No |
Indikator |
Jenis Soal |
Nomor soal |
1 |
Mengidentifikasi Musim yang ada di Bumi |
Pilihan Ganda |
1 |
2 |
Mengidentifikasi Kondisi Geologis Indonesia |
Pilihan Ganda |
2 |
3 |
Menganalisis musim yang ada di Indonesia |
Pilihan Ganda |
3 |
4 |
Mengidentifikasi Pemanfaatan Sumberdaya alam |
Pilihan Ganda |
4 |
5 |
Mengidentifikasi hasil kebudayaan pacitan |
Pilihan Ganda |
5 |
6 |
Mengidentifikasi peninggalan masa megalitikum |
Pilihan Ganda |
6 |
7 |
Menjelaskan faktor penyebab terjadinya pertempuran Indonesia melawan Belanda pasca proklamasi kemerdekaan. |
Pilihan Ganda |
7 |
8 |
Mengidentifikasi Perdagangan antar pulau |
Pilihan Ganda |
8 |
9 |
Memahami perubahan sosial |
Pilihan Ganda |
9 |
10 |
Mengidentifikasi industri kreatif |
Pilihan Ganda |
10 |
11 |
Mengidentifikasi barang subtitusi |
Pilihan Ganda Kompleks |
11 |
12 |
Mengidentifikasi Organisasi Pergerakan Nasioanal |
Pilihan Ganda Kompleks |
12 |
13 |
Mengidentifikasi peninggalan masa Islam Mengidentifikasi jenis jenis barang/jasa sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia |
Pilihan Ganda Kompleks |
13 |
14 |
Mengidentifikasi kebijakan kebijakan pemerintah Belanda di Indonesia pada masa penjajahan |
Pilihan Ganda Kompleks |
14 |
15 |
Menganalisis kondisi alam Indonesia |
Pilihan Ganda Kompleks |
15 |
16 |
Mengidentifikasi kebijakan kebijakan pemerintah Belanda di Indonesia pada masa penjajahan |
Menjodohkan |
16 |
17 |
Menganalisis mobilitas sosial |
Menjodohkan |
17 |
18 |
Menganalisis ekonomi kreatif |
Menjodohkan |
18 |
19 |
Menganalisa Budaya |
Menjodohkan |
19 |
20 |
Memahami nilai dan norma sosial |
Menjodohkan |
20 |
21 |
Menganalisa perbedaan fisik wilayah benua-benua didunia. |
Esai |
21 |
22 |
Menjelaskan dampak munculnya startup digital yang juga mendorong perubahan sosial budaya di era sekarang ini |
Esai |
22 |
23 |
Menjelaskan perjuangan diplomasi antara Indonesia dan Belanda pasca kemerdekaan |
Esai |
23 |
24 |
Menjelaskan letak geografis Indonesia |
Esai |
24 |
25 |
Memahami perdagangan Internasional |
Esai |
25 |
No |
Indikator |
Jenis Soal |
Nomor soal |
1 |
Disajikan data, peserta didik mampu memahami keunggulan wilayah Indonesia berdasarkan luasnya> |
Pilihan Ganda |
1 |
2 |
Peserta didik mampu memahami pengaruh positif dan negatif letak geografis Indonesia |
Pilihan Ganda |
2 |
3 |
Disajikan peta astronomis Indonesia, peserta didik mampu menjelaskan kondisi wilayah Indonesia |
Pilihan Ganda |
3 |
4 |
Disajikan data, peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri iklim tropis |
Pilihan Ganda |
4 |
5 |
Peserta didik mampu menganalisis fenomena atau peristiwa alam yang disebabkan oleh adanya perubahan iklim baik yang terjadi secara alami maupun akibat aktivitas manusia |
Pilihan Ganda Komplek |
5 |
6 |
Peserta didik mampu memahami upaya manusia dalam menjaga kelestarian hutan dan terumbu karang |
Pilihan Ganda |
6, 7 |
7 |
Peserta didik mampu menganalisis beberapa kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi keruangan yaitu saling melengkapi (complementarity), kesempatan antara (intervening opportunity) dan keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability) |
Pilihan Ganda |
8 |
8 |
Disajikan data, peserta didik mampu memahami faktor penghambat kerjasama negara negara ASEAN |
Pilihan Ganda Komplek |
9 |
9 |
Disajikan data pada diagram batang, peserta didik mampu menentukan Proyeksi Usia Harapan Hidup Penduduk Asia Tenggara |
Pilihan Ganda |
10 |
10 |
Peserta didik mampu menganalisis masalah ekonomi yang muncul akibat ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan |
Pilihan Ganda |
11 |
11 |
Peserta didik mampu menganalisis masalah yang diakibatkan oleh perdagangan online di era digital |
Pilihan Ganda Kompleks |
12 |
12 |
Disajikan gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi pelaku-pelaku ekonomi berdasarkan jenisnya |
Pilihan Ganda Kompleks |
13 |
13 |
Disajikan data pada tabel, peserta didik mampu menentukan kurva permintaan |
Pilihan Ganda |
14 |
14 |
Disajikan data berupa pernyataan, peserta didik mampu menentukan contoh interaksi sosial asosiatif |
Pilihan Ganda Kompleks |
15 |
15 |
Disajikan bacaan, peserta didik mampu memahami tentang macam-macam mobilitas sosial |
Pilihan Ganda |
16 |
16 |
Peserta didik mampu menentukan urutan perkembangan kehidupan pada masa pra aksara |
Pilihan Ganda |
17 |
17 |
Disajikan data benda-benda peninggalan, peserta didik mampu menentukan benda peninggalan masa sejarah |
Pilihan Ganda Kompleks |
18 |
18 |
Peserta didik mampu menjelaskan saluran-saluran Islami yang digunakan para wali Songo dalam menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa |
Pilihan Ganda |
19 |
19 |
Peserta didik mampu menganalis dampak negatif monopoli perdagangan VOC |
Pilihan Ganda Kompleks |
20 |
20 |
Peserta didik mampu menuliskan pengaruh musim penghujan dan kemarau bagi alam dan penduduk Indonesia. |
Esai |
21 |
21 |
Peserta didik mampu menyebutkan 5 negara pendiri ASEAN |
Esai |
22 |
22 |
Peserta didik mampu menuliskan strategi yang dilakukan oleh pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat Indonesia melalui pemanfaatan pajak |
Esai |
23 |
23 |
Peserta didik mampu menuliskan masing-masing keunggulan dan kelemahan dari perdagangan yang dilakukan secara offline dan online |
Esai |
24 |
24 |
Peserta didik mampu menjelaskan pengaruh hindu budha dalam bidang sosial |
Esai |
25 |