Halaman

Modul 9.2.3 - Pusat Keunggulan Ekonomi

MODUL 3
PUSAT-PUSAT KEUNGGULAN EKONOMI

Pada bagian sebelumnya Ananda telah mempelajari tentang perdagangan internasional. Perdagangan internasional terjadi karena suatu negara memiliki produk yang lebih unggul dari negara lainnya. Perbedaan dalam keunggulan produk disebabkan oleh perbedaan dalam sumber daya alam dan sumber daya manusia. Sebagai contoh Indonesia mengimpor motor dari China, karena Indonesia belum mampu memproduksi motor, sebaliknya China mengimpor rempah-rempah dari Indonesia karena China tidak mampu memproduksi rempah-rempah. Keunggulan masing-masing negara sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia dan sumber daya alamnya.
Setiap negara juga memiliki pusat-pusat keunggulan ekonomi. Apakah yang dimaksud dengan pusat keunggulan ekonomi? Pusat keunggulan ekonomi merupakan sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian. Pusat – pusat keunggulan ekonomi dapat diartikan pula sebagai lokasi utama yang memiliki kondisi lebih baik daripada lokasi lainnya dalam kaitannya dengan aktivitas memenuhi kehidupan atau kesejahteraan. Salah satu pusat keunggulan ekonomi di Indonesia adalah produksi “Batik” yang terdapat di Pulau Jawa dan Bali.
Batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya dilakukan dengan cara dilukis menggunakan canting. Batik merupakan salah satu kain yang menjadi warisan budaya bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Salah satunya adalah batik garutan. Perbedaannya adalah, batik garutan memiliki motif unik tersendiri seperti rereng peuteuy, seling bunga, limar, dan lainnya.
Sumber: https://commons.wikimedia.org/
Gambar 3.1 Batik Garutan
Pada modul ini Ananda akan mempelajari tentang pusat-pusat keunggulan ekonomi dan pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi. Disamping itu Ananda juga akan mempelajari tentang pasar bebas.
Potensi sumber daya alam Indonesia merupakan salah satu keunggulan ekonomi yang dimiliki Indonesia. Apabila keunggulan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik maka dapat memberikan peluang bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat. Sumber daya alam di Indonesia tidak terbatas pada kekayaan hayatinya saja. Berbagai daerah di Indonesia juga dikenal sebagai penghasil berbagai jenis bahan tambang, seperti petroleum, timah, gas alam, nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara, emas,dan perak. Di samping itu, Indonesia juga memiliki tanah yang subur dan baik digunakan untuk berbagai jenis tanaman.
Wilayah perairan Indonesia yang mencapai 7,9 juta km2 juga menyediakan potensi sumber daya alam yang sangat besar. Potensi sumber daya alam Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dapat dikelola menjadi pusat-pusat keunggulan ekonomi di Indonesia yang bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Pada modul 3 ini Ananda akan mempelajari tentang konsep pusat-pusat keunggulan ekonomi, pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi, dan pasar bebas.

PEMBELAJARAN : 1
KONSEP PUSAT-PUSAT KEUNGGULAN EKONOMI

Indonesia merupakan negara yang cukup luas dengan wilayah yang terpencar-pencar karena berbentuk kepulauan. Kondisi geografis dan geologis Indonesia menyebabkan setiap wilayah memiliki karakteristik dan keunggulan ekonomi yang berbeda-beda. Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan bahwa pusat keunggulan ekonomi merupakan sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian. Pusat – pusat keunggulan ekonomi dapat diartikan pula sebagai lokasi utama yang memiliki kondisi lebih baik daripada lainnya dalam kaitannya dengan aktivitas untuk memenuhi kehidupan atau kesejahteraan. Pusat-pusat keunggulan ekonomi di Indonesia ada yang dikelola sendiri ada juga yang melibatkan investor asing.

AKTIVITAS : 1
Menjelaskan tema pembangunan koridor ekonomi

Pembangunan koridor ekonomi di Indonesia dilakukan berdasarkan potensi dan keunggulan masing-masing wilayah Indonesia. Sebagai negara yang terdiri atas ribuan pulau dan terletak di antara dua benua dan dua samudera, wilayah kepulauan Indonesia berada pada keadaan yang unik. Setiap kepulauan besar Indonesia memiliki peran strategis masing-masing untuk menjadi pilar utama untuk mencapai visi Indonesia tahun 2025. Melalui perhitungan berbagai potensi dan peran strategis masing-masing pulau besar di Indonesia (sesuai dengan letak dan kedudukan geografis masing-masing pulau), telah ditetapkan 6 (enam) koridor ekonomi seperti yang tergambar pada gambar di bawah ini!
Sumber : http://jdih.tarakankota.go.id/
Gambar 3.3 Peta Koridor Ekonomi Indonesia
Masing-masing koridor ekonomi memiliki tema pembangunan yang berbeda dalam upaya percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi di Indonesa. Masing-masing tema tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Koridor Ekonomi Sumatera memiliki tema pembangunan sebagai “Sentra Produksi dan Pengolahan Hasil Bumi dan Lumbung Energi Nasional”;
  2. Koridor Ekonomi Jawa memiliki tema pembangunan sebagai “Pendorong Industri dan Jasa Nasional”;
  3. Koridor Ekonomi Kalimantan memiliki tema pembangunan sebagai “Pusat Produksi dan Pengolahan Hasil Tambang & Lumbung Energi Nasional”;
  4. Koridor Ekonomi Sulawesi memiliki tema pembangunan sebagai ‘’ Pusat Produksi dan Pengolahan Hasil Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Migas dan Pertambangan Nasional;
  5. Koridor Ekonomi Bali – Nusa Tenggara memiliki tema pembangunan sebagai ‘’Pintu Gerbang Pariwisata dan Pendukung Pangan Nasional’’;
  6. Koridor Ekonomi Papua-Kepulauan Maluku memiliki tema pembangunan sebagai “Pusat Pengembangan Pangan, Perikanan, Energi, dan Pertambangan Nasional”.
Enam koridor ekonomi utama tersebut selanjutnya dikembangkan melalui delapan program utama, yaitu pertanian, pertambangan, energi, industri, kelautan, pariwisata, dan telematika, dan pengembangan kawasan strategis. Kedelapan program utama tersebut terdiri atas 22 kegiatan ekonomi utama, yaitu pertanian/pangan, pariwisata, perikanan, bauksit, tembaga, nikel, batu bara, minyak dan gas, perkayuan, peternakan, kakao, karet, kelapa sawit, alutsista, besi baja, makanan-minuman, tekstil, perkapalan, telematika, peralatan transportasi, KSN Selat Sunda, dan wilayah Jabodetabek serta distribusinya dalam koridor- koridor terkait. Perhatikan gambar berikut!
Sumber : http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/
Gambar 3.4 Distribusi 22 Kegiatan Ekonomi Utama dalam Setiap Koridor Utama
Untuk memperdalam wawasan Ananda, lakukan aktivitas berikut ini!
  1. Bukalah buku siswa tentang pusat-pusat keunggulan ekonomi
  2. Carilah buku referensi lainnya yang relevan dan informasi lainnya dari internet
  3. Perhatikan peta di bawah ini!
  4. Berdasarkan peta di atas, lengkapilah tabel di bawah ini.
  5. Kode Nama Wilayah Tema Koridor Ekonomi Distribusi 22 kegiatan ekonomi utama dalam setiap koridor
    A
    B
    C
    D
    E
    F
  6. Setelah Ananda mengerjakan tabel di atas, untuk melengkapi pemahaman Ananda tentang koridor ekonomi, jawablah pertanyaan dibawah ini.

