INFORMASI UMUM |
A. IDENTITAS MODUL |
|
1. Penyusun | : | Gufrial |
2. Instansi | : | SMP Negeri 2 Bakauheni |
3. Tahun Penyusunan | : | 2025 |
4. Jenjang Sekolah | : | SMP |
5. Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial |
6. Fase/ Kelas | : | D / IX |
7. Tema | : | Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap
Kesejahteraan Masyarakat |
8. Materi | : | Memanfaatkan Persaingan sebagai Peluang untuk Meraih Keunggulan Ekonomi Bangsa |
9. Elemen | : | |
a. Pemahaman dan Ruang Lingkup Pembelajaran:
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi. |
|
b. keterampilan proses:
Siswa melakukan berbagai kegiatan yang mendukung tercapainya keterampilan proses yang dibutuhkan untuk mempelajari dan menyelesaikan pembelajaran IPS antara lain: mengamati, menginvestigasi/menyelidiki, menganalisis, merencanakan, menggambar, berdiskusi, menceritakan, membuat laporan tertulis sederhana, dan mempresentasikan. |
|
B. KOMPETENSI AWAL |
Peserta didik mampu memahami konsep persaingan ekonomi dalam konteks global dan lokal serta mengidentifikasi faktor yang mendukung keunggulan ekonomi suatu bangsa. |
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA |
- Berkebinekaan Global: Peserta didik menghargai perbedaan dalam konteks persaingan global.
- Kreatif: Mengembangkan ide inovatif untuk memanfaatkan persaingan ekonomi.
- Gotong Royong: Berkolaborasi dalam mencari solusi untuk memanfaatkan peluang ekonomi.
|
D. SARANA DAN PRASARANA |
Media, Sumber Belajar, dan Alat : |
- LCD/Proyektor.
- Papan tulis dan spidol.
- Lembar kerja peserta didik (LKPD).
|
E. TARGET PESERTA DIDIK |
- Jumlah Peserta: 30 siswa.
- Karakteristik: Beragam latar belakang sosial ekonomi dengan kemampuan kognitif menengah.
|
F. MODEL PEMBELAJARAN |
- Pendekatan: Saintifik
- Metode: Diskusi, tanya jawab, dan simulasi
|
KEGIATAN INTI |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN |
Setelah pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
- Menjelaskan hubungan antara persaingan ekonomi dan peluang untuk meraih keunggulan ekonomi bangsa.
- Mengidentifikasi strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya saing ekonomi bangsa.
- Menyusun rencana sederhana untuk memanfaatkan persaingan sebagai peluang ekonomi melalui kerja kelompok.
|
B. PEMAHAMAN BERMAKNA |
Persaingan dalam ekonomi global dapat menjadi peluang jika dimanfaatkan secara inovatif dan strategis untuk meningkatkan keunggulan ekonomi bangsa. |
C. PERTANYAAN PEMANTIK |
- Mengapa persaingan ekonomi di era globalisasi dapat menjadi peluang bagi suatu bangsa?
- Apa saja strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya saing ekonomi bangsa?
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN |
- Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
- Guru membuka pembelajaran dengan salam dan doa;
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran;
- Guru memutar video singkat tentang contoh keberhasilan suatu bangsa dalam memanfaatkan persaingan global
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi (20 menit)
- Guru memberikan materi tentang konsep persaingan ekonomi dan daya saing bangsa;
- Peserta didik melakukan brainstorming mengenai faktor-faktor pendukung keunggulan ekonomi bangsa.
- Elaborasi (30 menit)
- Peserta didik dibagi menjadi kelompok untuk membahas dan menyusun strategi memanfaatkan persaingan sebagai peluang ekonomi;
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
- Konfirmasi (10 menit)
- Guru memberikan umpan balik atas presentasi peserta didik;
- Guru memperkuat konsep dan strategi yang telah dibahas.
- Kegiatan Penutup (10 Menit)
- Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari;
- Guru memberikan refleksi dan penguatan;
- Guru menyampaikan tugas pengayaan dan menutup pembelajaran dengan doa.
|
E. ASESMEN |
- Asesmen diagnostik
Peserta didik mampu menjawab beberapa pertanyaan pemantik dengan bahasa dan kepercayaan diri yang baik
- Asesmen Formatif
Observasi diskusi dan presentasi kelompok.
- Asesmen Sumatif
Quiz tertulis dengan soal pilihan ganda dan esai singkat.
|
F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL |
Pengayaan :
Peserta didik mencari contoh strategi inovatif negara lain dalam memanfaatkan persaingan global untuk meningkatkan keunggulan ekonomi, lalu membuat laporan singkat. |
|
Remedial :
Peserta didik yang memerlukan bimbingan tambahan akan diberikan tugas individu untuk mengidentifikasi potensi lokal yang dapat dikembangkan menjadi keunggulan ekonomi..
|
|
G. REFLEKSI |
- Peserta Didik: Menuliskan kesan, pesan, dan pemahaman baru yang diperoleh selama pembelajaran.
- Guru: Mengevaluasi keberhasilan metode pembelajaran dan memberikan rencana tindak lanjut untuk pertemuan berikutnya.
|
H. LAMPIRAN |
|
- LKPD
Judul: Merancang Strategi Keunggulan Ekonomi Bangsa Petunjuk: Diskusikan dalam kelompok tentang strategi untuk meningkatkan daya saing ekonomi bangsa.
