unsur-unsur cuaca dan iklim
          No Unsur Cuaca Unsur Iklim
          1
          2
          3
          4
          5
        3. Tuliskan perbedaan antara cuaca dan iklim berdasarkan dengan pemahaman yang sudah kalian ketahui!
        Setelah memahami kembali materi cuaca dan iklim, tentu akan ada pembahasan yang lebih menarik dalam bagian ini? Apakah kalian pernah mengalami perubahan cuaca yang signifikan ketika kalian sedang bepergian? Lalu apa yang kalian rasakan, senang atau sedih? Nah untuk lebih dapat memahaminya, kita akan masuk ke materi pengaruh cuaca dan iklim dalam kehidupan manusia.
        Cuaca dan iklim yang berubah-ubah dapat memengaruhi kehidupa manusia di muka bumi. Perubahan cuaca dan iklim mempunyai pengaruh terhadap segala aktivitas manusia dalam segala bidang. Berikut adalah pengaruh cuaca dan iklim dalam kehidupan:
        Bidang Pertanian
        Menentukan waktu tanam dan jenis tanaman yang sesuai dalam kehidupan manusia.
        Bidang Perhubungan
        Cuaca, suhu, arah dan kecepatan angin, awan, dan kabut sangat memengaruhi kelancaran jalur penerbangan. Selain berpengaruh terhadap penerbangan, faktor cuaca dan iklim berpengaruh pula terhadap transportasi laut. Seperti arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, badai, dan lain-lain.
        Bidang Industri
        Iklim memengaruhi mata pencaharian penduduk. Banyak industri tradisional yang masih bergantung pada kondisi cuaca seperti panas matahari, antara lain industri garam, genteng, batu bata, dan kerupuk.
        Bidang Kesehatan
        Iklim dan cuaca juga berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Banyak penyakit yang muncul di cuaca tertentu. Sebagai contoh adalah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk seperti demam berdarah dan malaria.
        Bidang Lingkungan Hidup
        Perubahan iklim dan cuaca memengaruhi kondisi ekosistem di suatu tempat. Musim kemarau yang panjang menyebabkan gangguan siklus hidrologis yang berdampak pada keberlangsungan makhluk hidup di ekosistem tersebut.

        Lembar Aktivitas 2 Aktivitas Individu
        1. Carilah sebuah artikel yang berkaitan dengan pengaruh cuaca dan iklim dalam kehidupan sehari-hari di internet!
        2. Cetak artikel tersebut dan tuliskan sumber artikel yang didapat secara lengkap!
        3. Bacalah artikel tersebut dengan seksama!
        4. Kemudian analisislah artikel tersebut dengan menjawab pertanyaan di bawah ini:
          1. Bagaimana kondisi cuaca ataupun iklim yang tertulis dalam artikel tersebut! Coba uraikan secara singkat!
          2. Bagaimana kondisi yang terjadi setelah adanya perubahan cuaca dan iklim berdasarkan artikel yang sudah dibaca!
          3. Tuliskan dampak perubahan cuaca dan iklim yang terdapat dalam artikel tersebut!
          4. Tuliskan upaya yang dilakukan untuk mengatasi perubahan dan iklim yang terdapat dalam artikel tersebut!
        5. Kerjakan dalam lembar aktivitas yang telah disiapkan oleh guru!
        6. Diskusikan dengan teman-teman di dalam kelas secara bergiliran!

      3. Bentuk Muka Bumi
      4. Bagaimana bentuk muka bumi yang sekarang kalian tinggali? Tahukah bagaimana bentuk-bentuk muka bumi tersebut dapat menjadi suatu tempat yang khas dan berbeda dari wilayah lain?
        Bentuk muka bumi di Indonesia memiliki keragaman baik di lautan ataupun di daratan. Bentuk muka bumi tersebut mengalami proses perubahan yang berangsur-angsur selama masih ada pergerakan. Perubahan bentuk muka bumi dipengaruhi oleh tenaga eksogen dan tenaga endogen.
        1). Tenaga endogen
        Tenaga yang berasal dari dalam perut bumi sehingga mengakibatkan pergerakan kulit bumi. Tenaga endogen meliputi vulkanisme (aktivitas gunung api), tektonisme (aktivitas gerakan lapisan bumi), dan seisme.
        2). Tenaga eksogen
        Tenaga yang berasal dari luar bumi, artinya tenaga yang berasal dari atas permukaan bumi seperti kegiatan manusia yang membentuk permukaan bumi berupa air, angin, organisme, sinar matahari, dan es.
        AYO AMATI LINGKUNGANMU!
        Bagaimana bentuk muka bumi di sekitar rumah kalian? Apakah kalian tinggal di dataran rendah, dataran tinggi, sungai, gunung, atau lainnya? Yuk kita bahas beberapa bentuk muka bumi yang ada di sekitar kita!
        Gambar 2.3 Bentuk Muka Bumi Sumber: Kemendikbud/layangmaya (2020)

        Lembar Aktivitas 3 Aktivitas Individu
        Untuk lebih memahami bentuk-bentuk muka bumi jawablah pertanyaan berikut ini!
        1. Carilah contoh bentuk-bentuk muka bumi di Indonesia sebanyakbanyaknya melalui internet, buku, ataupun sumber literatur lainnya!
        2. Tuliskan dalam tabel di bawah ini!
        3. No Bentuk Muka Bumi Contoh di Indonesia
          1 Dataran rendah
          2 Dataran tinggi
          3 Gunung
          4 Bukit
          5 Pegunungan
          6 Depresi Kontinental

      5. Aktivitas Ekonomi
      6. Masih ingatkah kalian dengan kegiatan ekonomi yang dilakukan dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia? Kegiatan ekonomi terdiri dari tiga yaitu produksi, konsumsi, dan distribusi. Segala kegiatan ekonomi tergantung dengan tempat tinggal di mana manusia tersebut beraktivitas.
        Gambar 2.4 Petani teh di daerah dataran tinggi Sumber: Pxhere/CC0-1.0 (2017)
        Lembar Aktivitas 4 Aktivitas Kelompok
        1. Bentuklah kelompok dengan masing-masing empat anggota!
        2. Amati ada pabrik atau usaha kecil menengah yang berkembang di daerah tempat tinggal kalian!
        3. Lakukan wawancara dengan pemilik usaha tersebut tentang produk yang dengan:
          1. nama usaha
          2. deskripsi produk
          3. proses produksi
          4. konsumen dari produk
          5. pemasaran produksi
          6. proses distribusi dari produk tersebut
        4. Dokumetasikan kegiatan kalian dalam bentuk foto dan video tentang proses produksi dan pemasaran produk tersebut!
        5. Tuliskan hasil wawancara dalam bentuk laporan dan susunlah sebuah presentasi yang berupa power point!
        6. Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelompok lain.
        Aktivitas kegiatan ekonomi masyarakat saat ini dipengaruhi oleh kegiatan masyarakat masa lalu, kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) serta pelaku ekonomi. Aktivitas kegiatan masyarakat Indonesia tidak lepas dari lingkungan tempat tinggal mereka. Masyarakat di daerah dataran rendah dan dataran tinggi memiliki bentuk aktivitas yang berbeda, begitu pula dengan masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan dan pesisir pantai. Masyarakat yang tinggal di daerah dataran rendah kegiatan ekonominya relatif beragam seperti perdagangan, perkantoran, perindustrian, pariwisata, perikanan, dan peternakan. Masyarakat yang tinggal di daerah dataran tinggi akan menjalankan aktivitas ekonomi yang berupa perkebunan, pertanian, dan pariwisata. Begitupun dengan masyarakat yang tinggal di daerah pantai, mereka akan memiliki aktivitas ekonomi yang cocok dengan wilayah tersebut, seperti perikanan, pariwisata, perhotelan dan sebagainya.
        Komoditas ekonomi yang dihasilkan dari aktivitas ekonomi masyarakat tersebut sangat bermacam-macam. Contohnya adalah di daerah dataran rendah. Komoditas yang dapat dihasilkan dari perindustrian dapat diketahui beberapa produk diantaranya baju, sepatu, makanan atau minuman kemasan, dan sebagainya. Di sinilah kegiatan ekonomi yang berupa produksi, konsumsi, dan distribusi dapat dilakukan demi berjalannya perekonomian suatu industri. Berbeda karakteristik suatu tempat, berbeda pula aktivitas ekonomi yang dijalankan.
    2. Bagaimana Pemanfaatan Lingkungan Sekitar dalam Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi?
    3. Pemanfaatan lingkungan apa yang sudah dilakukan di lingkungan tempat tinggalmu? Apakah menggunakan bahan alam untuk membuat suatu produksi? Atau memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai wisata?
      Gambar 2.5 Aktivitas perikanan di Indonesia Sumber: Majalah Laut Kita/Kementerian Kelautan dan Perikanan (2018)

      Pemanfaatan lingkungan sekitar adalah suatu bentuk kegiatan untuk menggunakan, mengambil, dan mengolah bahan atau potensi yang ada di lingkungan sekitar. Pemanfaatan ini dapat berupa barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi. Barang mentah yang biasa dimanfaatkan dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi seperti hasil pertanian seperti sayur, beras, dan sebagainya. Barang mentah tersebut akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan makanan demi menambah nilai jual.
      Wawasan
      Di zaman yang serba digital ini, kita harus dapat membaca peluang dan kesempatan. Namun, tidak boleh terlena dan harus bijak dalam mengambil setiap keputusan. Berbagai aplikasi te lah tersedia untuk dapat digunakan berjualan. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan untuk berjualan secara online. Di mana pun kalian berada dapat dijangkau dan mengjangkau dengan sangat mudah. Tanpa berkunjung, tapi dapat dibawa ke rumah dengan mudah. Namun, ada banyak hal yang harus kalian waspadai, apa saja itu?
      1. Lihatlah produk yang dijual, pastikan jika produk tersebut bukan produk terlarang.
      2. Lihatlah toko online tersebut apakah meyakinkan atau ha nya penipuan dengan melihat ulasan dan kometar pelanggan terdahulu!
      3. Pilihlah produk yang akan kalian beli. Hati-hati ketika memilih jangan sampai salah, karena barang tidak akan dapat ditukar.
      4. Hati-hatilah ketika mentransfer uang pembayaran produk, pastikan jangan sampai salah dalam menulis nomor rekening ataupun jumlah uang!

      Pemanfaatan lingkungan sekitar untuk bidang jasa dapat dilihat pemanfaatan lingkungan sebagai tempat wisata, baik wisata edukasi, wisata religi, maupun rekreasi semata. Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai tempat wisata memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar baik sebagai pengelola dan penyedia jasa lain seperti rumah singgah, rumah makan, ataupun penyewaan wahana.
      Namun dalam pemanfaatan lingkungan sekitar, ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kelestarian alam maupun lingkungan sekitar. Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan dalam memanfaatkan berbagai potensi di lingkungan sekitar:
      1. menerapkan pembangunan yang berkelanjutan dengan prinsip regenerasi
      2. mengambil segala bentuk potensi alam dengan memperhatikan analisis dampak lingkungan untuk generasi mendatang
      3. memprioritaskan kebutuhan saat ini dengan mengambil keputusan secara bijak
      Berikut adalah salah satu contoh bentuk pengelolaan alam dengan bijak menggunakan kearifan lokal yang berkembang di daerah masyarakat Dayak Iban.