AKTIVITAS : 2
Memberikan contoh pusat keunggulan ekonomi Indonesia

Sebagaimana Ananda telah ketahui bahwa terjadinya perdagangan internasional disebabkan suatu negara memiliki produk yang lebih unggul dari negara lainnya. Keunggulan tersebut terjadi akibat perbedaan sumber daya alam dan manusianya. Sebagai contoh Indonesia membeli produk elektronik dari Cina, karena sumber daya manusia Indonesia belum mampu membuat produk-produk elektronik seperti HP, TV, komputer, laptop dan lain-lain.
Selain membeli produk luar negeri, Indonesia juga menjual produk-produk dari dalam negeri kepada negara-negara yang membutuhkan. Sebagaimana Ananda telah ketahui bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam seperti berbagai jenis hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan pertambangan. Kekayaan sumber daya alam yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia tersebut menjadi keunggulan ekonomi Indonesia untuk diolah dan dijual ke negara-negara lain yang membutuhkan.
Adapun beberapa daerah-daerah di Indonesia yang mempunyai kekayaan alam dan menjadi pusat keunggulan ekonomi Indonesia antara lain adalah :
  1. PT Freeport Indonesia PT Freeport Indonesia telah melakukan eksplorasi sumber daya alam emas dan tembaga di dua tempat di Papua, yaitu tambang Erstberg, dari tahun1967, dan tambang Grasberg, sejak tahun 1988. Kedua tambang ini berada di kawasan Tembaga Pura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.
  2. Sumber : https://www.riau1.com/
    Gambar 3.5 Lokasi tambang PT Freeport Indonesia di Papua
    Peranan PT Freeport Indonesia antara lain:
    1. Menyediakan lapangan kerja,
    2. Menanam investasi untuk membangun infrastruktur di perusahaan Papua,
    3. Memberi keuntungan kepada pemerintah Indonesia dan
    4. Memberi masukan pajak.
  3. Perusahaan Tambang Minyak Negara (PTMN)
    Tambang minyak bumi di Indonesia berada di beberapa lokasi seperti Wonokromo, Pangkalan Berandan, Cepu, Balikpapan, Plaju, dan Sungai Gerong. Tambang minyak bumi tersebut berdasarkan UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi tertanggal 23 November 2001 diusahakan oleh perusahaan minyak negara yaitu PT Perusahaan Tambang Minyak Negara (PERTAMINA) Persero. Adapun peranan atau kontribusi PT Pertamina Persero bagi pereonomian Indonesia, antara lain:
    1. Menstimulasi kegiatan perkonomian masyarakat
    2. Pendukung anggaran negara melalui kontribusi dividen dan pajak.
    3. Memberikan investasi dalam bentuk pembangunan infrastruktur energi yang tidak hanya berperan penting untuk menjaga ketahanan energi nasional saja, tetapi juga dalam penyerapan tenaga kerja.
    4. Mendukung ketahanan dan kemandirian energi nasional dan membebaskan Indonesia dari ketergantungan impor produk BBM pada 2023 melalui proyek Refinery Development Master Plan dan Grass Root Refinery.
  4. Batik Indonesia
    Batik merupakan pusat keunggulan di Pulau Jawa dan Bali. Batik merupakan bentuk kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, khususnya Jawa sejak lama. Keindahan batik dari Indonesia sudah tersebar hingga ke penjuru dunia. Bahkan kerajinan ini telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009. Batik Indonesia telah mengangkat nama Indonesia di mata Internasional melalui keberagaman motifnya yang khas sesuai dengan daerah asal pembuatan batik tersebut. Daerah penghasil kerajinan Batik yang terkenal di Indonesia adalah Surakarta, Yogyakarta, dan Pekalongan.
Untuk memperdalam wawasan Ananda tentang pusat-pusat keunggulan ekonomi, lakukan aktivitas-aktivitas berikut ini!
  1. Bukalah buku siswa tentang pusat-pusat keunggulan ekonomi
  2. Carilah sumber lain seperti buku referensi lainnya dan sumber internet!
  3. Berilah contoh pusat-pusat keunggulan ekonomi di beberapa wilayah Indonesia, sebagaimana yang tertera dalam tabel di bawah ini! Pusat keunggulan ekonomi merupakan produksi andalan di wilayah tersebut baik berupa hasil tambang, hasil hutan, hasil perikanan, hasil pertanian dan perkebunan, serta hasil industri.
  4. No Wilayah Pusat Keunggulan Ekonomi
    1 Papua
    2 Maluku
    3 Nusa Tenggara Timur
    4 Nusa Tenggara Barat
    5 Bali
    6 Sulawesi
    7 Kalimantan
    8 Jawa
    9 Sumatera