Tugas: Tuliskan ide kalian pada tabel berikut:
Faktor Pendukung |
Strategi Pemanfaatan |
Hasil yang Diharapkan |
|
|
|
- Rubrik Penilaian
Aspek Penilaian |
Kriteria Baik (4) |
Cukup (3) |
Perlu Perbaikan (2) |
Tidak Memadai (1) |
Pemahaman Konsep |
|
|
|
|
Kreativitas Strategi |
|
|
|
|
Kerja Sama Kelompok |
|
|
|
|
|
|
I. GLOSARIUM |
|
- Persaingan Ekonomi Proses di mana individu, organisasi, atau negara saling berkompetisi untuk memperoleh sumber daya, pasar, atau posisi unggul dalam sistem ekonomi.
- Keunggulan Kompetitif Kemampuan suatu entitas untuk menawarkan nilai yang lebih besar atau diferensiasi produk dan layanan dibandingkan pesaingnya.
- Inovasi: Penciptaan atau pengembangan ide, produk, atau proses baru yang memberikan solusi lebih efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan pasar.
- Globalisasi: Proses integrasi ekonomi, sosial, budaya, dan teknologi antara negara-negara di seluruh dunia yang menciptakan interdependensi dan persaingan global.
- Strategi Bisnis: Rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu dalam lingkungan persaingan, termasuk perencanaan jangka pendek dan jangka panjang.
- Pasar Bebas: Sistem ekonomi di mana keputusan mengenai investasi, produksi, dan distribusi ditentukan oleh penawaran dan permintaan tanpa campur tangan pemerintah secara langsung.
- Efisiensi Ekonomi: Kemampuan memanfaatkan sumber daya secara optimal untuk menghasilkan output maksimal dengan biaya minimal.
- Digitalisasi Transformasi: proses manual menjadi otomatis melalui teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing.
- Diversifikasi: Strategi memperluas atau mengembangkan portofolio produk, layanan, atau pasar untuk mengurangi risiko dan meningkatkan peluang pertumbuhan.
- Pilar Ekonomi Kreatif: Sektor ekonomi yang mengandalkan kreativitas, inovasi, dan ide-ide baru sebagai elemen utama dalam menghasilkan produk atau layanan.
- Ketahanan Ekonomi: Kemampuan suatu negara atau entitas untuk bertahan dan pulih dari gangguan ekonomi, baik internal maupun eksternal.
- Kolaborasi Strategis Kemitraan antara dua atau lebih entitas untuk mencapai tujuan bersama dengan memanfaatkan keahlian dan sumber daya masing-masing.
- Daya Saing Nasional: Tingkat kemampuan suatu negara untuk menghasilkan nilai tambah ekonomi melalui efisiensi, inovasi, dan kualitas sumber daya manusia.
- Ekspor: Pengiriman barang atau jasa dari satu negara ke negara lain untuk diperdagangkan atau dijual di pasar internasional.
- Substitusi Impor: Strategi ekonomi yang bertujuan menggantikan barang impor dengan barang produksi lokal untuk mengurangi ketergantungan pada negara lain.
- Industri 4.0: Revolusi industri terbaru yang mengintegrasikan teknologi digital, kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), dan big data ke dalam proses produksi.
- Ekosistem Bisnis: Jaringan interaksi antara perusahaan, pemerintah, akademisi, dan masyarakat yang saling mendukung dalam menciptakan lingkungan usaha yang produktif.
- Manajemen Risiko: Proses identifikasi, analisis, dan mitigasi risiko yang dapat memengaruhi pencapaian tujuan organisasi atau negara.
- Ekonomi Berkelanjutan: Model pembangunan ekonomi yang mempertimbangkan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, kelestarian lingkungan, dan kesejahteraan sosial.
- Peluang Pasar: Kondisi atau situasi di pasar yang memberikan potensi untuk pertumbuhan atau ekspansi bisnis.
- Pemangku Kepentingan (Stakeholders): Individu, kelompok, atau organisasi yang memiliki kepentingan atau pengaruh terhadap keputusan dan hasil aktivitas ekonomi tertentu.
- Sumber Daya Manusia (SDM): Individu yang memiliki keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi untuk berkontribusi dalam proses ekonomi atau bisnis.
- Keberlanjutan Ekonomi: Pendekatan yang memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi saat ini tidak mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka.
- Reformasi Ekonomi: Perubahan kebijakan atau struktur ekonomi untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing nasional.
- Penguatan UMKM: Strategi untuk mendukung dan mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah sebagai tulang punggung perekonomian nasional.
|
J. DAFTAR PUSTAKA |
|
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku IPS Kelas IX
- Artikel: "Strategi Daya Saing Bangsa di Era Globalisasi."
- Sumber video dari YouTube: Memanfaatkan Persaingan.
|
|
Bakauheni, Januari 2025
|
Kepada Sekolah, |
Guru Mata Pelajaran, |
|
|
R A M L I, S.Pd |
G U F R I A L, SE |
NIP. |
NIP. -- |