      Kearifan Lokal Masyarakat Dayak Iban

      Sungai Utik dalam menjaga Hutan Masyarakat Dayak Iban di Dusun Sungai Utik, Desa Batu Lintang, Kecamatan Embaloh, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, memiliki komitmen menjaga hutan sebagai sumber penghidupan mereka. Mereka memiliki hutan adat seluas 9.453,5 hektar yang selalu dijaga kelestariannya dan juga dari ancaman korporasi. Wilayah hutan adat dibagi beberapa zona yakni permukiman, hutan lindung adat, hutan produksi, dan hutan cadangan. Masyarakat mengandalkan alam untuk hidup. Mereka berburu, menangkap ikan, dan mencari sayur.
      Sejak lama, aturan adat di Dusun Sungai Utik mensyaratkan penebangan terbatas di zona pemanfaatan. Setiap kepala keluarga tidak boleh menebang pohon lebih dari 30 batang per tahun. Sebentuk denda ditentukan jika terdapat pelanggaran, termasuk jika dilakukan desa tetangga. Masyarakat Dayak Iban menggunakan teknik berladang gilir untuk mengembalikan unsur hara tanah. Bahkan, merekamemilliki lebih dari 40 jenis padi lokal. Pembukaan lahan juga menggunakan sistem yang sudah disepakati yaitu lahan yang sudah dipakai baru bisa digunakan kembali dalam tiga tahun.

      Sumber: Aseanty Pahlevi. "Bagi Masyarakat Iban Sungai Utik, Hutan adalah Ibu". https:// www.mongabay.co.id/2019/06/24/bagi-masyarakat-iban-sungai-utik-hutan-adalah-ibu/


      Lembar Aktivitas 5 Aktivitas Kelompok
      1. Bentuklah kelompok yang beranggotakan 4 orang!
      2. Amati dan perhatikan gambar di bawah ini!
      3. Berdasarkan gambar di atas, analisislah beberapa aspek dari masingmasing tempat tersebut yang dapat digunakan sebagai kegiatan ekonomi berdasarkan dengan karakteristik wilayah tersebut!
      No Apek Pegunungan Pantai
      1 Potensi Alam
      1. Kopi
      2. ......
      3. ......
      1. ......
      2. ......
      3. ......
      1 Mata Pencaharian
      1. ......
      2. ......
      3. ......
      1. Nelayan
      2. ......
      3. ......
      1 Jenis Produksi
      1. Kopi Bubuk
      2. ......
      3. ......
      1. ......
      2. ......
      3. Garam

      Lembar Aktivitas 6 Aktivitas Individu
      1. Buatlah sebuah laporan sederhana yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup.
      2. Pilihlah salah satu tema sebagai berikut:
        1. Pengelolaan lingkungan hidup bijak dan bertanggung jawab.
        2. Pelestarian lingkungan untuk generasi mendatang.
        3. Lindungi hutan sebagai potensi negara.
      3. Tuliskan pokok pikiran dan ide yang di tulis dalam laporan tersebut!
      4. Laporan yang dibuat merupakan hasil tulisan sendiri dan tidak meniru tulisan orang lain.
      5. Laporan boleh ditulis tangan atau diketik pada kertas ukuran folio.
      6. Kumpulkan tugas kepada gurumu.
    4. Bagaimana Perdagangan Antarpulau dapat Terjadi di Indonesia?
    5. Sektor perdagangan merupakan salah satu bagian dari sistem mata rantai perekonomian suatu wilayah yang pengaruhnya sangat kuat terhadap perkembangan dan pertumbuhan wilayah secara internal dan eksternal. Kabupaten Maros merupakan zona pengembangan perikanan dan kelautan di Sulawesi Selatan. Komoditas untuk pasar lokal dan regional dalam negeri, antara lain; ikan bandeng, ternak sapi, ternak ayam petelur, buras, dan pedaging. Komoditas untuk pasaran dalam negeri yang belum banyak diusahakan atau masih memerlukan kajian mendalam, antara lain; jasa-jasa pariwisata dan pengembangan berbagai objek dan daya tarik wisata di Kabupaten Maros.

      Sumber: https://maroskab.go.id/potensi-perdagangan/


      Berdasarkan berita di atas, setiap daerah memiliki komo ditas masingmasing yang menjadi unggulan sehingga akan menyebabkan interkasi antarpulau dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Setiap wilayah akan saling berinteraksi untuk mendapatkan komoditas sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat baik berupa barang ataupun jasa. Lalu, bagaimana proses perdagangan antarpulau dapat terlaksana dengan baik?

      Gambar 2.6 Kapal Jung Jawa di Banten Sumber: Public Domain/Ludovico di Varthema/Wikimedia Commons (1610)
      Pada awal abad ke-16, di Pulau Jawa telah berkembang beberapa pusat perdagangan. Selain itu, di Indonesia bagian tengah maupun timur juga berkembang kerajaan dan pusat-pusat perdagangan. Perdagangan yang dilakukan telah meluas ke seluruh penjuru Nusantara. Alat transportasi yang digunakan pada saat itu adalah kapal sederhana. De ngan demikian perdagangan antardaerah atau antarpulau sudah dimulai sejak zaman nenek moyang kita.
      1. Pengertian Perdagangan dan Perdagangan Antardaerah/Antarpulau
      2. Perdagangan atau perniagaan merupakan kegiatan tukar menukar barang atau jasa berdasarkan kesepakatan bersama tanpa ada unsur pemaksaan. Perdagangan antardaerah atau antarpulau merupakan per dagangan yang dilakukan oleh penduduk/lembaga suatu daerah atau pulau dengan penduduk/lembaga suatu daerah atau pulau lain dalam satu batas wilayah negara atas dasar kesepakatan bersama.
      3. Tujuan Perdagangan Antarpulau
        • Memperoleh keuntungan
          Tujuan utama dilakukan perdagangan adalah untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan diperoleh dari selisih antara harga beli dan harga jual. Jika barang diproduksi sendiri, maka keuntungan diperoleh dari selisih antara harga jual dan biaya produksi.
        • Memperluas jangkauan pasar
          Perdagangan sampai ke luar daerah atau luar pulau dapat mem perluas jangkauan pasar. Jangkauan pasar yang dimaksud adalah, konsumen yang mengonsumsi barang tersebut semakin banyak dan tersebar di berbagai daerah. Misalnya produk minyak gosok tradisional dari daerah X dijual di daerah Y. Maka sekarang pengguna minyak gosok tersebut bukan hanya penduduk daerah X, akan tetapi juga penduduk daerah Y. Semakin lama, minyak gosok semakin dikenal banyak orang, sehingga pengguna minyak gosok tradisional di daerah Y pun juga meningkat.
      4. Faktor Pendorong dan Manfaat Perdagangan Antarpulau
      5. Faktor Pendorong Manfaat Perdagangan antarpulau
        • Perbedaan faktor produksi yang dimiliki Perbedaan faktor produksi antara daerah satu dan yang lain mendorong perdagangan antarpulau. Contohnya, Kalimantan sebagai daerah penghasil akan mendorong perdagangan dengan wilayah Jakarta yang minim hasil kayu untuk bahan baku industri mebel.
        • Perbedaan tingkat harga antardaerah Perbedaan tingkat harga antardaerah juga mendorong terciptanya perdagangan antardaerah. Sebagai contoh di daerah yang kaya akan buah durian, harga durian lebih murah dari daerah lain yang sedikit memiliki pohon penghasil durian. Hal ini akan mendorong adanya perdagangan antardaerah.
        • Menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan konsumen Perbedaan kandungan alam dam produk antardaerah akan menyebabkan perbedaan hasil produknya. Adanya perdagangan antardaerah atau antarpulau, konsumen dapat menikmati produk yang tidak diproduksi di tempat tinggalnya.
        • Meningkatkan produktivitas produsen Meluasnya pemasaran produk akan menyebabkan permintaan atau pemesanan produk meningkat. Hal ini akan mendorong produsen untuk meningkatkan produksi sehingga meningkatkan produktivitas produsen
        • Memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat Peningkatan jumlah barang yang diproduksi dalam jumlah besar akan menyebabkan produsen butuh tenaga kerja tambahan, sehingga akan ada lowongan kerja tambahan. Selain itu, perdagangan lintas daerah juga akan memunculkan unit-unit usaha baru seperti jasa kirim, perluasan transportasi, dsb.

      Lembar Aktivitas 7 Aktivitas Individu
      Gambar 2.7 Sumber: Majalah Laut Kita/Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2018)
      1. Perhatikan gambar di atas dengan seksama!
      2. Jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini dan tuliskan jawabanmu pada lembar yang telah disediakan!
      No Pertanyaan Jawaban
      1 Kegiatan apakah yang dilakukan oleh orang-orang pada gambar tersebut?
      2 Ceritakan proses terjadinya perdagangan antara pulau/ daerah?
      3 Apa tujuan mereka melakukan kegiatan tersebut?
      1 Apa manfaat melakukan perdagangan antar pulau/ daerah?

      Lembar Aktivitas 8 Aktivitas Kelompok
      1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-5 orang!
      2. Lengkapilah tabel di bawah ini berkaitan dengan potensi sumber daya alam yang dapat mendorong perdagangan antar pulau di wiayah Indonesia!
      3. Boleh mencari informasi dari internet atau literatur lain yang berkaitan dengan tema tersebut:
      No Pulau Potensi Sumber Daya Alam
      1 Sumatera
      2 Jawa
      3 Kalimantan
      4 Sulawesi
      5 Papua

      Lembar Aktivitas 9 Proyek
      Kalian telah mempelajari perdagangan antardaerah. Komoditas dan produk unggulan sangat diprioritaskan untuk mengembangkan perdagangan antardaerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk membantu kalian mengembangkan kreativitas dan ketrampilan kalian, maka susunlah suatu proyek bersama teman kalian.
      1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.
      2. Buatlah rencana pengembangan produk unggulan dalam sebuah usaha perdagangan.
      3. Rencana tersebut memuat:
        1. Jenis usaha atau produk apa yang akan kalian kembangkan?
        2. Bagaimana cara kalian mengembangkan produk atau usaha tersebut?
        3. Siapa target pasar yang kalian tuju?
        4. Keunggulan apa yang dapat kalian tawarkan?
        5. Keterampilan apa yang kalian butuhkan untuk mengembangkan usaha tersebut?
      4. Selain poin-poin di atas, kalian dapat mengembangkan rencana kalian sesuai dengan ide yang kalian miliki.
      5. Kalian dapat menggunakan internet, buku, maupun sumber lain untuk membantu kalian dalam mengerjakan.
      6. Susunlah hasil kerja kalian dalam bentuk laporan sederhana dengan lembar kerja yang sudah disediakan oleh guru.
      7. Presentasikan hasil diskusi kalian.