AKTIVITAS : 3
Membuat peta sebaran kilang minyak di Indonesia

Telah dijelaskan pada aktifitas sebelumnya bahwa salah satu pusat keunggulan ekonomi di Indonesia adalah pertambangan minyak bumi. Indonesia merupakan negara yang kaya akan tambang minyak bumi. Tambang minyak di Indonesia berada di beberapa lokasi seperti Wonokromo, Pangkalan Berandan, Cepu, Balikpapan, Plaju, dan Sungai Gerong. Tambang minyak bumi ini diusahakan oleh Perusahaan Tambang Minyak Negara (PERTAMINA) berdasarkan UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi tertanggal 23 November 2001. PT Pertamina mengoperasikan 7 kilang minyak (oil refinery) yang ada di Indonesia. Kilang minyak merupakan pabrik/fasilitas industri yang mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan maupun produk-produk lain yang menjadi bahan baku industri petrokimia. Produk-produk utama yang dihasilkan dari kilang minyak antara lain minyak bensin (gasoline), minyak diesel, minyak tanah (kerosine). Adapun beberapa kilang minyak di Indonesia antara lain sebagai berikut :
  1. Kilang Pangkalan Brandan
    Pertamina unit pengolahan I Pangkalan Brandan, Sumatera Utara merupakan kilang yang sangat tua dan sudah ditutup pada awal 2007 karena kurangnya pasokan minyak mentah maupun gas.
  2. Kilang Dumai/Sei Pakning di Riau
    Kilang minyak ini menghasilkan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Non Bahan Bakar Minyak (NBBM) dengan kapasitas kilang sebesar 127.000 barel per hari yang didistribusikan ke berbagai pelosok tanah air dan manca negara.
  3. Kilang Cilacap
    Kilang Cilacap merupakan kilang dengan fasilitas terlengkap dan memiliki produksi terbesar yaitu 348.000 barrel/hari.
  4. Sumber : https://moneter.id/
    Gambar 3.6 Kilang Minyak Cilacap
    Kilang ini memasok 34% kebutuhan BBM nasional atau 60% kebutuhan BBM di Pulau Jawa. Selain itu kilang ini merupakan satu-satunya kilang di tanah air yang memproduksi aspal dan base oil untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur di tanah air.
  5. Kilang Balikpapan
    Kilang Balikpapan terletak di tepi teluk Balikpapan, meliputi areal seluas 2,5 km persegi dengan kapasitas 260.000 barel per hari. Tugas kilang minyak Balikpapan adalah mengolah minyak mentah menjadi produk produk yang siap dipasarkan yaitu BBM dan non BBM.
  6. Kilang Kasim
    Kilang BBM Kasim berada di desa Malabam kecamatan Seget kabupaten Sorong, Papua bersebelahan dengan Kasim Marine Terminal (KMT) Petro China, kurang lebih 90 km sebelah selatan kota Sorong.
  7. Kilang Balongan
    Kilang ini berlokasi di Indramayu (Jawa Barat) dengan wilayah operasi di Balongan, Mundu dan Salam Darma. Kilang ini memproduksi seperti Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Solar, Pertamina DEX, Kerosine (Minyak Tanah), LPG, Propylene.
  8. Kilang Cepu
    Pada awalnya tugas utama dari kilang Cepu adalah untuk menyediakan BBM untuk rakyat dan kebutuhan pertahanan militer di Jawa. Kilang minyak Cepu ditopang 6 lapangan minyak yaitu Kawenangan, Nglondo, Ledok, Semanggi, Tapen, dan Tambakrejo.
Untuk lebih memahami lokasi kilang minyak-kilang minyak di Indonesia, silahkan Ananda melakukan aktivitas berikut ini!
  1. Bukalah Atlas kalian pada Peta Indonesia
  2. Siapkan buku gambar A4 atau ukuran lainnya
  3. Siapkan pensil, pensil warna atau spidol. Ananda juga bisa menggunakan cat air untuk memberi warna pada peta!
  4. Buatlah peta Indonesia dengan judul “PETA PERSEBARAN KILANG MINYAK DI INDONESIA”
    Ketentuan membuat peta sebagai berikut :
    1. Ananda bisa memperbesar dan memperkecil peta dalam atlas
    2. Ananda juga bisa “mengeblad” atau menjiplak peta dari atlas dengan menggunakan kertas kalkir atau kertas lainnya
    3. Buatlah simbol-simbol pada peta sebagai berikut!
      • Berilah warna kuning untuk lokasi kilang minyak Pangkalan Brandan
      • Berilah warna hijau untuk lokasi kilang minyak Dumai
      • Berilah warna merah untuk lokasi kilang minyak Cilacap
      • Berilah warna biru untuk lokasi kilang minyak Balikpapan
      • Berilah warna ungu untuk lokasi kilang minyak Kasim
      • Berilah warna coklat untuk lokasi kilang minyak Balongan
      • Berilah warna hitam untuk lokasi kilang minyak Cepu

LATIHAN

Setelah Ananda melaksanakan aktivitas-aktivitas di atas, kerjakan latihan di bawah ini.
  1. Sebutkan 4 tema koridor ekonomi di Indonesia!
  2. Jelaskan 4 peranan perusahaan tambang minyak negara bagi perekonomian Indonesia!
  3. Jelaskan 4 upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi batik!
  4. Sebutkan 4 peranan PT Freeport bagi perekonomian Indonesia!
  5. Sebutkan 4 kilang minyak yang terdapat di Indonesia!

RANGKUMAN

  1. Sebagai negara yang terdiri atas ribuan pulau dan terletak di antara dua benua dan dua samudera, wilayah kepulauan Indonesia memiliki sebuah posisi yang unik, dan tiap kepulauan besarnya memiliki peran strategis masing-masing yang ke depannya akan menjadi pilar utama untuk mencapai visi Indonesia tahun 2025. Dengan memperhitungkan berbagai potensi dan peran strategis masing-masing pulau besar (sesuai dengan letak dan kedudukan geografis masing-masing pulau), pemerintah menetapkan 6 (enam) koridor ekonomi Indonesia yang berbeda-beda dan telah disesuaikan dengan kondisi dan potensi di setiap wilayahnya.
  2. Indonesia memiliki keunggulan berupa sumber daya alam yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa contoh keunggulan yang dimiliki Indonesia antara lain emas yang dikelola oleh PT Freeport, Tambang minyak bumi yang dikelola oleh negara dan kesenian batik milik rakyat.

REFLEKSI

  1. Setelah Ananda mengikuti semua aktivitas, isilah tabel dibawah ini dengan memberikan tanda checklist () sesuai kondisi sebenarnya.
  2. No Materi Sudah Paham Belum Paham
    1 Tema koridor ekonomi Indonesia
    2 Contoh pusat-pusat keunggulan ekonomi Indonesia
    2 Persebaran kilang minyak di Indonesia
  3. Tuliskan kesan Ananda setelah mengikuti pembelajaran 1 pada tabel berikut ini. Jika Ananda merasa senang tuliskan alasan Ananda pada nomor 1, namun jika Ananda merasa kurang senang tuliskan alasan Ananda pada nomor 2!
  4. No Kesan Alasan
    1 Saya merasa senang mengikuti pembelajaran 1
    2 Saya merasa kurang senang mengikuti pembelajaran 1
  5. Menurut Ananda sikap apa yang harus dikembangkan berdasarkan aktivitas pada pembelajaran 1?

PEMBELAJARAN : 2
PENGARUH PUSAT-PUSAT KEUNGGULAN EKONOMI

Sebagaimana Ananda telah ketahui bahwa negara Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, baik potensi sumber daya mineral maupun non mineral. Potensi sumber daya alam yang melimpah tersebut menjadi keunggulan dalam bidang ekonomi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya keunggulan ekonomi yang tersebar di wilayah Indonesia perlu dikelola dengan baik.
Pusat keunggulan ekonomi di Indonesia berpengaruh besar dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat Indonesia. Pengaruh yang ditimbulkan oleh keunggulan ekonomi suatu wilayah tersebut dapat bersifat positif dan negative bagi masyarakat. Beberapa pengaruh positif dan negatif keunggulan ekonomi yang ada di Indonesia akan Ananda pelajari pada pembelajaran 2 ini. Akan dibahas beberapa hal antara lain pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial ekonomi, pendidikan, dan pekerjaan.

