INFORMASI UMUM |
A. IDENTITAS MODUL |
|
1. Penyusun | : | Gufrial |
2. Isntansi | : | SMP Negeri 2 Bakauheni |
3. Tahun Penyusunan | : | 2025 |
4. Jenjang Sekolah | : | SMP |
5. Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial |
6. Fase/ Kelas | : | D / IX |
7. Tema | : | Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap
Kesejahteraan Masyarakat |
8. Materi | : | Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat |
9. Elemen | : | |
a. Pemahaman dan Ruang Lingkup Pembelajaran:
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi. |
|
b. keterampilan proses:
Siswa melakukan berbagai kegiatan yang mendukung tercapainya keterampilan proses yang dibutuhkan untuk mempelajari dan menyelesaikan pembelajaran IPS antara lain: mengamati, menginvestigasi/menyelidiki, menganalisis, merencanakan, menggambar, berdiskusi, menceritakan, membuat laporan tertulis sederhana, dan mempresentasikan. |
|
B. KOMPETENSI AWAL |
Peserta didik memahami dasar-dasar kegiatan ekonomi serta mampu mengidentifikasi contoh kegiatan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar. |
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA |
- Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia: Menghargai perbedaan pendapat.
- Bernalar Kreatif: Memiliki pendapat terkait kegiatan ekonomi kreatif.
- Bergotong Royong: Bekerja sama dalam diskusi kelompok.
|
D. SARANA DAN PRASARANA |
Media, Sumber Belajar, dan Alat : |
- LCD/Proyektor.
- Papan tulis dan spidol.
- Lembar kerja peserta didik (LKPD).
- Video pendek tentang ekonomi kreatif
|
E. TARGET PESERTA DIDIK |
- Jumlah Peserta: 30 siswa.
- Karakteristik: Beragam latar belakang sosial ekonomi dengan kemampuan kognitif menengah.
|
F. MODEL PEMBELAJARAN |
- Pendekatan: Saintifik
- Metode: Diskusi, tanya jawab, dan simulasi
|
KEGIATAN INTI |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN |
- Menjelaskan pengertian ekonomi kreatif
- Mengidentifikasi contoh-contoh ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.
- Menunjukkan sikap kreatif dalam mengusulkan ide ekonomi kreatif sederhana.
|
B. PEMAHAMAN BERMAKNA |
Ekonomi kreatif mendorong inovasi dan kreativitas yang dapat memberikan nilai tambah pada produk atau jasa, serta meningkatkan perekonomian lokal. |
C. PERTANYAAN PEMANTIK |
- Apa yang dimaksud dengan ekonomi kreatif?
- Mengapa ekonomi kreatif penting bagi masyarakat?
- Apa contoh kegiatan ekonomi kreatif yang pernah kamu lihat di sekitarmu?
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN |
- Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyapa peserta didik dan memeriksa kehadiran;
- Guru memutar video pendek tentang ekonomi kreatif;
- Guru mengajukan pertanyaan pemantik;
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi (30 menit)
- Guru menjelaskan konsep ekonomi kreatif dan memberikan contoh nyata.
- Peserta didik menyimak penjelasan faktor pendorong perdagangan internasional
- Elaborasi (30 menit)
- Peserta didik dibagi dalam kelompok untuk Mendiskusikan potensi ekonomi kreatif di lingkungan mereka dan 2. Membuat ide sederhana tentang produk/jasa kreatif.
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
- Konfirmasi (10 menit)
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
- Kegiatan Penutup
- Guru memberikan penguatan atas pembelajaran;
- Peserta didik menuliskan refleksi pembelajaran;
- Guru memberikan tugas tambahan berupa eksplorasi ekonomi kreatif di rumah.
|
E. ASESMEN |
- Asesmen diagnostik: Peserta didik mampu menjawab beberapa pertanyaan pemantik dengan bahasa dan kepercayaan diri yang baik
- Asesmen Formatif: Observasi diskusi dan presentasi kelompok.
- Asesmen Sumatif: Quiz tertulis dengan soal pilihan ganda dan esai singkat.
|
F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL |
Pengayaan :
Peserta didik yang sudah memahami dapat mengembangkan rencana bisnis kecil berbasis ekonomi kreatif. |
|
Remedial :
Peserta didik yang memerlukan bantuan akan diberikan bimbingan tambahan untuk memahami konsep ekonomi kreatif melalui diskusi individu atau kelompok kecil.
|
|
G. REFLEKSI |
REFLEKSI UNTUK MURID |
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1. |
Apa yang kalian pahami setelah mempelajari materi |
|
2. |
Apakah kalian memiliki cara tersendiri untuk memahami materi ini ? |
|
3. |
Kepada siapa kalian akan meminta bantuan untuk memahami materi ini ? |
|
|
REFLEKSI UNTUK GURU |
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1. |
Pada bagian mana peserta didik merasa bosan saat menerima pelajaran ? |
|
2. |
Apa usaha guru untuk menghilangkan rasa kebosanan pada peserta didik pada saat menerima materi ? |
|
3. |
Apakah ada sesuatu yang menaarik sehingga membuat peserta didik tertarik pada pembelajaran materi ? |
|
|
H. LAMPIRAN |
|
- LKPD
Judul: Ide Ekonomi Kreatifku
Tugas: Tuliskan ide produk/jasa kreatif yang bisa dibuat di lingkunganmu. Jelaskan mengapa ide ini bermanfaat dan cara mengembangkannya.
- Rubrik Penilaian
Kriteria: Pemahaman konsep, kreativitas ide, kerja sama kelompok, presentasi.
Skor Maksimal: 100
|
|
I. GLOSARIUM |
|
- Ekonomi Kreatif: Kegiatan ekonomi yang berbasis pada kreativitas, inovasi, dan ide;
- Inovasi: Proses menciptakan sesuatu yang baru atau memperbaiki yang sudah ada.
|
J. DAFTAR PUSTAKA |
|
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku IPS Kelas IX
- Materi dari video "Pengenalan Ekonomi Kreatif".
|
|
Bakauheni, Januari 2025
|
Kepada Sekolah, |
Guru Mata Pelajaran, |
|
|
R A M L I, S.Pd |
G U F R I A L, SE |
NIP. |
NIP. -- |