Halaman

Modul Ajar 9.2.4

INFORMASI UMUM
A. IDENTITAS MODUL
1. Penyusun:Gufrial
2. Instansi:SMP Negeri 2 Bakauheni
3. Tahun Penyusunan:2025
4. Jenjang Sekolah:SMP
5. Mata Pelajaran:Ilmu Pengetahuan Sosial
6. Fase/ Kelas:D / IX
7. Tema:Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat
8. Materi:Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat.
9. Elemen:
a. Pemahaman dan Ruang Lingkup Pembelajaran:
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.
Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.
b. keterampilan proses:
Siswa melakukan berbagai kegiatan yang mendukung tercapainya keterampilan proses yang dibutuhkan untuk mempelajari dan menyelesaikan pembelajaran IPS antara lain: mengamati, menginvestigasi/menyelidiki, menganalisis, merencanakan, menggambar, berdiskusi, menceritakan, membuat laporan tertulis sederhana, dan mempresentasikan.
B. KOMPETENSI AWAL
Peserta didik memahami konsep dasar tentang pusat-pusat keunggulan ekonomi dan pentingnya pengembangan ekonomi lokal untuk kesejahteraan masyarakat.
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
  • Berkebinekaan Global: Peserta didik menghargai perbedaan dalam konteks persaingan global.
  • Kreatif: Mengembangkan ide inovatif untuk memanfaatkan persaingan ekonomi.
  • Gotong Royong: Berkolaborasi dalam mencari solusi untuk memanfaatkan peluang ekonomi.
D. SARANA DAN PRASARANA
Media, Sumber Belajar, dan Alat :
  • LCD/Proyektor.
  • Papan tulis dan spidol.
  • Lembar kerja peserta didik (LKPD).
E. TARGET PESERTA DIDIK
  • Jumlah Peserta: 30 siswa.
  • Karakteristik: Beragam latar belakang sosial ekonomi dengan kemampuan kognitif menengah.
F. MODEL PEMBELAJARAN
  • Pendekatan: Saintifik
  • Metode: Diskusi, tanya jawab, dan simulasi
KEGIATAN INTI
A. TUJUAN PEMBELAJARAN

    Setelah pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
  1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya pusat keunggulan ekonomi;
  2. Mengidentifikasi berbagai pusat keunggulan ekonomi di Indonesia;
  3. Menganalisis peran pengembangan pusat keunggulan ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
  4. Menyusun solusi inovatif untuk pengembangan ekonomi di daerah masing-masing.
B. PEMAHAMAN BERMAKNA
Pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui optimalisasi potensi lokal.
C. PERTANYAAN PEMANTIK
  • Apa yang dimaksud dengan pusat keunggulan ekonomi?
  • Mengapa pengembangan pusat keunggulan ekonomi penting untuk masyarakat?
  • Mengapa pengembangan pusat keunggulan ekonomi penting untuk masyarakat?
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
  1. Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
    1. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan doa;
    2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran;
    3. Guru memutarkan video pendek tentang keunggulan ekonomi daerah di Indonesia.
  2. Kegiatan Inti
    1. Eksplorasi (20 menit)
      • Peserta didik dibagi dalam kelompok;
      • Guru memberikan peta Indonesia dan meminta peserta didik mengidentifikasi potensi keunggulan ekonomi di daerah tertentu;
      • Setiap kelompok mendiskusikan hasil identifikasi mereka.
    2. Elaborasi (30 menit)
      • Setiap kelompok menyusun presentasi singkat tentang satu pusat keunggulan ekonomi di Indonesia (misalnya: pariwisata Bali, pertanian di Jawa Timur, atau tambang di Kalimantan);
      • o Kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
    3. Konfirmasi (10 menit)
      • Guru memberikan umpan balik dan meluruskan jika ada kesalahan konsep;
      • Guru menanyakan pendapat peserta didik tentang strategi pengembangan ekonomi di daerah mereka.
  3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
    1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari;
    2. Guru memberikan refleksi dengan meminta peserta didik menjawab: Apa yang sudah dipahami dan apa yang ingin dipelajari lebih lanjut?;
    3. Guru memberikan tugas rumah: Cari informasi tentang potensi ekonomi lokal di daerah masing-masing.
E. ASESMEN
  1. Asesmen diagnostik
    Peserta didik mampu menjawab beberapa pertanyaan pemantik dengan bahasa dan kepercayaan diri yang baik
  2. Asesmen Formatif
    Observasi diskusi dan presentasi kelompok.
  3. Asesmen Sumatif
    Quiz tertulis dengan soal pilihan ganda dan esai singkat.
F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pengayaan :
Peserta didik yang sudah memahami materi diberikan tugas tambahan untuk menganalisis kebijakan pemerintah dalam mendukung pusat-pusat keunggulan ekonomi.
Remedial :
Peserta didik yang kesulitan memahami materi akan diajak berdiskusi dalam kelompok kecil dengan bimbingan guru untuk menjelaskan ulang konsep-konsep dasar.
G. REFLEKSI
  1. Peserta Didik: Peserta didik menuliskan pendapat tentang pembelajaran di kertas refleksi: apa yang mereka pelajari dan apa yang masih membingungkan.
  2. Guru: Guru mencatat evaluasi proses pembelajaran untuk perbaikan ke depan.
H. LAMPIRAN
  1. LKPD
    Judul: Mengidentifikasi Potensi Ekonomi Lokal.
    Tugas:
    1. Pilih satu daerah di Indonesia;
    2. Identifikasi potensi ekonomi utama daerah tersebut;
    3. Jelaskan dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat;
    4. Berikan usulan strategi pengembangan
  2. Rubrik Penilaian
    Aspek Penilaian Bobot Keterangan
    Pemahaman Konsep 25% Skala Penilaian : 1-4
    1: Kurang,
    2: Cukup,
    3: Baik,
    4: Sangat Baik
    Analisis data 25%
    Kreativitas dalam solusi 25%
    Presentasi dan kerja sama kelompok 25%
I. GLOSARIUM
  1. Keunggulan Ekonomi: Potensi ekonomi yang menjadi ciri khas suatu daerah;
  2. Kesejahteraan Masyarakat: Kondisi di mana kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi.
J. DAFTAR PUSTAKA
  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku IPS Kelas IX
  2. Artikel tentang "potensi ekonomi Indonesia."
  3. Sumber video dari YouTube: Pusat-pusat Keunggulan Ekonomi.
Bakauheni, Januari 2025
Kepada Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
R A M L I, S.Pd G U F R I A L, SE
NIP. NIP. --