AKTIVITAS : 1
Menganalisis pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi

Suatu pusat keunggulan ekonomi di suatu wilayah akan mendorong terjadinya perpindahan atau pergerakan penduduk dari daerah lain menunju wilayah tersebut. Perpindahan tersebut pada umumnya didorong oleh keinginan meningkatkan taraf hidup atau mendapatkan sesuatu yang tidak tersedia di daerahnya. Perpindahan atau pergerakan penduduk disebut dengan istilah “mobilitas penduduk”. Jadi mobilitas penduduk merupakan suatu fenomena perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain yang salah satunya didorong oleh daya tarik keuntungan ekonomi. Berikut ini akan dijelaskan jenis-jenis mobilitas penduduk.
  1. Mobilitas penduduk sementara
    • Komutasi, adalah perpindahan penduduk yang sifatnya sementara pada hari yang sama. Bentuk mobilitas penduduk ini dikenal juga dengan istilah nglaju atau ulang-alik atau pergi-pulang.
    • Sirkulasi, adalah mobilitas penduduk sementara dengan melakukan kegiatan menginap di tempat tujuan atau sering disebut mobilitas non permanen musiman. Waktu yang dibutuhkan untuk mobilitas sirkulasi berbeda-beda, ada yang hanya beberapa hari, tetapi ada juga yang memakan waktu lama seperti tahunan.
  2. Mobilitas penduduk permanen, disebut juga dengan istilah migrasi. Jenis migrasi ada dua yaitu :
    • Migrasi internal
      Migrasi Internal adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya dalam satu negara. Migrasi internal yang terjadi di Indonesia dapat dibedakan menjadi urbanisasi dan transmigrasi. Urbanisasi yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota. Urbanisasi terjadi akibat adanya ketimpangan pembangunan antara desa dengan kota, sedangkan transmigrasi adalah adalah perpindahan penduduk dari daerah yang padat ke daerah yang kurang padat. Orang yang melakukan transmigrasi disebut transmigran.
    • Migrasi eksternal
      Migrasi eksternal atau internasional adalah perpindahan penduduk antarnegara. Dalam migrasi eksternal, terdapat dua sitilah yaitu Imigrasi sebagai fenomena masuknya penduduk dari negara luar ke dalam negeri, dan emigrasi atau keluarnya penduduk dari dalam negeri ke negara lain.
    Bagaimana dana apa saja pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk? Untuk lebih memahami hal ini Ananda diharapkan melakukan aktivitas berikut!
    1. Bukalah buku siswa tentang pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi.
    2. Lengkapi pengetahuan Ananda dengan membaca artikel dari internet tentang pusat-pusat keunggulan!
    3. Bacalah wacana berikut ini!
    4. Jadi yang Terbesar di RI, Apa Saja yang Dihasilkan Kilang Cilacap? Jelang peningkatan kapasitas melalui refinary development master plan (RDMP), PT Pertamina (Persero) melalui Refinery Unit (RU) IV Cilacap yang mengolah minyak bumi dari crude domestik dan crude import masih memproduksi total kapasitas minyak sebesar 348.000 BSD.
      Hal tersebut membuat RU IV Cilacap menjadi kilang dengan kapasitas terbesar di Indonesia. Dari total produksi Kilang Cilacap yang mensuplai 60% kebutuhan BBM Pulau Jawa, Premium, Pertalite, Pertamax dengan total 90MB masih mendominasi produksi. Kemudian ada pula solar yaitu sekitar 90 MB. Sebagai kilang minyak terbesar maka banyak tenaga kerja yang datang untuk bekerja di kilang minyak ini baik berasal dari dalam daerah, maupun luar daerah bahkan luar negeri. (Disarikan dari : https://finance.detik.com/)
      Gambar 3.7 Kilang Minyak Cilacap
    5. Berdasarkan wacana di atas jawablah pertanyaan di bawah ini!

AKTIVITAS : 2
Menganalisis pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi terhadap transportasi dan lembaga sosial

Untuk mampu menganalisis pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi terhadap transportasi dan lembaga sosial, Ananda terlebih dahulu perlu memahami mengenai pengertian transportasi dan lembaga sosial. Coba Ananda perhatikan penjelasan berikut ini.
  1. Transportasi
    Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia, binatang atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di negara maju, kegiatan transportasi biasanya dilakukan dengan menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi. Penduduk negara maju jarang memiliki kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar kegiatan transportasi mereka dapat dilakukan dengan menggunakan angkutan umum yang baik dan tepat waktu. Transportasi dibagi menjadi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya.
  2. Lembaga sosial
    Lembaga sosial merupakan sistem tata kelakukan dan tata hubungan yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Lembaga sosial dibentuk agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidup di berbagai bidang kehidupan seperti bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Selain itu, lembaga sosial dibentuk agar masyarakat dapat hidup dengan teratur.
  3. Terdapat lima jenis lembaga sosial yang utama, diantaranya sebagai berikut:
    • Lembaga keluarga, adalah hubungan yang dibentuk berdasarkan keterkaitan darah atau kekerabatan. Lembaga ini dibentuk melalui proses perkawinan. Lembaga keluarga berfungsi memberi perlindungan pada anggotanya berupa rasa kasih sayang, kebutuhan melanjutkan keturunan, dan sosialisasi nilai.
    • Lembaga politik, merupakan hubungan hasil konsensus yang dilegalkan lewat dokumentasi atau undang-undang. Peranannya menangani mengenai distribusi kekuasaan dalam masyarakat. Secara spesifik, lembaga ini juga berperan dalam menentukan proses pengambilan keputusan publik.
    • Lembaga ekonomi, merupakan tata hubungan yang fokus pada urusan ekonomi, yaitu pada proses produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Lembaga ekonomi menangani bagaimana kegiatan permintaan dan penawaran diciptakan dan bekerja. Lembaga ini memastikan agar manusia dapat memenuhi kebutuhan ekonominya.
    • Lembaga pendidikan, berfokus pada pengembangan kapasitas, skill dan pengetahun manusia. Salah satu bentuk dari lembaga ini adalah sekolah. Peran lembaga pendidikan sangat sentral karena membantu membentuk karakter individu.
    • Lembaga agama, merupakan lembaga yang mengakomodir sistem keyakinan individu. Lembaga agama juga memfasilitasi ritus-ritus keagamaan, yaitu ritual yang berhubungan dengan relasi antara manusia dengan Tuhan. Lembaga agama berperan memproteksi keyakinan yang dianut individu.
    Untuk memperdalam wawasan Ananda tentang pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi terhadap transportasi dan lembaga sosial, lakukan aktivitas berikut ini!
    1. Buka buku siswa tentang pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi
    2. Perhatikan dua gambar berikut ini dan jawablah pertanyaan di bawahnya. Gunakan gambar tersebut untuk membantu jawaban Ananda!
    3. Sumber : https://www.liputan6.com/ Sumber: https://ekonomi.bisnis.com/
      Gambar 3.8 Pertambangan Freeport, Papua
      Pada gambar 3.8 menunjukkan gambar lokasi pertambangan di Papua, dan jalanan yang dibangun menuju area pertambangan.
      Berdasarkan gambar tersebut bagaimanakah pengaruh keberadaan PT Freeport terhadap transportasi di wilayah tersebut?
    4. Perhatikan wacana di bawah ini, dan jawablah pertanyaan di bawahnya mengacu pada wacana!
    5. Mengintip Kota Kuala Kencana Milik PT Freeport di Papua: Modern, Canggih, dan Bersih!
      IDN Intisari-Online.com - Bagi sebagian besar warga Indonesia dan bahkan dunia, saat mendengar kata Papua pasti terbayang sebuah daerah yang dipenuhi hutan belantara. Pernahkah Anda mengira ada sebuah kota modern, jauh lebih modern dari kota besar kebanyakan di Indonesia yang dilengkapi dengan perumahan cantik dan begitu bersih? Anda harus melihat kota yang satu ini. Kota Kuala Kencana namanya, dan letaknya benar-benar di pulau Papua tepatnya di Kabupaten Mimika. Saat Anda melangkahkan kaki ke kota ini, mungkin saja Anda justru merasa sedang tidak berada di Indonesia.
      Pasalnya kota ini ditata dan dibangun dengan penuh perencanaan sehingga membuat segala sesuatunya begitu presisi dan mirip kota-kota di Eropa.
      Sumber : https://suryamalang.tribunnews.com/
      Gambar 3.9 Kota Kuala Kencana
      Kuala Kencana merupakan sebuah kota yang dibangun PT. Freeport Indonesia sebagai fasilitas yang ditujukan untuk karyawan dan keluarga karyawan mereka. Kota ini dikelola sepenuhnya oleh PT. Freeport Indonesia dan merupakan komplek pemukiman karyawan. Tak hanya perumahan, Kuala Kencana juga dilengkapi dengan masjid, gereja, kolam renang, lapangan basket, lapangan golf, fasilitas medis dan komplek pertokoan. Menurut pengalaman Cahya Yustia Rio, seorang penulis Kompasiana yang pernah mengunjungi Kuala Kencana pada tahun 2014 silam, di sini bahkan ada supermarket Hero, salon Rudy Hadisuwarno, perpustakaan, layanan perbankan dan restoran barat serta oriental. Tak hanya perumahan, Kuala Kencana juga dilengkapi dengan masjid, gereja, kolam renang, lapangan basket, lapangan golf, fasilitas medis dan komplek pertokoan.
      Menurut pengalaman Cahya Yustia Rio, seorang penulis Kompasiana yang pernah mengunjungi Kuala Kencana pada tahun 2014 silam, di sini bahkan ada supermarket Hero, salon Rudy Hadisuwarno, perpustakaan, layanan perbankan dan restoran barat serta oriental. Sebuah sekolah untuk anak-anak karyawan PT. Freeport juga didirikan di sini. Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Jayawijaya yang dibentuk tahun 1973. Sekolah YPJ ini terdiri dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah. Ada 33 kelas di sekolah YPJ Kuala Kencana dan bisa menampung hingga 1150 siswa. Hebatnya lagi, Kuala Kencana merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki sistem pengolahan air kotor. Air kotor akan disalurkan ke pusat pengelolaan limbah sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar. Air keran yang disalurkan ke rumah-rumah juga berstandar tinggi dan aman untuk langsung diminum.
      Semua sistem instalasi kabel (baik telepon maupun listrik) juga sudah ditanam di bawah tanah. Anda tidak akan melihat tiang-tiang listrik di sepanjang jalan di Kuala Kencana, melainkan pepohonan rindang yang menghiasi jalanan untuk menambah kesejukan.Terletak di dataran yang tak terlalu tinggi, suhu udara di Kuala Kencana relatif hangat namun sejuk. Apalagi dengan taman-taman kota dan pepohonan rindang yang menghiasi setiap sudutnya, Kuala Kencana terlihat asri dan nyaman. Udara di Kuala Kencana juga sangat bersih karena kebanyakan penduduk di sini tidak menggunakan mobil, melainkan sepeda.
      Banyak sekali lokasi parkir sepeda yang disediakan sepanjang jalan lengkap dengan besi pengamannya dan ada pula jalur pejalan kaki. Satu hal lagi, di Kuala Kencana ini Anda tak akan menemukan sampah berserak di jalanan maupun di depan komplek perumahan karena kebersihan menjadi tanggung jawab bersama di sini. Sayangnya, tak semua orang bisa memasuki Kuala Kencana. Harus memiliki kartu identitas pegawai PT. Freeport Indonesia atau kartu khusus untuk keluarga pegawai. Sebelum memasuki kota, setiap mobil dan pengunjung akan diperiksa dengan ketat untuk memastikan hanya orang-orang dengan ID Card pegawai saja yang memasuki kota. Melihat dari konsep dan kebersihannya, rasanya Kuala Kencana boleh jadi rujukan pembangunan kota-kota lain di Indonesia. (Sumber: https://intisari.grid.id/read/03910384/mengintip-