      Refleksi
      Setelah mempelajari materi “Keragaman Aktivitas Ekonomi Masyarakat” kalian telah memahami berbagai aktivitas ekonomi masyarakat yang berada di wilayah dengan karakteristik tertentu. Setiap masyarakat yang berada di wilayah tertentu memiliki keunggulan komoditas sesuai dengan potensi alamnya. Nah, apakah kalian sudah tahu apakah yang akan kalian lakukan di masa mendatang untuk meningkatkan komoditas ekonomi di daerah kalian masing-masing?
  2. Mobilitas Sosial
    1. Bagaimana Dinamika Kependudukan di Indonesia?
    2. Gambar 2.8 Sumber: CNN Indonesia (2020)

      Berdasarkan infografik tersebut, berapakah jumlah pen duduk di Indonesia? Berapa rasio antara penduduk perempuan dan laki-laki? Jumlah penduduk di Indonesia akan terus mengalami pertambahan setiap harinya dan juga mengalami pengurangan setiap harinya. Hal ini dinamakan dengan dinamika penduduk. Yuk kita simak yang dimaksud dengan dinamika penduduk.
      Dinamika penduduk adalah perubahan jumlah penduduk pada suatu wilayah yang disebabkan oleh tiga faktor yaitu kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan (migrasi). Indonesia mengalami perubahan penduduk dari tahun ke tahun.
      Jumlah penduduk dalam suatu wilayah dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut:

      P = (L – M) + (I– E)

      Keterangan:
      P = Pertambahan penduduk
      L = Jumlah kelahiran (natalitas) dalam 1 tahun
      M = Jumlah kematian (mortalitas) dalam 1 tahun
      I = Jumlah penduduk yang masuk
      E = Jumlah penduduk yang keluar (emigrasi)

      Amatilah gambar infografik berikut ini! Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat penduduk dengan peringkat ke-4 dunia setelah Amerika Serikat. Apa saja yang menyebabkan Indonesia memiliiki jumlah penduduk yang besar?
      Gambar 2.9Sumber: Kemendikbud/layangmaya(2020)

      1. Faktor yang Memengaruhi Dinamika Penduduk
        • Angka Kelahiran (Natalitas)
          Angka kelahiran (Natalitas) merupakan angka yang menunjukkan bayi yang lahir dari setiap 1000 penduduk per tahun. Angka kelahiran dapat dibagi menjadi 3 jenis:
          • Tinggi jika angka kelahiran berkisar > 30 per tahun
          • Sedang jika angka kelahiran berkisar 20-30 per tahun
          • Rendah, jika angka kelahiran berkisar < 20 per tahun.
        • Angka Kematian (Mortalitas)
          Angka kematian (Mortalitas) merupakan angka yang menunjukkan jumlah kematian dari setiap 1000 penduduk per tahun. Mortalitas dibagi menjadi 3 jenis:
          • Tinggi jika angka kematian berkisar >18 per tahun
          • Sedang jika angka kematian berkisar 14-18 per tahun
          • rendah jika angka kematian berkisar 9-13 per tahun
        • Perpindahan Penduduk (Migrasi)
          Migrasi yakni suatu perpindahan penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lainnya. Berikut adalah bentuk perpindahan penduduk yang dapat dilihat dalam infografik berikut ini
      2. Piramida Penduduk
      3. Berdasarkan umur, jenis kelamin, dan karakteristik penduduk suatu daerah atau negara, terdapat 3 jenis piramida penduduk, yaitu Piramida Penduduk Muda (ekspansif), Piramida Penduduk Dewasa (stasioner), dan Piramida Penduduk Tua (konstruktif).
        Piramida Penduduk Muda (ekspansif)
        Piramida penduduk muda menggambaran pertumbuhan penduduk pada suatu wilayah tertentu dimana angka kelahiran tinggi dan angka kematian rendah sehingga wilayah tersebut mengalami pertumbuhan penduduk yang cepat. Contohnya adalah negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, Malaysia, Filipina dan India.
        Piramida Penduduk Dewasa (stasioner)
        Piramida ini menggambarkan pertumbuhan pen duduk yang seimbang antara angka kelahiran dan angka kematian. Jenis piramida ini dapat ditemukan di negara maju seperti Amerika Serikat dan Inggris
        Piramida Penduduk Tua (konstruktif)
        Piramida ini menggambarkan pertumbuhan penduduk di suatu wilayah yang mana angka kelahiran mengalami penurunan dengan tingkat kematian yang rendah. Contoh Jerman.
      4. Komposisi Penduduk
      5. Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk berdasarkan umur, jenis kelamin, mata pencaharian, agama, bahasa, pendidikan, tempat tinggal, jenis pekerjaan, dan lain sebagainya. Komposisi penduduk dalam suatu negara dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan atau penentuan kebijaksanaan dalam pembangunan.
        1. Komposisi penduduk berdasarkan usia Komposisi penduduk berdasarkan usia dapat dibuat berdasarkan usia tunggal seperti 0, 1, 2, 3, 4, dst. Selain itu dapat juga dibuat berdasarkat interval dengan usia tertentu seperti 0-5 tahun, 6-12 tahun, 13- 15 tahun, dst. Permasalahan komposisi penduduk yang dihadapi apabila jumlah penduduk dengan usia di bawah 15 tahun dan usia di atas 65 tahun jumlah lebih besar dibandingkan usia produktif (15-65 tahun), akan menyebabkan penduduk usia produktif menanggung hidup seluruh penduduk usia non produktif.
        2. Komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin Komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin dapat digunakan untuk menghitung perbandingan jenis kelaminn (sex ratio). Perbandingan ini akan digunakan dalam memperkirakan bentuk pemberdayaan penduduk sebagai sumber daya manusia sesuai karakteristiknya
        Lembar Aktivitas 10 Aktivitas Kelompok
        1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari dua orang!
        2. Carilah artikel yang berkaitan dengan permasalahan penduduk di Indonesia di internet!
        3. Tuliskan sumber artikel yang didapatkan dan bawalah artikel tersebut untuk didiskusikan di kelas!
        4. Tuliskan hasil diskusi sesuai dengan format pada tabel di bawah ini pada kertas kerja yang sudah disediakan oleh guru!
          1. Apa permasalahan kependudukan yang muncul dalam artikel yang kalian temukan!
          2. Mengapa permasalahan kependudukan tersebut dapat terjadi?
          3. Apa yang terjadi setelah ada permasalahan kependudukan tersebut? Jelaskan!
          4. Bagaimana upaya untuk mengatasi permasalahan kependudukan tersebut?
        5. Presentasikan hasil diskusi di depan kelas!
      6. Pertumbuhan dan Kualitas Penduduk
      7. Pertumbuhan penduduk adalah keseimbangan dinamis antara ke kuatan yang menambah dan kekuatan yang mengurangi jumlah penduduk. Ada beberapa faktor yang memengaruhi jumlah penduduk yaitu kelahiran, kematian dan migrasi. Pertumbuhan penduduk yang cepat akan menyebabkan kondisi sebagai berikut:
        • Pertumbuhan penduduk usia muda yang cepat menyebabkan tingginya angka pengangguran.
        • Persebaran penduduk yang tidak merata.
        • Komposisi penduduk kurang menguntungkan karena disebabkan banyak usia muda yang kurang produktif sehingga beban ketergantungan tinggi.
        • Arus urbanisasi tinggi, banyak yang beranggapan kota lebih banyak menyediakan lapangan kerja.
        • Menurunnya kualitas dan tingkat kesejahteraan penduduk!

      Lembar Aktivitas 11 Aktivitas Individu
      1. Carilah informasi tentang data penduduk di lingkungan sekitar tempat tinggalmu yang meliputi:
        1. data jumlah penduduk
        2. angka pertumbuhan penduduk
        3. angka kelahiran dan kematian
        4. data migrasi penduduk
      2. Setelah mendapatkan data penduduk di lingkungan tempat tinggalmu, kemudian susunlah komposisi penduduk berdasarkan dengan usia dan jumlah kelamin!
      3. Bagaimana kondisi pertumbuhan penduduk yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggalmu? Deskripsikan sesuai dengan kondisi yang ada! Kemudian analisislah dinamika penduduk yang terjadi di lingkungan tempat tinggalmu baik dari jumlah penduduknya, komposisi penduduk dan kualitas penduduk!
      4. Kerjakan di lembar kertas kerja kalian masing-masing!
      5. Presentasikan di depan kelas dan mintalah masukan dari guru dan teman sekelasmu!
    3. Bagaimana Bentuk Keragaman Masyarakat Indonesia?
    4. Gambar 2.11 Sumber: (searah jarum jam): Sinta Khaerun Nisa/ Wikimedia Commons/CC-BY-4.0 (2018); Mangeded/ Wikimedia Commons/CC-BY-4. (2017); riskyrahmadanil/pixabay (2018); Antonsurya12/ Wikimedia Commons/CC-BY-4.0. (2016)
      Kamu perhatikan gambar keragaman masyarakat Indonesia. Ma syarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat religius. Beberapa agama dan kepercayaan dapat ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Beberapa suku bangsa terdapat di Indonesia memiliki khazanah budaya yang berbeda. Kondisi geografis dan sosial Indonesia juga memengaruhi berbagai kegiatan ekonomi masyarakat. Karena itu kita dapat menemukan berbagai pekerjaan masyarakat Indonesia di berbagai tempat.
      Berdasarkan pada fakta adanya beberapa, budaya, suku bangsa, dan pekerjaan masyarakat Indonesia maka dapat dikatakan masyarakat Indonesia bersifat plural. Kata plural berasal dari bahasa Inggris yang artinya "jamak", sedangkan "pluralitas" ini berarti kemajemukan. Pluralitas masyarakat Indonesia berarti sama dengan kemajemukan masyarakat Indonesia.
      Selain istilah pluralitas, kamu juga menemukan istilah lain yang berhubungan dengan keragaman yakni multikultutal. Multikultural berasal dari kata multi yang berarti banyak (lebih dari dua) dan culture artinya kebudayaan. Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang memiliki lebih dari dua kebudayaan. Masyarakat multikultural tersusun atas berbagai budaya yang menjadi sumber nilai bagi terpeliharanya kestabilan kehidupan masyarakat pendukungnya. Keragaman budaya tersebut berfungsi untuk mempertahankan dasar identitas diri dan integrasi sosial masyarakatnya.
      Lembar Aktivitas 12 Aktivitas Individu
      1. Carilah artikel yang berkaitan dengan keragaman penduduk Indonesia!
      2. Tuliskan sumber artikel yang didapatkan!
      3. Berikan pendapatmu tentang artikel tersebut yang ditulis dalam lembar kertas kerja yang telah disediakan oleh guru.
      4. Diskusikan hasil analisis dengan temanmu di kelas!

