Halaman

Kisi-Kisi LUS DAN US TAHUN PELAJARAN 2024-2025

Kisi-kisi LUS DAN US TAHUN PELAJARAN 2024-2025
  1. KISI-KISI LUS
  2. No Indikator Jenis Soal Nomor soal
    1 Mengidentifikasi Musim yang ada di Bumi Pilihan Ganda 1
    2 Mengidentifikasi Kondisi Geologis Indonesia Pilihan Ganda 2
    3 Menganalisis musim yang ada di Indonesia Pilihan Ganda 3
    4 Mengidentifikasi Pemanfaatan Sumberdaya alam Pilihan Ganda 4
    5 Mengidentifikasi hasil kebudayaan pacitan Pilihan Ganda 5
    6 Mengidentifikasi peninggalan masa megalitikum Pilihan Ganda 6
    7 Menjelaskan faktor penyebab terjadinya pertempuran Indonesia melawan Belanda pasca proklamasi kemerdekaan. Pilihan Ganda 7
    8 Mengidentifikasi Perdagangan antar pulau Pilihan Ganda 8
    9 Memahami perubahan sosial Pilihan Ganda 9
    10 Mengidentifikasi industri kreatif Pilihan Ganda 10
    11 Mengidentifikasi barang subtitusi Pilihan Ganda Kompleks 11
    12 Mengidentifikasi Organisasi Pergerakan Nasioanal Pilihan Ganda Kompleks 12
    13 Mengidentifikasi peninggalan masa Islam Mengidentifikasi jenis jenis barang/jasa sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia Pilihan Ganda Kompleks 13
    14 Mengidentifikasi kebijakan kebijakan pemerintah Belanda di Indonesia pada masa penjajahan Pilihan Ganda Kompleks 14
    15 Menganalisis kondisi alam Indonesia Pilihan Ganda Kompleks 15
    16 Mengidentifikasi kebijakan kebijakan pemerintah Belanda di Indonesia pada masa penjajahan Menjodohkan 16
    17 Menganalisis mobilitas sosial Menjodohkan 17
    18 Menganalisis ekonomi kreatif Menjodohkan 18
    19 Menganalisa Budaya Menjodohkan 19
    20 Memahami nilai dan norma sosial Menjodohkan 20
    21 Menganalisa perbedaan fisik wilayah benua-benua didunia. Esai 21
    22 Menjelaskan dampak munculnya startup digital yang juga mendorong perubahan sosial budaya di era sekarang ini Esai 22
    23 Menjelaskan perjuangan diplomasi antara Indonesia dan Belanda pasca kemerdekaan Esai 23
    24 Menjelaskan letak geografis Indonesia Esai 24
    25 Memahami perdagangan Internasional Esai 25


  3. KISI-KISI US
  4. No Indikator Jenis Soal Nomor soal
    1 Disajikan data, peserta didik mampu memahami keunggulan wilayah Indonesia berdasarkan luasnya> Pilihan Ganda 1
    2 Peserta didik mampu memahami pengaruh positif dan negatif letak geografis Indonesia Pilihan Ganda 2
    3 Disajikan peta astronomis Indonesia, peserta didik mampu menjelaskan kondisi wilayah Indonesia Pilihan Ganda 3
    4 Disajikan data, peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri iklim tropis Pilihan Ganda 4
    5 Peserta didik mampu menganalisis fenomena atau peristiwa alam yang disebabkan oleh adanya perubahan iklim baik yang terjadi secara alami maupun akibat aktivitas manusia Pilihan Ganda Komplek 5
    6 Peserta didik mampu memahami upaya manusia dalam menjaga kelestarian hutan dan terumbu karang Pilihan Ganda 6, 7
    7 Peserta didik mampu menganalisis beberapa kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi keruangan yaitu saling melengkapi (complementarity), kesempatan antara (intervening opportunity) dan keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability) Pilihan Ganda 8
    8 Disajikan data, peserta didik mampu memahami faktor penghambat kerjasama negara negara ASEAN Pilihan Ganda Komplek 9
    9 Disajikan data pada diagram batang, peserta didik mampu menentukan Proyeksi Usia Harapan Hidup Penduduk Asia Tenggara Pilihan Ganda 10
    10 Peserta didik mampu menganalisis masalah ekonomi yang muncul akibat ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan Pilihan Ganda 11
    11 Peserta didik mampu menganalisis masalah yang diakibatkan oleh perdagangan online di era digital Pilihan Ganda Kompleks 12
    12 Disajikan gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi pelaku-pelaku ekonomi berdasarkan jenisnya Pilihan Ganda Kompleks 13
    13 Disajikan data pada tabel, peserta didik mampu menentukan kurva permintaan Pilihan Ganda 14
    14 Disajikan data berupa pernyataan, peserta didik mampu menentukan contoh interaksi sosial asosiatif Pilihan Ganda Kompleks 15
    15 Disajikan bacaan, peserta didik mampu memahami tentang macam-macam mobilitas sosial Pilihan Ganda 16
    16 Peserta didik mampu menentukan urutan perkembangan kehidupan pada masa pra aksara Pilihan Ganda 17
    17 Disajikan data benda-benda peninggalan, peserta didik mampu menentukan benda peninggalan masa sejarah Pilihan Ganda Kompleks 18
    18 Peserta didik mampu menjelaskan saluran-saluran Islami yang digunakan para wali Songo dalam menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa Pilihan Ganda 19
    19 Peserta didik mampu menganalis dampak negatif monopoli perdagangan VOC Pilihan Ganda Kompleks 20
    20 Peserta didik mampu menuliskan pengaruh musim penghujan dan kemarau bagi alam dan penduduk Indonesia. Esai 21
    21 Peserta didik mampu menyebutkan 5 negara pendiri ASEAN Esai 22
    22 Peserta didik mampu menuliskan strategi yang dilakukan oleh pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat Indonesia melalui pemanfaatan pajak Esai 23
    23 Peserta didik mampu menuliskan masing-masing keunggulan dan kelemahan dari perdagangan yang dilakukan secara offline dan online Esai 24
    24 Peserta didik mampu menjelaskan pengaruh hindu budha dalam bidang sosial Esai 25