AKTIVITAS : 3
Menganalisis pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap pendidikan dan pekerjaan

Untuk dapat menganalisis pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi terhadap pendidikan dan pekerjaan, Ananda terlebih dahulu perlu memahami tentang pengertian pendidikan dan pekerjaan. Coba Ananda perhatikan penjelasan berikut ini.
  1. Pendidikan
    Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Disamping itu Jhon Dewey (2003: 69) menjelaskan bahwa “Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesama manusia.
    Pendidikan sangat penting karena menjadi kebutuhan dasar bagi manusia untuk mengembangkan diri dan untuk dapat diterima pada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pekerja sesuai tingkat pendidikan tertentu. Banyak perusahaan menerima pelamar kerja yang memiliki tingkat pendidikan tinggi. Seseorang yang memiliki tingkat pendidikan tinggi memiliki peluang lebih baik untuk diterima di perusahaan dengan posisi yang baik, sebaliknya jika pendidikan seseorang rendah maka sedikit pintu pekerjaan yang terbuka untuk dapat berkarir. Jadi dapat dikatakan bahwa pendidikan menjadi syarat utama dalam mencari pekerjaan.
  2. Ketenagakerjaan
    Ketenagakerjaan merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja. UU No 13 Tahun 2013 tentang ketenagakerjaan mendefinisikan ketenagakerjaan sebagai segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah masa kerja. Tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tenaga kerja adalah orang yang bekerja atau mengerjakan sesuatu, pekerja, pegawai, atau sebagainya.
    Berdasarkan pada kualitasnya, tenaga kerja dibedakan menjadi tiga yakni tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terampil, dan tenaga kerja tidak terdidik.
  3. Tenaga kerja terdidik
    Tenaga terdidik adalah tenaga yang memiliki suatu keahlian dalam bidang tertentu. Mereka ini memiliki keahlian dengan cara menempuh pendidikan di sekolah formal ataupun pendidikan non formal.
  4. Tenaga kerja terampil
    Tenaga kerja terampil merupakan tenaga kerja yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu dan juga pengalaman. Keterampilan yang dimiliki tenaga kerja terampil diperoleh melalui latihan secara berulang-ulang sehingga mampu menguasai pekerjaan tersebut.
  5. Tenaga kerja tidak terdidik
    Tenaga kerja tidak terdidik adalah tenaga kerja kasar yang hanya mengandalkan tenaga saja untuk bekerja.
Untuk memperdalam wawasan Ananda tentang pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi terhadap pendidikan dan pekerjaan, lakukan aktivitas berikut ini!
  1. Buka buku siswa tentang pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi
  2. Lengkapi pemahaman Ananda dengan membaca artikel-artikel dari internet
  3. Bacalah wacana berikut ini!

Begini Sebaran Tenaga Kerja di Freeport Indonesia

Mod ul PJJ Mata Pelajaran IPS - Kelas IX Semester Genap 129 1) Tenaga kerja terdidik Tenaga terdidik adalah tenaga yang memiliki suatu keahlian dalam bidang tertentu. Mereka ini memiliki keahlian dengan cara menempuh pendidikan di sekolah formal ataupun pendidikan non formal. 2) Tenaga kerja terampil Tenaga kerja terampil merupakan tenaga kerja yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu dan juga pengalaman. Keterampilan yang dimiliki tenaga kerja terampil diperoleh melalui latihan secara berulang-ulang sehingga mampu menguasai pekerjaan tersebut. 3) Tenaga kerja tidak terdidik Tenaga kerja tidak terdidik adalah tenaga kerja kasar yang hanya mengandalkan tenaga saja untuk bekerja. Untuk memperdalam wawasan Ananda tentang pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi terhadap pendidikan dan pekerjaan, lakukan aktivitas berikut ini! a. Buka buku siswa tentang pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi b. Lengkapi pemahaman Ananda dengan membaca artikel-artikel dari internet c. Bacalah wacana berikut ini!