      Setelah memberikan komentar dan tanggapan artikel yang telah dibaca, kita akan memasuki materi yang berkaitan dengan keragaman masyarakat Indonesia. Berikut adalah keberagaman yang ada di Indonesia:
      1. Perbedaan Agama
      2. Apakah kamu menemukan berbagai macam agama di lingkungan tempat tinggalmu? Pernahkah kamu mengamati pemeluk agama lain yang sedang melaksanakan upacara keagamaan? Tentu kamu banyak menemukan banyak perbedaan dalam melaksanakan upacara keagamaan pada agama yang berbeda. Kamu mungkin merasa asing dengan upacara persembahyangan agama yang berbeda dengan agama yang kita peluk. Hal ini cukup wajar, karena setiap agama memiliki tuntunan dalam melaksanakan persembahyangan atau upacara keagamaan.
        Apakah kita diperbolehkan mengikuti upacara persembahyangan agama yang berbeda dengan kita? Tentu saja tidak diperbolehkan. Setiap agama memiliki tuntunan cara persembahyangan yang berbeda. Namun demikian, kita perlu mengetahui bagaimana setiap umat beragama memiliki tempat ibadah dan melaksanakan kegiatan upacara keagamaan atau persembahyangan.
        Mengapa kita perlu memahami berbagai kegiatan ibadah agama selain yang kita anut? Hal ini sangat penting agar kita dalam berhubungan antar umat beragama saling memahami dan menghargai atau bertoleransi. Sebagai contoh ketika umat Islam melaksanakan salat Idulfitri di lapangan, umat beragama lain perlu memahami bahwa kegiatan di lapangan tersebut merupakan upacara keagamaan/persembahyangan. Tentu saja selain pemeluk agama Islam tidak boleh melaksanakan kegiatan salat Idulfitri. Namun demikian, kita dapat membantu pemeluk agama lain dalam menjaga kenyamanan dan keamanan dalam beribadah.
        Lembar Aktivitas 12 Aktivitas Individu
        Tuliskan bentuk toleransi antarumat bearagama di lingkungan sekolah, lingkungan tempat tinggalmu dan lingkungan masyarakat!
        Lingkungan Sekolah Lingkungan tempat tinggal Lingkungan Masyarakat
        1. .......
        2. .......
        3. .......
        4. dst
        1. .......
        2. .......
        3. .......
        4. dst
        1. .......
        2. .......
        3. .......
        4. dst
      3. Perbedaan Budaya
      4. Seorang ahli budaya Indonesia bernama Soekmono mendefinisikan budaya adalah hasil kerja atau usaha manusia yang berupa benda maupun hasil buah pemikiran manusia dimasa hidupnya. Budaya merupakan salah satu bentuk hasil manusia yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Manusia selalu menghasilkan budaya karena manusia dikaruniai akal fikir yang dapat digunakan untuk memperbaiki taraf hidup manusia.
        Wawasan
        Menurut J.J. Hoenigman, sosiolog, terdapat tiga wujud budaya yaitu gagasan, tindakan, dan karya.
        1. Gagasan (Wujud ideal) Wujud ideal kebudayaan merupakan kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak atau tidak nyata; tidak dapat diraba atau disentuh. Contohnya adalah buku, karangan, dan sebagainya.
        2. Aktivitas (tindakan) Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu juga disebut dengan sistem sosial. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati, dan didokumentasikan.
        3. Artefak (karya) Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling nyata di antara ketiga wujud kebudayaan.

        Hal inilah yang membedakan hewan dan manusia. Hewan cenderung bersifat statis (menetap), sedangkan manusia selalu berubah (dinamis). Sebagai contoh kamu dapat membedakan rumah burung dan rumah manusia. Di manapun burung pipit akan membuat sarang yang bentuknya sama. Kamu bandingkan dengan rumah manusia di berbagai daerah di Indonesia.
      5. Perbedaan suku bangsa
      6. Bangsa Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa. Suku Jawa adalah kelompok suku terbesar di Indonesia dengan jumlah mencapai 41% dari total populasi. Sebagian besar suku Jawa tinggal di pulau Jawa terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur, akan tetapi jutaan jiwa telah bertransmigrasi dan tersebar ke berbagai pulau di Nusantara bahkan bermigrasi ke luar negeri. Suku Sunda, suku Melayu, dan suku Madura adalah kelompok terbesar berikutnya di negara ini.
      7. Perbedaan pekerjaan
      8. Pekerjaan merupakan salah satu bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. Pada saat ini kamu dapat menemukan berbagai jenis pekerjaan pada sektor formal dan nonformal. Pekerjaan sektor formal adalah berbagai pekerjaan yang dijalankan oleh pelaku usaha resmi baik pemerintah maupun swasta. Para karyawan perusahaan, pegawai kantor bank, pegawai pemerintah, guru, merupakan contoh pekerjaan pada sektor formal. Jenis pekerjaan formal memberikana konsekuensi kepada individu bahwa harus terikat secara langsung oleh sistem yang berlaku. Dengan demikian mereka bekerja penuh dengan aturan yang mengikat.
        Kondisi tersebut berbeda dengan para pekerja seperti pemilik bengkel, petani, penjual di pasar, dan pelaku usaha mandiri lainnya. Para pelaku wirausaha terikat oleh dirinya sendiri. Sebagai contoh seorang pedagang bakso keliling, pekerjaannya sangat tergantung pada pedagang tersebut. Apabila ingin libur, ia dapat libur sewaktu-waktu. Hal ini berbeda dengan orang yang bekerja sebagai karyawan perusahaan atau lembaga pemerintah.
        Perbedaan pekerjaan yang dimiliki masyarakat menandakan perbedaan kebutuhan yang dimiliki. Keberadaan guru, tentara, penjual buah, tukang batu, dan sebagainya menunjukkan rantai kehidupan manusia tersusun saling kait dan membutuhkan. Semua pekerjaan adalah mulia, selama pekerjaan tersebut bermanfaat kepada diri dan orang lain serta tidak merugikan orang lain. Guru, polisi, dokter, petani, dan tukang pijat samasama pekerjaan mulia. Tidak ada yang lebih rendah dari semua pekerjaan tersebut. Semua profesi tersebut saling membutuhkan. Tanpa guru tidak akan ada polisi dan dokter. Tanpa petani tukang pijat dan polisi dapat kelaparan, demikian seterusnya.
      9. Manfaat keberagaman
      10. Keberagaman budaya memberikan manfaat besar bagi bangsa kita. Misalnya dalam bidang bahasa, kebudayaan daerah yang berwujud dalam bahasa daerah dapat memperkaya perbendaharaan istilah dalam bahasa Indonesia. Kosakata dalam bahasa Indonesia berbeda dengan kosakata di Malaysia. Malaysia tidak memiliki bahasa sebanyak bangsa Indonesia. Bahasa dominan di Malaysia adalah Melayu yang kemudian menyerap bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, dan bahasa Cina. Dalam bahasa Indonesia kamu dapat menemukan berbagai istilah yang diserap dari berbagai bahasa daerah.
        Potensi keberagaman budaya dapat dijadikan objek dan tujuan pariwisata di Indonesia yang dapat mendatangkan devisa. Pemikiran yang timbul dari sumber daya manusia di masing-masing daerah dapat pula dijadikan acuan bagi pembangunan nasional.
      Lembar Aktivitas 14 Aktivitas Individu
      Identifikasikan keragaman masyarakat Indonesia dalam tabel berikut ini!
      Nama Suku Bangsa Keragaman Budaya Keragaman Jenis Pekerjaan
      Jawa ............ ............
      Sunda ............ ............
      ............ ............ ............
      ............ ............ ............
      dst ............ ............
      Keragaman agama dan aliran kepercayaan di Indonesia
      Agama/Kepercayaan Hari Besar Tradisi
      Islam ............ ............
      Kristen Protestan ............ ............
      Katholik ............ ............
      Hindu ............ ............
      Budha ............ ............
      Kepercayaan ............ ............

      Peran dan fungsi keragaman budaya dalam pembangunan nasional adalah sebagai berikut:
      1. Sebagai daya tarik bangsa asing
      2. Mengembangkan kebudayaan nasional
      3. Tertanamnya sikap toleransi
      4. Saling melengkapi hasil budaya
      5. Mendorong inovasi kebudayaan
      Wawasan
      Dalam rangka mempersatukan penduduk Indonesia yang ber aneka warna, menurut Koentjaraningrat (1982:345-346) terdapat empat masalah pokok yang dihadapi, yaitu
      1. mempersatukan aneka-warna suku-bangsa,
      2. hubungan antarumat beragama,
      3. hubungan mayoritas-minoritas dan
      4. integrasi kebudayaan di Irian Jaya dengan kebudayaan Indonesia.
      Di antara sekitar 210 juta orang penduduk Indonesia dewasa ini (tahun 1982), sulit untuk diketahui secara pasti distribusi jumlah dari masing-masing suku-bangsa.
      Gambar

      Lembar Aktivitas 15 Aktivitas Individu
      1. Buatlah sebuah poster atau infografik dengan tema “Keberagaman Indonesia”!
      2. Poster ataupun infografik dapat dikembangkan dengan cara konvensional ataupun digital!
      3. Berisikan pesan-pesan yang tidak bersinggungan dengan unsur SARA!
      4. Gambar poster ataupun infografik dalam kertas ukuran A3.
      5. Presentasikan di depan kelas maksud dari poster atau infografik yang dibuat!
    5. Bagaimana Proses Mobilitas Sosial di Indonesia?
    6. Kasus Korupsi, Tiga Pejabat PUPR Divonis Kurungan Penjara

      Jakarta, CNN Indonesia—Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi menjatuhi vonis kurungan penjara kepada tiga pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait kasus suap kelancaran pembangunan sejumlah proyek. Ketiganya divonis berbeda-beda.
      “Mengadili, menyatakan para terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut,” kata Ketua Majelis Hakim Rosmina saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (7/8). Mereka yang divonis penjara antara lain Kepala Satuan Kerja SPAM Darurat Permukiman Pusat Teuku Mochamad Nazar. Dia dipidana 6 tahun penjara. Ditambah denda sebesar Rp250 juta subsider 2 bulan kurungan.
      Hakim mengatakan Teuku menerima suap sebesar sebesar Rp6,711 miliar dan US$33 ribu serta Meina Rp1,420 miliar dan SGD23 ribu. Sementara Donny terbukti menerima suap Rp820 juta.

      Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190807190809-12-419305/kasuskorupsi- tiga-pejabat-pupr-divonis-kurungan-penjara

      Berdasarkan cuplikan berita di atas, apa tanggapan kalian tentang kasus korupsi tersebut? Apakah kasus korupsi tersebut memengaruhi kehidupan mereka? Apakah menjadi lebih baik atau akan merugikan hidup mereka? Kehidupan setiap orang akan berubah sesuai dengan apa yang telah mereka usahakan. Setiap tindakan yang dilakukan akan berdampak pada ada yang mereka panen di masa depan. Hal ini sangat erat kaitannya dengan mobilitas sosial masyarakat.
      1. Pengertian Mobilitas Sosial
      2. Mobilitas berasal dari bahasa latin mobilis yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Kata sosial yang ada pada istilah tersebut mengandung makna gerak yang melibatkan seseorang atau sekelompok warga dalam kelompok sosial. Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan satu ke lapisan yang lain. Seseorang yang mengalami perubahan kedudukan (status) sosial dari suatu lapisan ke lapisan lain, baik menjadi lebih tinggi maupun menjadi lebih rendah dari sebelumnya atau hanya berpindah peran tanpa mengalami perubahan kedudukan, merupakan mobilitas sosial. Beberapa contoh lain mobilitas sosial dalam kehidupan masyarakat kita misalnya, seorang pensiunan pegawai rendahan salah satu departemen beralih menjadi seorang pengusaha dan berhasil dengan gemilang. Seorang anak pengusaha ingin mengikuti jejak ayahnya yang berhasil, lalu melakukan membuka usaha lain. Namun, ia gagal dan akhirnya jatuh miskin. Dengan demikian mobilitas sosial tidak hanya terjadi pada perubahan sesorang yang mengalami kenaikan, tetapi juga penurunan.
      3. Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial
      4. Kamu telah mempelajari pengertian mobilitas sosial dan menemukan berbagai contoh mobilitas sosial yang terjadi di lingkungan tempat tinggalmu. Untuk memperdalam pemahamanmu tentang mobilitas sosial, kamu dapat mempelajari berbagai bentuk mobilitas sosial. Berdasarkan bentuknya, mobilitas sosial dibedakan atas mobilitas sosial vertikal dan mobilitas sosial horizontal. Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan seseorang atau kelompok dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lain yang tidak sederajat, baik pindah ke tingkat yang lebih tinggi (social climbing) maupun turun ke tingkat lebih rendah (social sinking).
        Mobilitas vertikal ke atas (Social Climbing)
        Sosial climbing adalah mobilitas yang terjadi karena peningkatan status atau kedudukan seseorang. Naiknya orang-orang berstatus sosial rendah ke status sosial yang lebih tinggi. Seorang karyawan yang karena prestasinya dinilai baik kemudian berhasil menduduki sebagai kepala bagian, manajer, bahkan direktur suatu perusahaan. Bentuk social climbing lain misalnya terbentuknya suatu kelompok baru yang lebih tinggi daripada lapisan sosial yang sudah ada.
        Mobilitas vertikal ke bawah (Social sinking) Social sinking merupakan proses pe nurunan status atau kedudukan seseorang. Proses social sinking sering kali menimbulkan gejolak kejiwaan bagi seseorang karena ada perubahan pada hak dan kewajibannya.
        Mobilitas horizontal Mobilitas horizontal adalah perpindahan sta tus sosial seseorang atau sekelompok orang dalam lapisan sosial yang sama. Mo bilitas horizontal merupakan peralihan in dividu atau objek-objek sosial lainnya dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat. Dalam mobilitas hori zontal tidak terjadi perubahan dalam derajat kedudukan seseorang.
        Gambar 2.13 Contoh mobilitas horisontal. Sumber: Kemendikbud/layangmaya (2020)

        Lembar Aktivitas 16 Aktivitas Individu
        1. Perhatikan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu!
        2. Carilah contoh terjadinya mobilitas horizontal, mobilitas vertikal (social climbing dan social sinking)!
        3. Tuliskan hasilmu ke dalam tabel seperti di bawah ini!
        Mobilitas horizontal Mobilitas vertikal (social climbing) Mobilitas vertikal (social sinking)
        1. .........
        2. .........
        3. .........
        4. .........
        5. .........
        1. .........
        2. .........
        3. .........
        4. .........
        5. .........
        1. .........
        2. .........
        3. .........
        4. .........
        5. .........

        Simaklah infografik berikut ini untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial:
        Setelah melihat infografik di atas, carilah informasi melalui internet dan sumber lainnya secara lengkap mengenai faktor-faktor yang mendorong dan menghambat mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat. Mintalah bantuan dan bimbingan gurumu untuk mencari informasi tersebut!
      5. Saluran- Saluran Mobilitas Sosial
      6. Mobilitas sosial dapat dilakukan melalui beberapa saluran yang dapat mengubah status seseorang. Berikut ini merupakan contoh saluransaluran mobilitas sosial:
        • Pendidikan
          Pendidikan merupakan saluran untuk mobilitas vertikal yang sering digunakan, karena melalui pendidikan orang dapat mengubah statusnya. Lembaga-lembaga pendidikan pada umumnya merupakan saluran yang konkret dari mobilitas vertikal ke atas, bahkan dianggap sebagai social elevator (perangkat) yang bergerak dari kedudukan yang rendah ke kedudukan yang lebih tinggi. Pendidikan memberikan kesempatan pada setiap orang untuk mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi.
        • Organisasi Politik
          Banyak contoh orang yang meniti perjuangan karir di organisasi politik dari tingkat rendah sampai tingkat tinggi. Organisasi politik memungkinkan seseorang untuk meningkatkan status dalam kehidupanya.
        • Gambar 2.14 Daftar partai politik peserta Pemilu 2019 Sumber: kpu.go.id (2019)
        • Organisasi Ekonomi
          Organisasi yang bergerak dalam bidang perusahan maupun jasa umumnya memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi seseorang untuk mencapai mobilitas vertikal. Organisasi ekonomi misalnya koperasi dan badan usaha. Kamu tentu memiliki koperasi di sekolahmu. Apa tujuan didirikan organisasi koperasi? Tentu untuk menyejahterakan anggotanya. Karena itu koperasi akan melayani kebutuhan anggotanya. Apabila koperasi sekolah, tentu akan mengutamakan pelayanan terhadap para peserta didik. Demikian halnya dengan koperasi pasar, petani, nelayan, dan sebagainya. Melalui organisasi koperasi kesejahteraan anggota dapat diperjuangkan. Keberhasilan perjuangan koperasi berarti juga keberhasilan perjuangan anggota-anggotanya.
        • Organisasi Profesi
          Organisasi profesi lainnya yang dapat dijadikan sebagai saluran mobilitas vertikal, contohnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), dan organisasi profesi lainnya. Kamu dapat menemukan berbagai organisasi profesi yang ada di Indonesia. Bagaimana organisasi profesi dapat menjadi sarana saluran mobilitas vertikal? Karena organisasi profesi merupakan himpunan orang-orang yang memiliki profesi sama, sehingga mereka akan lebih kuat untuk memperjuangkan profesinya. Sebagai contoh organisasi profesi guru. PGRI merupakan salah satu sarana perjuangan para guru dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan guru. Selain memperjuangkan pendidikan di Indonesia, PGRI juga memperjuangkan peningkatan kesejahteraan guru. Perjuangan PGRI tentu diperhatikan oleh pemerintah Indonesia, sehingga kesejahteraan guru di Indonesia terus mengalami peningkatan. Gambar
        Lembar Aktivitas 17 Aktivitas Individu
        Identifikasikan contoh nyata dari masing-masing saluran mobilitas sosial dari sebuah perjalanan seseorang untuk mencapai sebuah kesuksesan melalui berbagai saluran-saluran tersebut! Tuliskan contohcontoh tersebut ke dalam tabel di bawah ini!
        No Saluran mobilitas) Contoh nyata
        1 Organisasi politik
        2 Organisasi profesi
        3 Organisasi ekonomi
        4 Pendidikan
      7. Dampak Mobilitas Sosial
      8. Bagaimana dampak positif terjadinya mobilitas sosial? Berikut ini beberapa dampak positif terjadinya mobilitas sosial.
        • Mendorong Seseorang untuk lebih maju
          Terbukanya kesempatan untuk pindah dari strata ke strata yang lain menimbulkan motivasi yang tinggi pada diri seseorang untuk maju dalam berprestasi agar memperoleh status yang lebih tinggi.
        • Mempercepat Tingkat Perubahan Sosial
          Mobilitas sosial akan lebih mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik. Contoh: Indonesia yang sedang mengalami perubahan dari masyarakat agraris ke masyarakat industri. Perubahan ini akan lebih cepat terjadi jika didukung oleh sumber daya yang memiliki kualitas. Kondisi ini perlu didukung dengan peningkatan dalam bidang pendidikan.
        • Meningkatkan Integrasi Sosial
          Terjadi nya mobilitas sosial dalam suatu masyarakat dapat meningkatkan integrasi sosial. Misalnya, ia akan menyesuaikan diri dengan gaya hidup, nilai, dan norma yang dianut oleh kelompok orang dengan status sosial yang baru.
        Lembar Aktivitas 18 Aktivitas Kelompok
        1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang!
        2. Carilah buku biografi tokoh nasional ataupun internasional di perpustakaan sekolahmu!
        3. Bacalah buku tersebut, kemudian tuliskan informasi-informasi di bawah ini dalam kertas yang sudah disediakan!
          1. Biografi siapa yang sudah dibaca?
          2. Bagaimana proses tokoh tersebut menuju kesuksesan?
          3. Jelaskan secara singkat perjalanan tokoh tersebut, apakah selalu berhasil atau pernah mengalami kegagalan!
          4. Bagaimana hambatan dan tantangan yang dihadapi tokoh tersebut sehingga mencapai kesuksesan?
        4. Susunlah hasil tulisanmu ke dalam power point untuk dipresentasikan di depan kelas!

    Cerita Inspiratif

    Mengenal Alwi, Bocah Viral karena Suara Merdu dan Ekspresi Lucu

    KOMPAS.com—Alwiansyah adalah bocah yang menjadi viral karena video menyanyi dengan ekspresi penuh penghayatan. Alwi yang berasal dari Amamotu, Sulawesi Tenggara ini kini tinggal bersama mantan drummer Kotak, Posan Tobing. Posan Tobing mengatakan bakal membantu Alwi terjun di industri musik dan hiburan Tanah Air. “Dari ceritanya saya kepingin lebih lagi mengorbitkan Alwi. Semoga masyarakat semuanya dapat menerima karya-karyanya Alwi, biar cita-citanya Alwi kesampaian,” ucap Posan Tobing seperti dikutip Kompas.com dari YouTube Warkop Jurnalis berjudul "Rawat Alwi Bocah Viral."
    Alwi dari keluarga sederhana.
    Alwi terlahir dari keluarga biasa dan baru saja masuk kelas 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Biasanya, sepulang sekolah ia akan naik gunung untuk membantu orangtuanya memetik cengkeh. Hanya saja, lahan yang mereka gunakan itu sebenarnya bukan milik mereka sendiri, tapi milik orang lain. “Melihat orangtuanya, Alwi cerita dapat dibilang masih lumayan berkekurangan,” kata Posan Tobing. Bahkan, ponsel yang digunakan Alwi untuk mengunggah videonya juga merupakan satu ponsel untuk satu keluarga. Hal itu juga diketahui Posan secara tidak sengaja ketika mengirim pesan lewat DM (Direct Message) Instagram.
    Cita-cita Alwi setelah jadi artis
    Ketika menginjakkan kaki di kota Jakarta dan meninggalkan kampung halamannya, Alwi bermimpi untuk membahagiakan orangtuanya. “Mau kasih umrah orangtua, beli kasur empuk,” kata Alwi dikutip dari YouTube Starpro Indonesia, Jumat (21/8/2020). Posan kemudian bercerita tentang impian sederhana Alwi. Di video YouTube yang berjudul “Ingin Umrohkan Orangtua, Alwiansyah, Bocah Viral Siap Diorbitkan Posan Tobing” itu Alwi juga bermimpi dapat merenovasi rumahnya, membelikan orangtuanya motor atau mobil. “Dari ceritanya saya kepengin lebih lagi mengorbitkan Alwi. Semoga masyarakat semuanya dapat menerima karya-karyanya Alwi, biar cita-citanya Alwi kesampaian,” ucap Posan Tobing.