Begini Sebaran Tenaga Kerja di Freeport Indonesia
JAKARTA - Gerakan Solidaritas Peduli Freeport (GSPF) mencatat saat ini PT Freeport Indonesia menyerap sebanyak 32.608 tenaga kerja lokal, yang telah memberikan manfaat signifikan bagi perekonomian Kabupaten Mimika, Papua. Juru Bicara GSPF Virgo Solossa saat dihubungi di Jakarta, Selasa mengatakan, secara total, tenaga kerja Freeport Indonesia mencapai 33.452 orang dengan rincian 32.608 pekerja lokal dan 844 pekerja asing. "Dari total 33.452 tenaga kerja tersebut, sebanyak 12.184 merupakan karyawan langsung dan 21.286 lainnya pekerja kontraktor," ujarnya. Lalu, dari total 33.452 pekerja itu, orang asli Papua mencapai 8.413 orang atau 25,15% dan pekerja Indonesia non-Papua sejumlah 24.195 orang atau 72,33%. Sedangkan, tenaga kerja asing hanya 844 orang atau 2,5%.Ia melanjutkan, dari karyawan langsung Freeport Indonesia yang berjumlah 12.184 itu, pekerja asli Papua mencapai 4.357 atau 35,76% dan karyawan Indonesia non-Papua sejumlah 7.652 atau 62,8%. Sedangkan karyawan asing hanya sejumlah 175 orang atau 1,44%. Dengan data-data tersebut, menurut Virgo, terganggunya operasi Freeport sekarang ini dirasakan cukup berat oleh rakyat Mimika. Virgo menambahkan, sejak 1996, Freeport telah melipatgandakan jumlah karyawan asli Papua yang memegang posisi manajemen strategis."Hingga saat ini telah ada enam 'vice president' asli Papua dan 40 manajer atau karyawan level senior asli Papua. Selain itu, telah ada 29 operator 'haul truck' wanita," ujarnya.
Menurut data kajian Lembaga Pengembangan Ekonomi Masyarakat (LPEM) UI pada 2013, kehadiran Freeport berkontribusi 91% terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) Mimika, 38% kepada PDRB Papua, 1,7% dari total APBN, 0,8% dari seluruh pendapatan rumah tangga nasional, dan 44% dari pemasukan rumah tangga di Provinsi Papua. Selama kurun 1992-2016, Freeport telah menginvestasikan lebih dari USD1,46 miliar untuk pembangunan infrastruktur dan masyarakat Mimika. Pembangunan kota, bandara, jalan, jembatan, gedung pemerintahan, rumah sakit, fasilitas air bersih, lapangan terbang perintis, fasilitas air bersih, serta stadion olah raga, dapat dilihat jika berkunjung ke Mimika. Selain menyerap lebih dari 33.000 tenaga kerja, Freeport juga menciptakan lebih dari 238.000 kesempatan kerja sebagai dampak berganda (multiplier effect) dari kehadirannya. Menurut Septinus, dengan mengumpamakan satu ayah yang bekerja di Freeport dan kemudian tinggal di Kota Timika dengan membawa keluarganya, maka kebutuhan dasar baik primer, sekunder, tersier dari keluarga tersebut tentunya akan diperoleh dari para penyedia barang dan jasa di Timika. Artinya lagi, ungkap Septinus, ada pergerakan ekonomi yang diakibatkan oleh kebutuhan warga Freeport. "Bayangkan apabila dikalikan puluhan ribu karyawan Freeport dan kontraktornya, maka terjadilah 'multiplier effect' yang berdampak positif terhadap penciptaan lapangan kerja baru dan kesejahteraan," katanya. (Sumber: https://economy.okezone.com/read/2017/03/15/320/1643409/begini-sebaran-tenaga-kerja-di-freeport-indonesia)

Berdasarkan wacana di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini
  1. PT Freeport memiliki tenaga kerja asing, menurut Ananda bagaimana tingkat pendidikan tenaga
  2. PT Freeport juga memiliki tenaga kerja lokal, menurut Ananda bagaimana tingkat pendidikan tenaga kerja lokal? Apakah tinggi, sedang, atau rendah? Berilah penjelasan!
  3. Buatlah kesimpulan bagaimana pengaruh PT Freeport sebagai salah satu pusat keunggulan terhadap pendidikan!
  4. Berdasarkan wacana di atas temukan manakah yang merupakan tenaga kerja terdidik, terampil, dan tidak terdidik?
  5. Bagaimanakah pengaruh PT Freeport terhadap pekerjaan?

LATIHAN

Setelah Ananda melaksanakan aktivitas-aktivitas di atas, kerjakan latihan di bawah ini.
  1. Jelaskan faktor pendorong seseorang melakukan migrasi!
  2. Bagaimana pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi?
  3. Bagaimanakah pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap transportasi?
  4. Jelaskan pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap lembaga sosial ekonomi!
  5. Jelaskan pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap pendidikan dan ketenagakerjaan!

RANGKUMAN

Setelah mengikuti aktivitas 1, 2, dan 3 pada pembelajaran 2 di atas, tentunya Ananda telah memiliki pemahaman yang komprehensif tentang pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi. Untuk itu silahkan Ananda membuat kesimpulan dengan menggunakan acuan pertanyaan-pertanyaan berikut:
  1. Bagaimanakah pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk?
  2. Bagaimanakah pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap transportasi?
  3. Bagaimanakah pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap lembaga sosial ekonomi?
  4. Bagaimanakah pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap pendidikan?
  5. Bagaimanakah pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap ketenagakerjaan?

REFLEKSI

Setelah Ananda melaksanakan aktivitas pembelajaran di atas, tuliskan hal-hal sebagai berikut.
  1. Bagaimana perasaan Ananda mempelajari modul pada pembelajaran 2 ini? Apakah senang atau kurang senang? Berilah alasannya!
  2. Apakah Ananda sudah memahami materi dalam pembelajaran 2 ini? Isikan jawaban Ananda dalam tabel berikut dengan cara memberi tanda check list () pada kolom ya jika Ananda telah memahami materi, atau tanda check list () pada kolom tidak bila Ananda belum memahami materi.
  3. No Materi Ya Tidak
    1 Saya telah memahami pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk
    2 Saya telah memahami materi pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap transportasi
    3 Saya telah memahami materi pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap lembaga sosial
    4 Saya telah memahami materi pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap pendidikan
    5 Saya telah memahami materi pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap ketenagakerjaan
  4. Sikap apa saja yang dapat Ananda kembangkan setelah mengikuti aktivitas-aktivitas di atas?