    Sumber: Kompas.com berjudul “Mengenal Alwi, Bocah Viral karena Suara Merdu dan Ekspresi Lucu”. Penulis Ira Gita Natalia Sembiring | Editor Kistyarini JAKARTA

    Berdasarkan dengan cerita di atas apakah tanggapan yang dapat kalian berikan?
    1. Mengapa anak tersebut viral?
    2. Bagaimana usaha yang dilakukan oleh anak tersebut dalam meraih semua kesuksesan?
    3. Bagaimana peranan media sebagai saluran mobilitas sosial untuk mencapai kesuksesan?
    4. Apa pelajaran/inspirasi yang kamu temukan dari cerita di atas?

    Refleksi
    Setelah mempelajari materi mobilitas sosial, apa saja yang sudah kalian dapat? Mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat berhubungan erat dengan dinamika penduduk masyarakat. Dinamika penduduk masyarakat yang dapat berubah baik secara kuantitas dan kualitas tidak terlepas dari perubahan masyarakat dalam segala bidang: sosial, budaya, politik, dan ekonomi. Kalian sebagai peserta didik harus memiliki cita-cita yang tinggi demi terwujudnya generasi yang berkualitas. Bagaimana kontribusi yang dapat kalian sumbangkan untuk negara tercinta Indonesia?
  3. Interaksi Budaya pada Masa Kerajaan Islam
    1. Bagaimana Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia?
    2. Gambar 2.16 Jalur perdagangan dan pelayaran Asia Sumber: Belsky/Wikimedia Commons/CC-BY-3.0 (2012)
      Amatilah gambar peta perdagangan dan pelayaran Asia di atas! Pelayaran dari Asia Barat sampai Asia Timur melewati Asia Tenggara telah ramai sejak sebelum kelahiran agama Islam. Perdagangan melalui pelayaran tidak hanya berdampak pada bidang ekonomi, tetapi juga bidang-bidang lainnya. Para musafir tidak hanya berniat untuk melakukan perdagangan dalam pelayaran tersebut. Sebagian dari mereka adalah para penuntut ilmu dan penyebar agama. Termasuk salah satunya adalah para musafir yang menyebarkan agama Islam. Bahkan tidak sedikit para pedagang sekaligus sebagai penyebar agama Islam.
      Untuk lebih memahami carilah informasi dengan mengerjakan lembar aktivitas kelompok berikut ini!
      Lembar Aktivitas 19 Aktivitas Kelompok
      1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang!
      2. Carilah informasi yang berkaitan dengan kedatangan Islam ke Indonesia di buku, internet, ataupun literatur lainnya!
      3. Buatlah infografik tentang kedatangan Islam ke Indonesia yang berkaitan dengan:
        1. waktu kedatangan
        2. asal Islam masuk ke Indonesia
      4. Infografik berisikan dengan informasi yang jelas dan singkat!
      5. Infografik dapat ditulis secara konvensional dan digital sesuai kesepakatan kelompok!
      6. Infografik tidak diperkenankan meniru dari sumber lain, tetapi diperbolehkan jika mencari referensi.
      7. Infografik disajikan atau di cetak ke di kertas manila atau kertas asturo.
      8. Presentasikan di depan kelas dan kumpulkan ke guru.

    3. Bagaimana Cara Penyebaran Agama Islam di Indonesia?
    4. Walisongo sangat berperan dalam proses penyebaran Islam di Tanah Jawa. Penyebaran agama Islam di Tanah Jawa dilakukan dengan menyesuaikan kebiasaan masing-masing masyarakat yang berada di wilayah tersebut. Walisongo banyak mendirikan pondok pesantren sebagai tempat untuk menimba ilmu agama sekaligus pusat penyebaran agama Islam. Selain melalui pendidikan, mereka juga menggunakan kesenian dengan tembang seperti macapat, dan tradisi lainnya. Berikut proses dan cara masuknya agama Islam di Indonesia.
      Gambar 2.17. Mengenal Wali Songo. Sumber: Septian Agam dan RM Ksatria Bhumi Persada/Indonesiabaik.id (2019)

      Penerima agama Islam di Indonesia sangatlah beragam baik dari kalangan bangsawan maupun kalangan rakyat jelata. Mulai dari para pedagang di kota kota di sekitar daerah daerah pelabuhan, para bangsawan atau raja di daerah daerah pesisir, hingga para rakyat jelata. Mengapa agama yang baru datang tersebut cepat memperoleh pemeluk di Indonesia? Daya tarik untuk memeluk agama Islam antara lain sebagai berikut:
      1. Syarat untuk masuk agama Islam sangat mudah, yaitu hanya dengan mengucap dua kalimat syahadat yang berisi pengakuan tidak ada tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah.
      2. Upacara-upacara dalam agama Islam sangat sederhana.
      3. Adanya faktor politik yang ikut memperlancar penyebaran Islam di Indonesia yaitu masa keruntuhan kerajaan Majapahit dan kerajaan Sriwijaya.
      4. Agama Islam tidak mengenal sistem kasta dan menganggap semua manusia mempunyai kedudukan yang sama di hadapan Allah.
      5. Proses penyebaran agama Islam di Indonesia dilakukan secara damai tanpa kekerasan melalui pendekatan budaya yang disesuaikan dengan adat dan tradisi bangsa Indonesia.
      Adapun jalur yang digunakan dalam penyebaran agama Islam di Indonesia adalah sebagai berikut:
      Gambar 2.18 Sumber: (kiri ke kanan) KITLV/CC-public domain (1890); tropenmuseum/CC-BU-3.0 (2009); A.Van Pers/tropenmuseum (1854); Buhadram/Wikimedia Commons/CC-BY-4.0 (2008); Michael Gunther/ Wikimedia Commons/CC-BY-4.0 (2008)

      Setelah melihat infografik tersebut, carilah informasi (baik dari internet, buku, dan sumber lain) yang berkaitan dengan jalur penyebaran Islam di Indonesia. Tulislah dalam buku catatanmu.
      Lembar Aktivitas 20 Aktivitas Kelompok
      1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang!
      2. Diskusikan pembahasan materi tentang cara penyebaran Islam di Indonesia bersama dengan kelompokmu
      3. Setelah didiskusikan, susunlah kliping tentang cara penyebaran Islam di Indonesia yang dengan tema sebagai berikut
        1. pendidikan
        2. perdagangan
        3. perkawinan
        4. dakwah
        5. kesenian.
      4. Tema ditentukan secara acak oleh guru, sehingga setiap kelompok akan memiliki tema yang berbeda
      5. Carilah informasi dengan menggunakan berbagai sumber seperti buku, ensiklopedia, internet dan sumber lainnya!
      6. Kliping berisikan dengan gambar dan penjelasannya menggunakan bahasa sendiri, tidak boleh menyalin dari internet.
      7. Kumpulkan kliping kepada guru kalian!

    5. Bagaimana Bentuk Interaksi Budaya Pengaruh Islam di Indonesia?
    6. Fakta Akulturasi Bangunan Masjid Agung Demak

      Sejak kerajaan Islam tumbuh hampir semua bangunan masjid berada di barat alun-alun pusat kota dan bangunan keraton berada bagian selatan. Sedangkan kegiatan ekonomi berupa pasar biasanya terletak di bagian utara ataupun bagian timur laut alun-alun. Hal ini juga ada perbedaan dengan yang ada di wilayah Sumatra, dimana keraton biasnya menghadap ke sungai dikarenakan sungai merupakan jalur transportasi dan jalur kegiatan. Tahun pendirian masjid jika dilihat pada candrasengkala yang berada di mihrab menunjukkan bahwa masjid didirikan pada 1479 M. Hal ini didapat ketika melihat gambar kura-kura yang dapat diartikan dengan angka, mulai dari kepala 1, kaki angka 4, perutnya angka 0, dan ekor menunjukan angka 1, sehingga seluruhnya menunjukan angka 1401 Saka. Ketika menghitung tahun menjadi Masehi tingggal ditambahkan 78. Bentuk bangunan Masjid
      Gambar 2.19 Sumber: Kemendikbud/ cagarbudaya.kemdikbud.go.id (2019)
      Agung Demak berbentuk Hindu-Jawa dengan atap bersusun tiga yang melambangkan Iman, Islam, dan Ihsan. Kemudian pintu masjid berjumlah lima melambangkan rukun Islam. Sedangkan jendela yang berjumlah enam melambangkan rukun iman. Di depan atau sekitar masjid terdapat kolam.

      Sumber:https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/masjid-agung-demaksebagai- warisan-cagar-budaya-Islam/

      1. Perubahan Masyarakat Masa Islam dalam Aspek Geografi
      2. Pada masa perkembangan Islam di Indonesia, kondisi geografis Indonesia semakin banyak mengalami perubahan. Pertumbuhan kerajaan pada masa Hindu-Buddha seiring dengan percepatan pertumbuhan dan persebaran penduduk di seluruh Nusantara. Kondisi Nusantara juga semakin ramai oleh berbagai aktivitas pelayaran dunia.
        • Indonesia sebagai Silang Lalu Lintas dunia Perhatikan peta pada Gambar 2.16! Peta tersebut meng gambarkan jalur pelayaran Cheng Ho (Laksamana Muslim dari Chin) pada masa perkembangan Islam sekitar abad XV. Rute tersebut menggambarkan hubungan sangat dekat antara berbagai kawasan pada masa perkembangan Islam. Pelayaran tersebut menggambarkan bahwa hubungan antar bangsa pada masa Islam bukan sekedar untuk kegiatan perdagangan, melainkan juga untuk kepentingan politik, propaganda, dan ilmu pengetahuan.
        • Pertumbuhan Kota-Kota Pesisir Pada masa perkembangan Islam, kota-kota kerajaan yang tumbuh pada masa Hindu-Buddha tetap berkembang. Akan tetapi, pada masa Islam kota-kota yang tumbuh dengan pesat adalah kota-kota pesisir atau pinggir pantai. Perhatikan peta berikut ini!
        • Gambar 2.20 Peta penyebaran Islam di Nusantara. Sebagian besar pusat kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia berada di tepi pantai.
          Sumber: Kemendikbud/layangmaya (2020)
        • Pertumbuhan Jumlah Penduduk Pertumbuhan penduduk yang cepat pada masa Islam bukan hanya disebabkan oleh angka kelahiran dan kematian, melainkan juga terjadinya migrasi. Perpindahan pendudukn dari luar negeri maupun ke luar negeri terjadi pada masa Islam. Hal ini tidak lepas dari peranan perdagangan, penyebaran agama Islam, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Semakin banyak pusat-pusat pemukiman bangsa asing terutama Arab dan China.
        • Pemanfaatan lahan Hubungan dengan luar negeri yang semakin pesat mendorong pertumbuhan kota-kota pantai di berbagai wilayah Indonesia. Kamu dapat mengamati pusat-pusat perkembangan kerajaan Islam di Indonesia, sebagian besar di pesisir pantai. Pertumbuhan kota-kota di pesisir pantai tersebut mendorong terjadinya pergeseran pemanfaatan lahan yang semakin luas. Perumahan dan tempat usaha membutuhkan lahan untuk hunian. Pertumbuhan penduduk yang cepat mendorong manusia membuka hutan-hutan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Lahan-lahan tersebut digunakan untuk tempat tinggal maupun sebagai tempat produksi.
        • Migrasi Migrasi yang terjadi semenjak masa praaksara dan Hindu-Buddha terus berlanjut pada masa kerajaan Islam di Indonesia. Semakin banyak masyarakat dunia yang datang di Indonesia seperti dari Asia Timur, Asia Barat, bahkan Eropa.
      3. Perubahan Masyarakat Masa Islam dalam Bidang Ekonomi
      4. Kegiatan perekonomian pada masa Hindu-Buddha tetap berlangsung sampai dengan masa pengaruh Islam. Dalam berbagai hal tidak nampak perubahan signifikan dalam kegiatan pertanian. Dalam perdagangan, terjadi perubahan besar dalam berbagai kegiatan impor dan ekspor. Bukan hanya barang dagangan yang diperjual belikan, melainkan juga alat tukar yang digunakan untuk jual beli. Mata uang mulai banyak digunakan di berbagai transaksi perdagangan masa tersebut.
        Perhatikan gambar mata uang Kerajaan Aceh berikut! Keberadaan mata uang pada masa kerajaan Islam menunjukkan kemajuan dalam sistem perdagangan di Indonesia. Apabila pada masa Hindu-Buddha telah dikenal uang emas berupa koin, pada masa Kerajaan Islam telah dikenal mata uang seperti dirham, dinar, dan berbagai mata uang kerajaan lainnya.
        • Kegiatan Produksi Kegiatan produksi di berbagai sektor pada masa Hindu-Buddha tetap berlangsung dan terus berkembang. Sebagai contoh kegiatan pertanian, semakin luas lahan pertanian yang dibuka pada masa perkembangan Islam. Hal ini tidak lepas dari pengaruh perkembangan kerajaankerajaan di berbagai daerah dan pertumbuhan penduduk pada masa tersebut.
        • Kegiatan Konsumsi Kegiatan ekspor impor semakin maju pada masa perkembangan Islam di Indonesia. Perkembangan perdagangan dunia yang kian ramai menyebabkan semakin banyaknya barang-barang luar negeri yang masuk ke Indonesia. Sebagai contoh barang-barang keramik dari Cina menjadi barang mewah pada masa tersebut. Demikian halnya banyak pedagang Arab membawa masuk barang-barang kerajinan tenun.
        • Kegiatan Distribusi Kegiatan ekspor impor barang-barang sudah menyentuh daerah Afrika dan Eropa. Hal ini tidak lepas dari pedagang perantara di Laut Tengah yang masa perkembangan Islam dikuasai oleh para pedagang Islam. Dengan demikian barang-barang dari Indonesia telah jauh sampai mancanegara. Rempah-rempah merupakan ekspor utama bangsa Indonesia pada masa tersebut. Pada masa perkembangan Islam di Indonesia, pesisir pantai menjadi pusat berbagai kegiatan ekonomi. Ini tidak lepas dengan peran pesisir sebagai terminal utama transportasi utama antarpulau pada masa tersebut yakni perahu/kapal.
        Sarana transportasi air menjadi media utama dalam kegiatan distribusi. Perahu-perahu dapat masuk ke sungai dan mencapai daerah pedalaman. Oleh karena itu, muara sungai menjadi peran penting dalam kegiatan ekonomi. Tidak heran apabila kemudian kerajaankerajaan Islam tumbuh di daerah pesisir seperti Demak, Cirebon, Banten, Makassar, Aceh, dan sebagainya.
        Seiring perkembangan kerajaan yang semakin modern pada masa tersebut maka mulai dikenal sistem ekonomi kerajaan/negara. Untuk menjalankan roda pemerintahan kerajaan, tidak cukup mengandalkan penghasilan di daerah pusat kerajaan. Kerajaan besar tentu membutuhkan pegawai dan tentara yang banyak. Semuanya tentu harus digaji. Memang tidak semua pegawai kerajaan digaji dengan uang, tetapi untuk operasional kerajaan tentu membutuhkan biaya besar.
        Bagaimana kerajaan mencari pemasukan untuk urusan tersebut? Salah satu kebijakan kerajaan yang dilakukan adalah menarik pajak. Tentu kamu tidak dapat membayangkan sistem pajak sudah berjalan seperti saat ini. Pajak-pajak pada masa kerajaan dilakukan dengan penarikan upeti dari daerah kepada pusat kerajaan, penarikan upeti bagi pedagang asing yang masuk ke wilayah kerajaan, pembayaran upeti bagi para pedagang, pengusaha lokal untuk kerajaan, dan sebagainya. Kegiatan penarikan sejenis pajak ini sudah dilakukan sejak masa kerajaan Hindu-Buddha.
      5. Perubahan Masyarakat Masa Islam dalam Bidang Sosial Pendidikan
      6. Kamu perhatikan gambar Pesantren Tebuireng di samping! Tahukah ka mu, pesantren ini merupakan salah satu pesantren tertua di Indonesia? Pendidikan pada masa Islam mengalami kemajuan sangat pesat. Hal ini tidak lepas dari karakteristik agama Islam yang mewajibkan seluruh umatnya untuk mampu baca tulis. Karena itulah seiring perkembangan jumlah penduduk beragama Islam, semakin luas pula pertumbuhan tempat-tempat pendidikan masyarakat.
        Surau adalah tempat pendidikan paling kecil di suatu masyarakat. Dalam setiap surau atau mushola disamping untuk kegiatan salat lima waktu, juga digunakan untuk berbagai aktivitas sosial dan pendidikan. Biasanya ada orang yang lebih pandai dalam urusan agama akan memberikan pendidikan kepada masyarakat lainnya. Kamu dapat mengamati kegiatan surau atau mushola terdekat denganmu. Apakah ada kegiatan pendidikan di tempat tersebut?
        Begitulah kebutuhan akan pendidikan semakin luas, mengingat dalam ajaran Islam tidak ada pembatasan masyarakat dalam belajar. Semua umat Islam bebas belajar di manapun dan kepada siapapun. Tidak ada pembedaan belajar untuk pejabat dan rakyat biasa. Karena itulah tumbuh berbagai pusat pendidikan terkenal yang masih berlangsung hingga saat ini. Sebagai contoh adalah Pesantren Tebuireng yang dikenal sebagai salah satu pesantren pertama di Indonesia.
        Gambar 2.23 Suasana pengajaran Islam di pesantren pada era kolonial Sumber: tropenmuseum/CC-BY-3.0 (2009)
      7. Perubahan Masyarakat Masa Islam dalam Bidang Budaya.
      8. 1). Seni Bangunan Bercorak Islam
        a). Masjid dan Menara
        Bangunan masjid di Indonesia pada jaman perkembangan Islam memiliki bentuk yang unik. Perhatikan dan cermati keunikan gambar Masjid Demak dan Masjid Kuno Aceh.
        Gambar 2.24 Masjid Agung Demak Sumber: G.F.J. Bley/tropenmuseum/CC-BY-3.0 (1920) Gambar 2.25 Masjid Indrapuri, Aceh Sumber: AC. Krüger/tropenmuseum/CC-BY-3.0 (1880)

        Gambar 2.26 Pura Taman Ayun, Mengwi, Bali Sumber: Yohanes Nindito Adisuryo/Wikimedia Commons/CC-BY-4.0 (2018)