PEMBELAJARAN : 3
PASAR BEBAS

Sebagaimana telah kalian ketahui bahwa saat ini kita berada pada era globalisasi, dimana salah satu ciri globalisasi adalah berkembangnya pasar bebas. Apakah yang dimaksud dengan pasar bebas? Pasar bebas terjadi karena adanya globalisasi yaitu situasi dimana pertukaran informasi dan perdagangan antar negara berjalan dengan lancar. Kelancaran hubungan antar negara yang saling menguntungkan mendorong negara-negara untuk meningkatkan hubungan dagang, negara-negara sepakat mengurangi tarif atau bahkan menghilangkan tarif terhadap barang ekspor dan barang impor sehingga tidak menjadi hambatan perdagangan internasional. Nah itulah gambaran apa
Perdagangan bebas memberikan manfaat bagi perkembangan ekonomi suatu negara. Beberapa manfaat tersebut antara lain: lebih bebasnya setiap orang dalam mempunyai kekayaan dan mengolah sumber dayanya masing-masing, sehingga, tingkat kreativitas dari setiap masyarakat akan lebih berkembang lagi. Selain itu, setiap produsen juga akan lebih dituntut untuk membuat produk yang berkualitas karena pasar bebas melahirkan persaingan yang lebih ketat antar perusahaan. Sehingga, para pengusaha pun akan menjadi lebih efektif dan efisien karena mereka akan bergerak atas dasar prinsip ekonominya masing-masing.

AKTIVITAS : 1
Menjelaskan ciri-ciri pasar bebas

Sebagaimana telah kalian ketahui bahwa saat ini kita berada pada era globalisasi, dimana salah satu ciri globalisasi adalah berkembangnya pasar bebas. Apakah yang dimaksud dengan pasar bebas? Sebagai gambaran, pasar bebas terjadi karena globalisasi dimana hubungan antar negara berjalan dengan lancar. Kelancaran hubungan antar negara mendorong negara-negara untuk meningkatkan hubungan dagang dan untuk itu negara-negara sepakat mengurangi tarif atau bahkan menghilangkan tarif terhadap barang ekspor dan barang impor sehingga tidak terjadi hambatan pada perdagangan internasional. Nah itulah gambaran apa yang dimaksud pasar bebas.
Pasar bebas biasanya merupakan perdagangan antar negara yang tidak melibatkan campur tangan pemerintah dalam beberapa peraturan perdagangan tertentu. Pemerintah tidak berhak melakukan diskriminasi kebijakan impor dan ekspor. Salah satu contoh organisasi yang menaungi kegiatan pasar bebas di suatu wilayah yaitu Uni Eropa dan MEA. Kebijakan perdagangan bebas biasanya mempromosikan beberapa hal berikut.
  1. Perdagangan barang tanpa pajak termasuk tarif atau hambatan perdagangan lainnya.
  2. Perdagangan jasa tanpa pajak atau hambatan perdagangan lainnya.
  3. Akses ke pasar yang tidak diatur.
  4. Akses informasi pasar yang tidak diatur.
  5. Perdagangan jasa tanpa pajak atau hambatan perdagangan lainnya.
Bagaimana ciri-ciri pasar bebas? Untuk lebih memahami tentang ciri-ciri pasar bebas lakukan aktivitas berikut ini!
  1. Bukalah buku siswa tentang pasar bebas!
  2. Bacalah wacana berikut ini!
  3. Mengenal Pasar Bebas
    No Ciri-ciri Pasar Bebas berdasarkan wacana
    1
    2
    3
    4
    Pasar bebas adalah suatu pasar yang dimana para penjual dan para pembeli mempunyai kebebasan penuh dalam memutuskan masalah perdagangan dan juga bisnisnya. Dapat disebut juga, di dalam sistem ekonomi pasar bebas, para penjual maupun para pembeli benar-benar memiliki kebebasan yang penuh dalam menjalankan kegiatan-kegiatan perdagangan mereka. Setiap individu, masyarakat maupun perusahaan dapat memiliki berbagai jenis sumber produksi maupun alat-alat produksi. Tetapi walaupun namanya pasar bebas, sebenarnya tidak benar-benar bebas, terdapat aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh kedua belah pihak.
    Ada juga definisi lain dari pasar bebas yaitu suatu proses dimana kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan tidak adanya peraturan atau hambatan buatan yang diterapkan oleh pemerintah dalam perdagangan antara individual-individual dan perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda. Dengan tidak adanya hambatan yang diterapkan oleh pemerintah dalam melaksanakan perdagangan, tentunya terdapat kebebasan aturan, cara dan juga jenis barang yang dijual. Maka, muncullah persaingan dagang yang sangat ketat baik itu antara individu ataupun perusahaan yang berada di Negara yang berbeda yaitu yang kita kenal dengan istilah ekspor dan impor atau proses penjualan dan proses pembelian yang dilakukan antara Negara.
    Pasar bebas juga ditandai dengan adanya pembagian kelas-kelas sosial seperti kelas pemilik modal dan kelas pekerja. Dimana kelas pemilik modal merupakan pemilik alat-alat produksi, membeli dan mengeksploitasi tenaga kerja serta menggunakan nilai surplus (nilai lebih) dari pekerja untuk mengakumulasi atau memperluas modal mereka, sedangkan kelas pekerja hanya memiliki kemampuan untuk bekerja dengan tangan dan pikiran mereka. Para pekerja ini harus mencari penghasilan kepada para pemilik modal. (Disarikan dari http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-pasar-bebas-dan-menurut-para-ahli.html)
Berdasarkan wacana identifikasikan ciri-ciri pasar bebas dengan mengisi format tabel berikut ini!
tabel

AKTIVITAS : 2
Menganalisis upaya yang dilakukan pengusaha UMKM agar dapat bersaing di pasar bebas

Sebagaimana telah Ananda ketahui bahwa pasar bebas merupakan pasar dimana tidak ada hambatan-hambatan dalam perdagangan. Hal ini mengakibatkan terjadinya persaingan yang ketat agar suatu produk dapat diterima oleh konsumen. Dalam pasar bebas, produk yang dihasilkan rakyat Indonesia harus mampu bersaing dengan produk dari negara lain agar laku dipasaran.
Selain memberikan tantangan, pasar bebas juga memberikan manfaat yang bisa dirasakan dalam pertumbuhan perekonomian sebuah negara. Manfaat-manfaat yang dirasakan adalah, setiap orang menjadi bebas dalam memiliki kekayaan dan mengolah sumber daya produksi mereka, sehingga kreativitas masyarakat akan lebih berkembang. Agar dapat bersaing dalam pasar bebas maka masyarakat terutama produsen dituntut untuk dapat menciptakan produk-produk inovatif berkualitas. Para pengusaha bertindak lebih efisien dan efektif karena mereka bergerak atas dasar prinsip ekonomi. Pasar bebas juga berfungsi untuk memberikan informasi mengenai harga dan jumlah permintaan barang, sehingga para pengusaha dapat menjaga harga barang agar tetap stabil. Pengusaha memiliki peluang besar untuk meningkatkan produktivitas apabila dapat menembus pasar bebas.
Belum kokohnya fundamental perekonomian Indonesia saat ini, mendorong pemerintah untuk terus memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Merujuk pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, UMKM alias usaha mikro adalah usaha milik perseorangan atau badan usaha perorangan yang produktif dan memenuhi kriteria yang ditulis oleh Undang-Undang. Sektor UMKM mampu menyerap tenaga kerja yang cukup besar sehingga pemerintah wajib memberikan peluang bagi UMKM untuk berkembang dan bersaing dengan perusahaan yang lebih cenderung menggunakan modal besar.
Pentingnya sector UMKM di Indonesia tidak dapat diragukan lagi karena terbukti mampu bertahan dan menjadi roda penggerak ekonomi, terutama pasca krisis ekonomi. Tumbuh suburnya UKM serta UMKM di Indonesia dapat mengakibatkan daya beli masyarakat meningkat dan pengangguran berkurang. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistika (BPS), jumlah pengusaha di Indonesia meningkat dari 1,56% pada tahun 2014 menjadi 3,1% pada tahun 2016.
Bagaimana UMKM dapat bersaing dengan pengusaha besar dalam perdagangan bebas? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, lakukan aktivitas berikut ini!
  1. Bacalah buku siswa tentang pasar bebas
  2. Bacalah artikel pasar bebas dari sumber-sumber lain yang relevan
  3. Bacalah studi kasus berikut ini!
  4. Studi Kasus
    Pak Andi adalah salah satu pengusaha UMKM yang memiliki bidang usaha berupa produksi kerajinan tas seperti gambar berikut
    (Sumber: https://pixabay.com/)
    Gambar 3.10 Kerajinan Tas
    Pak Andi akan mengekspor hasil produksinya ke luar negeri. Namun jenis usaha pak Andi juga banyak dimiliki oleh pengusaha-pengusaha lain. Disamping itu modal pak Andi juga kurang memadai, sehingga untuk mengembangkan usahanya juga menemui permasalahan. Masalah lainnya adalah pak Andi kurang memahami masalah perizinan. Dalam mempromosikan produknya pak Andi masih menggunakan cara konvensional karena pak Andi masih “gagap” teknologi
  5. Berdasarkan kasus tersebut lakukan analisis untuk menjawab pertanyaan berikut ini.
    1. Jelaskan permasalahan yang dihadapi pak Andi jika akan mengekspor hasil produksinya!
    2. Solusi apakah yang dapat dilakukan pak Andi agar dapat mengekspor hasil produksinya dan dapat bersaing di pasar bebas?
    3. Bagaimanakah upaya yang dapat dilakukan pemerintah agar dapat membantu usaha pak Andi agar dapat bersaing di pasar bebas dalam mengekspor barang?
    4. Berilah contoh UMKM yang ada di lingkungan tempat tinggal Ananda!
    5. Jelaskan dampak negatif pasar bebas bagi UMKM seperti pak Andi!
    6. Jelaskan dampak positif pasar bebas bagi UMKM seperti pak Andi!

AKTIVITAS : 3
Memberikan contoh jenis organisasi ekonomi dalam perdagangan bebas

Tentunya Ananda telah memahami bahwa pasar bebas atau disebut juga perdagangan bebas ditandai dengan kondisi dimana negara-negara mengurangi tarif atau bahkan menghilangkan tarif barang yang masuk dari atau ke luar negeri, dengan tujuan untuk meningkatkan kegiatan perdagangan. Pasar bebas juga ditandai dengan adanya kesepakatan dari negara-negara yang ikut serta dalam perjanjian pasar bebas tersebut. Kesepakatan Internasional yang dibuat negara-negara di dunia tentang perdagangan bebas telah mendorong proses globalisasi ekonomi semakin menguat. Implikasinya tentu perekonomian dunia akan semakin liberal dan memiliki ketergantungan antar negara yang semakin tinggi.
Kesepakatan antar negara tersebut mendorong terbentuknya organisasi-organisasi Ekonomi dalam perdagangan bebas. Apa sajakah organisasi ekonomi tersebut? Untuk memahami organisasi-organisasi ekonomi tersebut lakukan aktivitas berikut ini.
  1. Bacalah buku siswa tentang organisasi ekonomi dalam pasar bebas
  2. Bacalah artikel organisasi ekonomi dalam pasar bebas dari sumber-sumber lain yang relevan
  3. Lengkapi tabel tentang contoh organisasi ekonomi dalam pasar bebas di bawah ini, dengan mencari informasi dari buku siswa dan sumber lainnya.
No Nama Organisasi Tanggal berdirinya Negara Anggota Tujuan
1 AFTA 18 Januari 1992 Thailand, malaysia, Brunei, Indonesia, Filipina
  1. Menjadikan kawasan ASEAN sebagai tempat produksi yang kompetitif sehingga ASEAN memiliki daya saing tinggi di tingkat global
  2. Meningkatkan perdagangan antar
  3. Meningkatkan ketertarikan investasi dari luar negeri dalam bentuk Foreign direct investment
2
3
4
5

LATIHAN

Setelah Ananda melaksanakan aktivitas-aktivitas di atas, kerjakan latihan di bawah ini.
  1. Jelaskan 4 kata kunci konsep pasar bebas atau perdagangan bebas!
  2. Sebutkan 4 manfaat perdagangan bebas!
  3. Menurut Ananda, apa sajakah ciri perdagangan bebas?
  4. Jelaskan upaya yang dapat dilakukan UMKM agar dapat bersaing dalam perdagangan bebas!
  5. Sebutkan 3 tujuan AFTA!

RANGKUMAN

Setelah mengikuti pembelajaran 3 ini, silahkan Ananda membuat rangkuman dengan mengacu pada pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Apakah yang dimaksud dengan pasar bebas atau perdagangan bebas?
  2. Bagaimana ciri-ciri pasar bebasa atau perdagangan bebas?
  3. Apakah yang harus disiapkan oleh pengusaha UMKM agar dapat bersaing dalam pasar bebas atau perdagangan bebas?
  4. Berilah contoh organisasi-organisasi dalam perdagangan bebas!

REFLEKSI

Setelah Ananda melaksanakan aktivitas-aktivitas pembelajaran di atas, tuliskan hal-hal sebagai berikut.
  1. Tuliskan kesan Ananda selama mengikuti pembelajaran 3 ini dengan mengisi tabel di bawah ini!
  2. No Kesan Alasan
    1 Saya merasa senang mengikuti pembelajaran 3 ini Karena ....
    2 Saya merasa kurang senang mengikuti pembelajaran 3 ini Karena ....
  3. Apakah Ananda sudah memahami materi pada pembelajaran 3 ini? Isikan jawaban Ananda pada tabel berikut ini dengan cara memberi tanda checklist () sesuai kondisi Ananda!
  4. No Materi Ya Tidak
    1 Saya sudah memahami materi tentang konsep pasar bebas atau perdagangan bebas
    2 Saya sudah memahami materi tentang ciri-ciri pasar bebas atau perdagangan bebas
    3 Saya sudah memahami hal-hal yang harus disiapkan pengusaha UMKM agar dapar bersaing dalam pasar bebas atau perdagangan bebas
    4 Saya sudah memahami contoh organisasi-organisasi dalam pasar bebas atau perdagangan bebas
  5. Sikap apa saja yang dapat Ananda kembangkan setelah belajar materi di atas?

Sumber: Buku Modul PJJ Kelas 9 Semester Genap