        Bentuk bangunan masjid semacam itu adalah merupakan hasil akulturasi (percampuran) antara budaya Islam dan budaya yang telah berkembang sebelumnya. Bangunan itu memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
        • Atapnya berupa atap tumpang, yaitu atap yang bersusun atau bertingkat. Atap masjid biasanya masih diberi lagi sebuah kemuncak yang dinamakan mustaka.
        • Tidak memiliki menara. Masjid luar Indonesia umumnya memiliki menara. Masjid-masjid di Mesir dan Masjid Abas di Karbala, Irak, memiliki menara yang sangat tinggi dan megah.
        Masjid Menara Kudus dan Masjid Banten memiliki menara. Kedua menara itu bentuknya sangat unik. Menara Kudus menyerupai candi di Jawa Timur. Kalau dicermati, bentuk menara masjid kudus juga mirip dengan Bale Kulkul. Bale Kulkul adalah bagian bangunan dari bangunan sebuah Pure. Cermati dan bandingkan gambar menara Kudus dan Bale Kulkul di Pure Taman Ayun Bali, kemudian temukan kemiripan bentuknya
        Gambar 2.27 Bale Kulkul Sumber: Michael Gunther/Wikimedia Commons/CC-BY-4.0 (2014) Gambar 2.28 Menara Kudus Sumber: PL09Puryono/Wikimedia Commons/CC-BY-4.0 (2018)
        Keunikan lain Masjid Menara Kudus adalah pada pintu-pintu masuk dan tempat wudhunya. Pintu-pintu masuk aslinya menyerupai gapura dalam bangun an agama Hindu. Tempat wudhunya juga unik, karena air wudhu keluar memancar dari mulut kalamakara.
        Gambar 2.29 Lawang kembar Masjid Menara Kudus Sumber: Simas. kemenag.go.id (2018)
        b).Makam
        Pernahkah kamu berziarah atau berkunjung ke salah satu makam Wali Songo? Makam-makam di Jawa Tengah dan Jawa Timur memiliki keunikan tersendiri dibandingkan makam di daerah lain. Apa keunikan bangunan makam tersebut? Makam-makam tokoh Islam di Jawa ada yang dibangun di tempat tinggi. Misalnya makam Sunan Muria dan makam Sunan Gunung Jati. Pada makam-makam tersebut biasanya dihiasi berbagai ornamen indah dan unik. Coba perhatikan makam Sunan Kalijaga di Demak Jawa Tengah ini. Makam digunakan untuk mengubur jenazah. Masyarakat Hindu sebagian besar tidak menguburkan jenazah. Orang yang telah mati pada masyarakat Hindu jenazahnya dibakar. Upacara pembakaran jenazah ini disebut Ngaben. Upacara Ngaben pada saat ini dapat kamu lihat terutama di Pulau Bali.
        c).Seni Ukir
        Pada masa Hindu-Buddha bangunan candi dan berbagai bentuk relief banyak berkembang. Berbagai patung dapat kita temukan di berbagai bekas Kerajaan Hindu-Buddha. Pada masa Kerajaan Islam, kita tidak lagi dapat menemukan berbagai bentuk patung. Sebab agama Islam melarang pembuatan patung. Tetapi seni pahat tersebut tidak hilang. Justru seni pahat terus berkembang yang salah satunya adalah seni ukir. Untuk menghindari menggambar mahluk hidup, para seniman Islam mengembangkan seni hias dan seni ukir dengan motif daundaunan dan bunga-bungaan.
        d).Seni Pertunjukan
        Coba kamu perhatikan berbagai bentu kesenian pertunjukan yang bercorak Islam di berbagai wilayah Indonesia. Kamu tentu tidak asing dengan istilah debus, wayang kulit, dan seudati. Ketiga seni tersebut sebagai contoh peninggalan kebudayaan Islam di Indonesia. Apa yang dimaksud debus, wayang, dan seudati? Di mana kita dapat menemukan ketiga bentuk kesenian tersebut?
        Permainan debus, tarian yang pada puncak acara para penari menusukkan benda tajam ke tubuh nya tanpa meninggalkan luka dan mengeluarkan da rah. Tarian ini dapat ditemui di Banten dan Minangkabau.
        Gambar 2.30 Debus Sumber: Panji Arista/Pixabay (2017)
        Seudati, sebuah bentuk tarian dari Aceh. Seudati berasal dari kata syaidati yang artinya permainan orangorang besar. Seudati sering disebut saman artinya delapan. Para pemain menyanyikan lagu yang isinya antara lain salawat nabi.
        Gambar 2.30 Debus Sumber: Panji Arista/Pixabay (2017)
        Wayang. Pertunjukan wayang sudah berkembang se jak zaman Hindu. Pada zaman per kembangan Islam, kesenian yang sa ngat disukai masyarakat ini terus di kembangkan. Cerita-cerita dalam per tunjukkan wayang kemudian di kaitkan de ngan ajaran Islam. Pada per kembangan berikutnya, muncul per tunjukkan wayang golek. Wa yang golek dikembangkan ber dasarkan ceri ta Amir Hamzah.
        Gambar 2.30 Debus Sumber: Panji Arista/Pixabay (2017)
        e).Aksara dan Seni Sastra
        Masuk dan berkembangnya pengaruh Islam di Indonesia juga membawa pengaruh dalam bidang aksara dan tulisan. Huruf Arab digunakan di bidang seni ukir. Sehingga, ber kembanglah seni kaligr afi. Dalam bidang karya sastra, berkembanglah hikayat, babad, suluk.
        • Hikayat: Hikayat adalah karya sastra yang berisi cerita sejarah ataupun dongeng. Hikayat yang terkenal, antara lain, Hikayat Iskandar Zulkarnain, Hikayat RajaRaja Pasai, Hikayat Khaidir, Hikayat si Miskin, Hikayat 1001 Malam, Hikayat Bayan Budiman, dan Hikayat Amir Hamzah.
        • Babad: Babad berisi cerita sejarah, tetapi isinya tidak selalu berdasarkan fakta. Tulisan Babad berisinya campuran antara fakta sejarah, mitos, dan kepercayaan. Di tanah Melayu tulisan yang mirip dengan babad dikenal dengan sebutan tambo atau silsilah. Contoh babad adalah Babad Tanah Jawi, Babad Cirebon, Babad Mataram, dan Babad Surakarta.
        • Suluk: Suluk adalah karya sastra yang berupa kitab-kitab dan isinya menjelaskan soal-soal tasawuf. Contoh suluk antara lain: Suluk Sukarsa, isinya mengisahkan perjalanan hidup Ki Sukarsa dalam mencari ilmu untuk mendapatkan kesempumaan hidup; Suluk Wujil, berisi wejangan atau ajaran Sunan Bonang kepada Wujil, yakni seorang kerdil yang pemah menjadi abdi di Kerajaan Majapahit.; Suluk Malang Sumirang, berisi penghormatan dan pujian ter hadap seseorang yang telah mencapai kesempurnaan, men dekatkan diri, dan menyatu dengan Tuhan.
      Lembar Aktivitas 21 Aktivitas Kelompok
      Setelah membaca materi pengaruh kebudayaan Islam di Indonesia pasti banyak sekali peninggalan sejarah Keislaman yang tersebar di Indonesia. Kerjakan tugas berikut untuk lebih memahami berbagai bentuk peninggalan sejarah kebudayaan Islam!
      1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang!
      2. Setiap kelompok membuat artikel yang mengulas peninggalan sejarah pengaruh kerajaan Islam di Indonesia!
      3. Pilih salah satu topik diantara peninggalan berikut ini:
        1. Masjid peninggalan yang berada di daerah tertentu
        2. Tradisi yang berupa peninggalan dan pengaruh dari masa Islam masa itu
        3. Makam-makam
        4. Kesenian dan kebudayaan peninggalan masa Islam
      4. Carilah informasi beserta gambar dari peninggalan tersebut di internet atau literatur lainnya dengan mencantumkan sumber perolehan data tersebut!
      5. Tuliskan hasil pencarian sumber dengan bahasa sendiri sebagai isi artikel dengan jelas dan tidak menyalin dari sumber manapun sesuai dengan tema yang dipilih.
      6. Unggah artikel ke dalam website dan bagikan alamat laman kepada guru dan teman-teman
    7. Bagaimana Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia?
    8. Ada berapa kerajaan Islam yang berdiri dan berkembang di Indonesia? Tahukah kalian kerajaan-kerajaan Islam terdahulu di Indonesia? Perhatikan infografik berikut yang menjelaskan kerajaan-kerajaan Islam yang berkembang di Indonesia!
      • Kerajaan Perlak (840 – 1292)
      • Kerajaan Perlak merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia dengan raja pertama adalah Sultan Alaidin Saiyid Maulana Abdul Aziz Syah.
      • Kerajaan Ternate (1257- 1950)
      • Kerajaan Ternate dan Kesultanan Tidore adalah dua kerajaan yang terletak di Kepulauan Maluku antara Sulawesi dan Papua.
      • Kerajaan Samudra (1285 - 1521)
      • Samudra Pasai terletak di pantai utara Sumatra (Aceh, dekat dengan Perlak Malaysia). Kerajaaan ini dirikan oleh Marah Silu yang merupakan Raja pertama kerajaan Samodra Pasai.
      • Kerajaan Malaka (1396 – 1511)
      • Setelah Samudra Pasai mengalami ke munduran, Malaka berkembang sebagai pe labuhan, pusat perdagangan, dan pusat penyebaran Islam yang sangat penting di Asia Tenggara. Paramisora adalah raja pertama Kerajaan Malaka. Ia memerintah pada tahun 1396 – 1414. Paramisora lebih dikenal dengan nama Iskandar Syah.
      • Kerajaan Demak (1500 – 1548)
      • Demak adalah kerajaan Islam pertama di pulau Jawa yang berdiri tahun 1500 M. Raden Patah adalah raja pertamanya.
      • Kerajaan Aceh (1511- 1904)
      • Akibat kejatuhan Malaka ke tangan Portugis tahun 1511 pusat perdagangan Islam kembali ke wilayah Aceh. Kapal-kapal dagang dari berbagai wilayah mulai mengubah jalur pelayarannya, tidak lagi singgah di Malaka tetapi di Aceh. Situasi tersebut menguntungkan Aceh. Raja pertama dari Kerajaan Aceh adalah Sultan Ali Mughayat Syah. Ia memerintah pada tahun 1514 - 1528.
      • Kesultanan Banten (1526 – 1813)
      • Raja pertama Kerajaan Islam Banten adalah Hasanuddin. Beliau merupakan putra Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah). Beliau memerintah sekitar tahun 1527 - 1570.
      • Kerajaan Makassar (Gowwa- Tallo) (1528- 1670)
      • Kerajaan Makasar merupakan kerajaan Islam pertama di Sulawesi. Letak kerajaan makasar sangat strategis, pada jalur pelayaran Malaka ke Maluku. Oleh karena itu, kerajaan ini berkembang menjadi negara maritim.
      • Kerajaan Mataram Islam (1586 – 1755)
      • Kerajaan Mataram Islam mulai berdiri ditandai pemindahan pusat pemerintahan dari Pajang ke Mataram pada tahun 1586 oleh Senopati. Pusat dari kerajaan ini adalah di Kotagede, Yogyakarta. Raja pertama Mataram adalah Sutawijaya.
      Lembar Aktivitas 22 Aktivitas Kelompok
      Kerjakan tugas kelompok berikut ini untuk memahami berbagai kerajaan Islam yang berdiri di Indonesia pada waktu itu!
      1. Bentuklah kelompok dengan anggota masing-masing 4- 5 orang!
      2. Carilah informasi melalui buku, ensiklopedia, internet atau literatur lainnya terkait dengan kerajaan Islam di Indonesia. Masing-masing kelompok membahas satu kerajaan Islam yang telah dipilih! Berikut adalah nama-nama kerajaan Islam, yaitu:
        1. Kerajaan Malaka
        2. Kerajaan Aceh
        3. Kerajaan Demak
        4. Kerajaan Banten
        5. Kerajaan Gowa Tallo
        3. Carilah beberapa informasi yang berkaitan dengan kerajaan tersebut:
        1. Lokasi kerajaan
        2. Sumber sejarah
        3. Raja-raja yang memerintah
        4. Kondisi sosial-politik-budaya keraajaan tersebut
      3. Tuliskan hasil pencarian kalian ke dalam sebuah mind map dengan kertas berukuran A3. Kreasikan sesuai dengan kreativitas kalian!
      4. Presentasikan hasil temuan di depan kelas bersama dengan kelompok kalian!

      Refleksi
      Kalian sudah mempelajari materi interaksi perkembangan kebudayaan Islam di Indonesia. Apa yang sudah kalian dapatkan dari materi tersebut? Apakah kalian sudah mengetahui dan paham kerajaan Islam yang berkembang di Indonesia? Tahukah kalian budaya dan peninggalan apa saja yang masih dilestarikan sampai saat ini? Ayo, kita jaga selalu budaya, tradisi dan peninggalan sejarah kerajaan Islam!

      Proyek
      Setelah mempelajari keragamanan aktivitas ekonomi di atas, buatlah sebuah proyek berupa video blog (vlog)!
      1. Bentuklah kelompok dengan anggota dari masing-masing adalah 4-5 orang!
      2. Buatlah sebuah proyek video berupa vlog “Desaku Potensiku”!
      3. Angkatlah segala potensi yang ada di desamu dari segi ekonomi, sosial dan budaya!
        • Bidang ekonomi: potensi ekonomi mayoritas penduduk di desa tersebut atau potensi ekonomi khas dari desa tersebut!
        • Bidang sosial dan budaya: adat istiadat, kebudayaan, dan tradisi yang masih dilestarikan
      4. Video ini berdurasi 5–10 menit!
      5. Video ini merupakan video yang dibuat sendiri, tidak mengambil dari orang lain atau mengunduh di internet.
      6. Unggahlah video di media sosial (Instagram, youtube, facebook,dsb.).